Informasi dan Tips – informasitips.com

Dampak dari Pemanasan Global

informasitips.com – Meningkatnya suhu rata-rata bumi setiap tahun semenjak satu abad terakhir telah menarik minat banyak ilmuwan untuk semakin serius mengkaji isu ini. Terutama, terkait dengan dampaknya terhadap berbagai sektor kehidupan makhluk hidup di muka bumi.

Iklim tidak Stabil

Berdasarkan penelitian dan pengkajian yang mendalam, para peneliti kemudian memprediksikan beberapa dampak pemanasan global yang mungkin akan timbul.

Dampak pertama yang sangat jelas adalah ketidakstabilan iklim. Hal ini sudah mulai terasa akhir-akhir ini. Musim panas yang sangat lama dan terasa sangat menyengat, curah hujan yang terus meningkat dan musim yang mulai sulit diprediksi.

Di daerah sub tropis, gunung-gunung yang tertutup salju diperkirakan akan segera mencair karena tingginya suhu dan musim panas yang lama. Selain itu, suhu musim dingin dan malam hari juga diperkirakan akan cenderung naik.

Angin Kencang

Ketidakstabilan iklim akibat pemanasan global ini juga berpengaruh terhadap gerakan angin di atmosfer. Tiupan angin diperkirakan akan semakin kencang dengan pola yang berbeda.

Angin kencang, topan dan badai akan semakin sering melanda beberapa daerah. Penguapan air laut memberikan daya dorong atau kekuatan pada gerakan angin, sehingga tiupan angin semakin kencang.

Permukaan Air Laut akan Naik

Ilmuwan yang tergabung dalam IPCC memperkirakan permukaan air laut akan mengalami kenaikan sebesar 9-88 cm pada abad ke-21. Hal ini terjadi sebagai dampak dari pemanasan atmosfer bumi.

Pemanasan atmosfer bumi ikut menyebabkan permukaan air laut menjadi panas dan volumenya membesar sehingga ikut menaikkan permukaan air laut. Selain itu, naiknya permukaan air laut juga disebabkan oleh mencairnya es di kutub, khususnya daerah greenland yang akan semakin menambah volume air laut.

Berbagai Spesies Terancam Punah

Pada ekosistem, pemanasan global berpengaruh terhadap populasi satwa, kerusakan hutan dan kepunahan pada beberapa spesies.

Para ilmuwan memprediksikan bahwa perubahan iklim telah mengganggu kestabilan rantai makanan. Satwa pemangsa yang berada di puncak rantai makanan merupakan satwa yang paling terpengaruh, karena kehilangan banyak mangsanya.

Musim panas yang panjang juga berpotensi menimbulkan kebakaran hutan yang ikut menghilangkan jutaan spesies yang ada di dalamnya.

Dampak Pemanasan Global Pada Sektor Ekonomi dan Sosial

Pemanasan global juga berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Seperti gangguan sarana prasana khususnya transportasi laut dan udara karena perubahan cuaca yang ekstrim dan terkadang sulit diprediksi. Meningkatnya gerakan angin dan badai juga sangat berbahaya bagi pelayaran dan penerbangan.

Dampak lain dirasakan pada bidang ekonomi masyarakat. Khususnya bagi mereka yang bekerja pada sektor pertanian dan perkebunan. Pemanasan global yang memicu ketidaksabilan iklim dan perubahan cuaca yang ekstrim sangat berpotensi menimbulkan stres pada tanaman.

Musim panas yang panjang misalnya, dapat menyebabkan tanaman mengalami kekeringan, dan hal itu tentu menurunkan produktivitas tanaman. Selain itu, ketidakstabilan iklim juga akan berpengaruh terhadap musim tanam.

Artinya, pemanasan global berpotensi menimbulkan berbagai dampak negatif yang menyeluruh. Tidak hanya pada sektor tertentu, akan tetapi hampir pada semua sektor kehidupan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: