Informasi dan Tips – informasitips.com

Curug Nangka – Pesona Alam di Kaki Gunung Salak

informasitips.com – Curug Nangka adalah sebuah air terjun yang terletak di daerah Ciapus, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berjarak sekitar 20 km dari kota Bogor, Curug ini berada tepat di kaki Gunung Salak, Bogor, sehingga termasuk ke dalam wilayah konservasi Taman Nasional Gunung Salak. Keindahan alami yang cukup mempesona bisa Anda nikmati di kawasan wisata air terjun ini. Pohon pinus yang berderet rapi di sepanjang jalan tepat setelah pintu masuk lokasi, seakan menyambut wisatawan yang tiba. Udara sejuk pegunungan ditingkahi suara-suara fauna, seperti burung, monyet, mulai terdengar di telinga dan menambah rasa menyatu dengan alam.

Jalan Masuk Curug Nangka

sumber gambar: detik.com

Lokasi parkir kendaraan berada sekitar 200 meter dari pintu gerbang lokasi wisata. Jalan dari pintu gerbang Wana Wisata Curug Nangka hingga ke lokasi parkir sudah cukup nyaman, yaitu berupa aspal hotmix. Di seputaran areal parkir ini terdapat beberapa warung dan tempat makan yang menyediakan berbagai macam bahan untuk kebutuhan para wisatawan.

Curug Nangka

sumber gambar: kabarhotel.com

Curug Nangka adalah air terjun yang memiliki ketinggian hanya sekitar 15 meter. Tak seberapa tinggi memang jika dibandingkan dengan air terjun lain. Namun, keindahannya tidak kalah dengan curug-curug lainnya. Perjalanan menuju air terjun dari lokasi parkir dapat ditempuh selama sekitar 30 menit berjalan kaki menyusuri trek sepanjang sekitar 1 km yang cukup menantang. Menantang, karena satu-satunya jalan menuju lokasi air terjun adalah dengan menyusuri sungai dan sesekali tepiannya. Sebenarnya bisa saja jika ingin melewati tebing di tepian sungai, namun trek nya relatif lebih sulit dan berbahaya apalagi jika kondisi basah atau licin. Inilah alasan pada musim-musim dengan curah hujan tinggi, perjalanan menuju air terjun ditutup untuk semua pengunjung.

Perjalanan menuju lokasi air terjun Curug Nangka yang cukup menantang ini diawali dengan jalan menanjak sekitar 300 meter dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Jalan menanjak ini sesekali ditemani oleh monyet-monyet liar yang terkadang turun dan datang menghampiri. Tak perlu takut, mereka takkan mengganggu seperti monyet-monyet di Sangeh – Bali. Monyet disini terlihat justru takut dan malu-malu pada manusia. Setelah tiba di atas, ada dua buah saung yang tersedia untuk istirahat sejenak dan sekedar melemaskan otot.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri sungai kecil dengan air yang amat jernih dan segar serta bebatuan alam yang mempesona. Di sebelah kiri dan kanan sungai adalah tebing dengan hutan yang amat lebat. Hampir semua pengunjung akan berhenti sejenak di sungai, untuk berenang, main air ataupun hanya sekedar merendamkan kaki di air yang sangat jernih dan segar ini. Sungai yang kita susuri ini nampaknya sungai yang telah berumur cukup tua, terlihat dari berbagai bebatuan alam yang amat besar dan indah di sepanjang alirannya. Beberapa batu alam yang cukup besar dapat anda jadikan spot foto yang cukup menarik sebagai kenang-kenangan.

Setelah menempuh perjalanan menyusuri sungai dan bebatuan sekitar 15 menit, kita akan tiba di lokasi air terjun Curug Nangka. Gemuruh suara air yang deras dan hawa basah yang menyapu tubuh membuat hasrat untuk mandi dan berenang di bawah air terjun yang jernih dan segar begitu menggoda. Suara burung-burung dan monyet liar yang terdengar sesekali di lebatnya hutan belantara menambah nikmat suasana alam. Terbayar lunas semua keletihan perjalanan. Sungguh mempesona. Pada saat melihat Curug Nangka, saya yakin Anda takkan percaya bahwa Anda hanya berjarak sekitar 3 jam dari Ibukota.

Untuk Anda yang ingin bermalam, di sekitar pintu gerbang wana wisata Curug Nangka ada beberapa rumah atau villa yang dapat Anda sewa, harganya standar saja, yakni berkisar 500 ribu hingga 1 juta rupiah per malamnya. Tentu dengan jumlah ruangan dan fasilitas yang disesuaikan.

Dengan tiket masuk hanya 7.500 rupiah per orang dan lokasinya yang sangat dekat dengan ibukota, jalan-jalan ke Curug Nangka adalah salah satu lokasi wisata alam yang harus anda sambangi. Curug Nangka adalah tempat yang sangat tepat untuk menjadi alternatif liburan akhir pekan anda bersama keluarga! Berikut peta ke lokasi Curug Nangka dari Bogor

Peta Curug Nangka



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Curug Nangka – Pesona Alam di Kaki Gunung Salak

  1. @nouymous

    Nice tread.

    Semoga sarana serta prasarana makin ditingkatkan dengan harga tiket yang mahal.

    Ijin share tempat penginapan untuk kegiatan Retreat – LDKS – Family Gathering.

    Web ://villa-sido-mukti.webnode.com
    Facebook : vila.sidomukti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: