Informasi dan Tips – informasitips.com

Degrees of Comparison: Penggunaan more, most, -er dan -est

Posted on by in with 1 Comment

informasitips.com – Perhatikan gambar dan tabel di bawah ini:

Derajat perbandingan bahasa Inggris

Dengan memperhatikan gambar dan tabel di atas, bisakah kamu membuat perbandingan untuk Paul, James dan Toby? Dalam bahasa Inggris, Degrees of Comparison digunakan untuk membandingkan dua atau lebih orang/benda satu sama lain.

Untuk menggunakan Degrees of Comparison, kamu harus terlebih dulu mengenal kata sifat (adjective) yang digunakan. Kata sifat ini berfungsi untuk menerangkan objek yang dibicarakan dalam kalimat dan diletakkan sebelum obyek tersebut. Misalnya dalam frase a pretty woman. Pretty merupakan kata sifat atau adjective dari kata benda (noun) woman. Selain itu, kamu juga harus tahu to be (is, am, are) yang akan digunakan. To be tergantung pada subyek dari kalimat tersebut. Untuk lebih mudahnya, lihat tabel berikut ini:

Tabel To Be

Jenis Degrees of Comparison

Terdapat 3 jenis Degrees of Comparison, yaitu Positive Degree, Comparative Degree dan Superlative Degree. Yuk tengok pembahasannya di bawah ini!

  1. Positive Degree

    Positive degree merupakan bentuk dasar dari kata sifat atau adjective. Disebut positive karena ia tidak tergantung dan tidak berhubungan dengan benda yang lebih superior maupun inferior dalam suatu kalimat. Dengan kata lain, ketika kita hanya membicarakan satu orang atau benda saja, maka kita menggunakan positive degree.

    Dari tabel di atas, kita bisa mengambil contoh positive degree sebagai berikut:

    • Paul is tall.
    • James is fat.
    • Toby is old.
  2. Comparative Degree

    Cobalah untuk membandingkan Paul dan James. Perbandingan seperti apakah yang bisa kamu lihat di sana?

    • Paul is taller than James.
    • James is fatter than Paul.
    • Paul is younger than James.

    Dari contoh kalimat di atas kita bisa menyimpulkan bahwa comparative degree digunakan untuk membandingkan dua orang/benda satu sama lain. Comparative degree juga bisa digunakan untuk membandingkan 2 kelompok benda, misalnya:

    • Elephants are heavier than ants.
    • Planes are more expensive than bicycles.

    Untuk membuat kalimat yang menggunakan comparative degree, jangan lupa untuk mencantumkan kata than setelah adjective, ya.

  3. Superlative Degree

    Sebelumnya kita hanya membandingkan Paul dan James. Sekarang mari kita bandingkan juga Toby dengan mereka. Perbandingan seperti apakah yang bisa kita buat?

    • Paul is the tallest.
    • James is the fattest.
    • Toby is the oldest.

    Sekarang kita tahu bahwa superlative degree digunakan untuk membandingkan 3 benda/orang atau lebih. Dari benda/orang yang kita bandingkan, kita mengambil yang ter- atau yang paling-, seperti paling pintar, paling ceroboh, terpendek, dan sebagainya. Seperti halnya comparative degree, superlative degree juga merujuk pada suatu kelompok benda yang ter- atau yang paling-. Sebagai contoh:

    • Whales are the biggest mammals in the world.
    • Durians are the rarest fruit in Europe.

    Nah, jika dalam comparative degree kita menggunakan kata than untuk membandingkan, dalam superlative degree kata the tidak boleh ketinggalan. The diletakkan sebelum adjective yang digunakan dalam kalimat, seperti the cleverest, the most powerful, dan sebagainya.

Ringkasan Pola

Untuk memudahkanmu mempelajari degrees of comparison ini, simak ringkasan polanya berikut ini:

Pola derajat perbandingan dan contoh

Latihan

Complete the sentences with the comparative or superlative degree of the adjectives by matching them with the adjectives provided on the left column. Number 1 has been done for you.

Latihan soal derajat perbandingan bahasa Inggris

Related Posts

One thought on “Degrees of Comparison: Penggunaan more, most, -er dan -est

  1. M.Tauhid

    saya ingin berlangganan artikel pelajaran berbahasa inggris karena saya ingin mejperdalam bahasa inggris saya,trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih