Informasi dan Tips – informasitips.com

Berbagai Dampak Hujan Asam Bagi Mahluk Hidup

informasitips.com – Sebagaimana Kita tahu bersama bahwa hujan asam disebabkan oleh dua gas utama, yaitu Sulfur Dioksida dan Nitrogen Oksida, yang diemisikan oleh berbagai sumber ke udara. Meningkatnya konsentrasi kedua gas tersebut di atmosfer mengakibatkan terjadinya hujan asam yang membawa dampak merugikan pada berbagai sektor kehidupan.

Dampak Hujan Asam bagi Kesehatan Manusia

Pada dasarnya gas sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen oksida (NOx) bersifat membahayakan bagi kesehatan manusia. Kedua gas tersebut akan bereaksi di udara membentuk sulfat dan nitrat yang berupa partikel halus yang dapat masuk terhirup ke saluran pernapasan manusia, bahkan partikel halus sulfat dan nitrat tersebut dapat masuk ke dalam ruangan indoor. Menurut berbagai studi yang dilakukan, kedua partikulat halus tersebut dapat menyebabkan seseorang sakit yang berhubungan dengan kelainan jantung dan paru-paru, seperti asthma dan bronchitis.

Dampak Hujan Asam bagi Tumbuhan

Hujan asam juga membawa dampak buruk bagi berbagai macam tumbuhan. Air yang bersifat asam yang jatuh ke tanah dapat melarutkan berbagai macam nutrient dan juga mineral yang sangat diperlukan oleh tumbuhan. Nutrien dan mineral tersebut akan terbawa jauh sebelum tumbuhan sempat mengambilnya. Ditambah lagi, air yang sifatnya asam, akibat dari hujan asam, akan menyebabkan meningkatnya kandungan elemen toksik, seperti Aluminium, di tanah. Akibat dari dampak tersebut adalah daun-daun akan berubah warna menjadi coklat hingga akhirnya tumbuhan mati.

Dampak Hujan Asam yang merugikan

sumber gambar: www.ypte.org.uk

Dampak yang lebih parah akan dirasakan oleh tumbuh-tumbuhan yang terdapat di area pegunungan yang tinggi. Tumbuhan tersebut akan lebih sering terpapar oleh awan atau kabut yang sifatnya asam, karena terbentuk akibat hujan asam yang terjadi. Paparan tersebut akan membuat tumbuhan kehilangan nutriennya, sehingga tumbuhan akan lebih rentan terserang berbagai ancaman lainnya, seperti cuaca.

Dampak Hujan Asam bagi Perairan

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa hujan asam dapat mengubah pH lingkungan, termasuk lingkungan perairan. Adanya hujan asam dapat menyebabkan meningkatnya konsentrasi aluminium dan magnesium di lingkungan air yang akan membuat pH perairan menjadi turun hingga mencapai 5 atau bahkan di bawah 4.8. Pada kondisi pH 5 akan banyak hewan perairan yang mati karena ketidakmampuan dirinya untuk beradaptasi pada lingkungan asam. Alga, ikan, plankton-plankton, amfibi, siput, kerang-kerangan dan yang lainnya akan menerima dampak yang buruk akibat terjadinya hujan asam pada lingkungan tempat tinggal mereka. Secara keseluruhan, hujan asam dapat mengurangi keragaman hayati pada suatu ekosistem yang pada akhirnya dapat mengganggu rantai makanan dan keseimbangan alam.

Dampak Hujan Asam bagi Bangunan

Hujan asam akan menyebabkan timbulnya karat pada logam, seperti perunggu, ataupun rusaknya cat bangunan atau kendaraan serta rusaknya berbagai monumen, patung, ataupun makam yang terbuat dari batu. Dampak tersebut secara signifikan akan mengurangi nilai dari bangunan atau objek itu sendiri. Kerugian secara finansial pun akan terasa manakala perbaikan akan kerusakan bangunan diperlukan. Jika sudah begini, Kita pun harus mulai berbenah untuk mengurangi emisi gas SO2 dan NOx ke udara.

Dampak Hujan Asam bagi Industri Otomotif (Cat Kendaraan)

Hujan asam juga membawa dampak buruk bagi industri otomotif, yaitu rusaknya cat kendaraan secara permanen. Hujan asam membuat selaput cat mobil menjadi rusak dan menurut para ahli kerusakan yang terjadi tidak bisa dipulihkan. Satu-satunya cara adalah dengan mengecatnya kembali. Hal tersebut menimbulkan masalah tersendiri bagi industri otomotif, biaya pemulihan cat kendaraan akibat hujan asam

Dampak Hujan Asam pada Jarak Pandang

Partikulat sulfur yang diemisikan ke udara juga mempengaruhi jarak pandang seseorang. Pengaruh menurunnya jarak pandang tersebut bisa mencapai 50% hingga 70%.

Ternyata hujan asam berdampak secara luas di berbagai sector kehidupan. Tentu saja, hal tersebut juga membawa kerugian secara ekonomi. Oleh karena itu, berbagai kegiatan yang menyebabkan terjadinya hujan asam harus dikurangi atau dicari alternatifnya guna mencegah semakin luasnya dampak hujan asam.

Copyright secured by Digiprove © 2012

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih