Informasi dan Tips – informasitips.com

Charge Handphone Dimanapun dan Kapanpun dengan Nanotube

informasitips.com – Pernahkah Kamu membayangkan kalau nantinya Kamu bisa merecharge gadget Kamu sambil berjalan? So, Kamu tidak perlu lagi harus mencari-cari kontak listrik agar kamu bisa mengirim sms ataupun membuat panggilan penting. Hal tersebut mungkin saja bisa diwujudkan, karena para peneliti dari Wake Forest University telah melakukan penelitian untuk membuat tabung nano karbon yang berukuran kecil yang dikemas dalam plastik fiber fleksibel yang dapat menciptakan muatan listrik dengan adanya perbedaan temperatur. Alat tersebut disebut dengan Power Felt.

Nanotube Charge Handphone dimanapun Power Felt

sumber gambar: news.wfu.edu

Dalam aplikasinya, perbedaan temperatur tubuh Kamu dengan lingkungan luar akan menghasilkan muatan listrik yang dapat digunakan untuk merecharge handphone atau smartphone Kamu hanya dengan meletakkannya di dalam saku atau dengan menggenggamnya di tangan. David Caroll, Direktur Center for Nanotechnology and Molecular Materials, seperti yang dikutip CNN mengatakan bahwa perbedaan panas (temperatur) ada di sekitar kita dan terbuang sia-sia tanpa dimanfaatkan sebagai energy listrik. Oleh karena itu, penelitiannya tersebut diharapkan dapat memanfaatkan perbedaan temperatur yang ada di mana-mana dengan mengubahnya menjadi muatan listrik yang dapat digunakan lebih lanjut untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Power Felt tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk keperluan merecharge handphone atau gadget Kamu, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk merecharge radio, senter, baterai dan alat lainnya. Tidak hanya itu, jika tabung nano kemudian dibalik fungsinya sehingga panas atau perbedaan temperature dapat dihilangkan dan terciptalah dingin atau penurunan suhu maka tabung nano dapat digunakan untuk perawatan medis. Untuk itu, seperti yang Caroll katakan, penelitian lebih lanjut harus terus dilakukan.

Saat ini, Wake Forest tengah mendiskusikan dengan investor untuk produksi Power Felt secara komersial. Kita nantikan saja terobosan teknologi yang dilakukan oleh para peneliti dari Wake Forest University ini hingga nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: