Informasi dan Tips – informasitips.com

Daftar Makanan Tinggi Kolesterol

informasitips.com – Siapa saja tentu pernah mendengar mengenai kolesterol. Ya, kolesterol menjadi terkenal sejak diketahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi dalam darah berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Sebenarnya kolesterol bukan merupakan makanan jahat yang harus dihindari sepenuhnya. Kolesterol memiliki fungsi tertentu di dalam tubuh sehingga keberadaannya memang diperlukan. Namun, pada jumlah yang berlebihan kolesterol akan menimbulkan efek-efek tidak baik yang nantinya dapat merugikan tubuh. Kolesterol tinggi juga bukan penyakit, tetapi merupakan suatu kondisi tubuh yang dapat dicegah dan diperbaiki. Saat ini makin sering ditemukan orang-orang dengan kolesterol tinggi, selain itu juga penyakit jantung dan stroke mulai menyerang pada usia lebih muda. Hal ini berkaitan dengan gaya hidup masa kini yang lebih santai (sedentary lifestyle), kurang olahraga, obesitas, juga dengan menjamurnya restoran fast food. Dengan rasa yang enak, murah dan cepat menyebabkan banyak orang yang tertarik untuk mengkonsumsinya. Padahal, jenis makanan ini memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Kolesterol sendiri sebenarnya merupakan zat yang terdapat di dalam tubuh secara alami. Kolesterol merupakan salah satu unsur pembentuk sel-sel tubuh, pembentuk hormon dan juga membantu tubuh dalam mencerna lemak. Lebih dari setengah jumlah kolesterol dalam tubuh dibuat oleh tubuh sendiri, sedangkan sisanya didapatkan dari makanan. Karena itu, salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan mengontrol asupan makanan.

Kolesterol banyak didapatkan dari makanan yang berasal dari produk hewani dan juga banyak terdapat pada snack, yaitu:

  1. Telur

    The American Heart Association merekomendasikan asupan kolesterol maksimal sebanyak 300 mg/hari, sedangkan sebutir telur dengan berat 50 gram memiliki kandungan kolesterol sebanyak 212 mg. Karena itu, batasi jumlah telur yang dimakan menjadi satu butir per harinya.

  2. Hati

    Hati merupakan organ penghasil kolesterol. 85 gram hati sapi dapat mengandung hingga 324 mg kolesterol. Bagi orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya hindari memakan makanan ini sama sekali.

  3. Daging : sapi, kalkun, babi, domba, ayam, bebek

    Kurangi konsumsi daging seperti tenderloin, T-bone, rib-eye. Jika ingin memakan daging, sebaiknya memilih daging ayam atau bebek tanpa kulit dibandingkan hewan besar lainnya.

  4. Seafood : udang, kepiting, lobster

    Dalam berat yang sama, udang mengandung kolesterol paling banyak, baru kemudian kepiting dan akhirnya lobster.

  5. Mentega, susu, keju

    Ganti produk-produk tersebut dengan yang low-fat atau non-fat untuk mengurangi jumlah kolesterol yang masuk.

  6. Fast food

    Daftar makanan tinggi kolesterol

    Fast food dibuat dengan cara digoreng dan menggunakan minyak tidak jenuh, menyebabkan makanan ini asupannya harus dibatasi, bahkan kalau bisa dihentikan sepenuhnya.

  7. Snack : kue, muffin, donut, pie, cracker

    Makanan-makanan ini dibuat dengan menggunakan telur dan produk susu yang tinggi kolesterol, sehingga konsumsi makanan-makanan sebaiknya dibatasi. Hal yang sama juga berlaku untuk es krim maupun makanan penutup lain yang manis. Lebih baik memakan buah untuk makanan penutup.

Selain daripada kandungan alami dari masing-masing makanan, yang perlu diperhatikan adalah cara memasak makanan tersebut. Hindari semua makanan yang digoreng. Lebih baik memilih makanan yang dipanggang, direbus atau di-tim.

Mengontrol asupan kolesterol yang dikonsumsi sebenarnya tidak terlalu sulit. Jadikanlah kebiasaan untuk tidak memakan fast food kecuali bila sangat terpaksa, pilih makanan yang tidak digoreng, perbanyak makan sayur dan buah-buahan setiap harinya, selain itu memakan makanan dalam porsi lebih sedikit juga membantu mengurangi asupan kolesterolnya. Jangan biasakan memakan makanan penutup dan snack yang manis-manis. Pada awalnya mungkin sulit, namun dengan keinginan kuat dan tujuan untuk menjaga kesehatan, lama-kelamaan tidak akan terasa demikian. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Jaga kadar kolesterol dalam tubuh mulai sekarang, dan dapatkan manfaat sehatnya hingga tua.

Referensi:

  • http://www.everydayhealth.com
  • http://www.nal.usda.gov/fnic/foodcomp/Data/SR17/wtrank/sr17w601.pdf
  • http://www.high-cholesterolfoods.com/highcholesterolfoodstoavoid.php


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

3 thoughts on “Daftar Makanan Tinggi Kolesterol

  1. luken

    trimakasih buat tips mengobati n pencegahan penyakit yg anda tulis..
    trimakasih banyak semogha bermanfaat..bagi semuanya amiinnn…

    unpad sama ya…

  2. Lifestyle

    Informasi yg di sampaikan sangat2 bermanfaat semoga kita bisa hidup sehat dengan teratur berolah raga juga ayoo mulai dr sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *