Informasi dan Tips – informasitips.com

Cermat dan Hati-Hati Ketika Membeli Berlian

informasitips.com – Berlian memang merupakan barang berharga dengan nilai jual yang sangat tinggi, bisa mencapai miliaran rupiah. Bahkan harganya pun cenderung mengalami kenaikan yang stabil sebesar 5 – 10 % per tahun. Tak heran jika banyak saja orang yang berusaha meraih keuntungan sebanyak-banyaknya dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan memalsukan keaslian berlian, atau menjual berlian dengan harga yang tidak sesuai dengan kualitas dari berlian tersebut.

Pada tulisan sebelumnya kami telah memberikan sedikit tips mengenai cara mengetahui dan mengenal keaslian sebuah berlian. Selanjutnya pada tulisan kali ini kami akan berikan sedikit informasi yang perlu Anda ketahui tentang berlian, agar Anda lebih cermat dan berhati-hati ketika ingin membeli sebuah berlian.

  • Harga berlian ditentukan oleh warna berlian.
    Berlian adalah batu intan yang telah digosok dan sepintas tidak memiliki warna. Namun, jika dicermati ada berlian yang memiliki sedikit warna kuning atau cokelat, warna merah, biru, hijau, dan kuning terang atau canary. Suatu berlian akan semakin tinggi kualitas dan semakin tinggi harganya, jika semakin tidak berwarna.

  • Nilai jual dan harga berlian juga ditentukan oleh kelangkaan dan kemudahan memperolehnya.
    Berlian yang murni dengan warna dan pantulan kilau cahaya yang cemerlang sangat jarang ditemukan. Oleh karena itu, nilai jual per karatnya bisa sangat tinggi dibandingkan berlian putih biasa.

  • Harga berlian amat ditentukan oleh kualitas dari berlian tersebut. Kualitas suatu berlian tidak ada yang sama antara berlian satu dengan berlian lainnya. Cara untuk mengetahui kualitas suatu berlian adalah :

    Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Berlian

    1. Cutting atau asahannya
      Cutting atau asahan merupakan teknik potong yang digunakan untuk membentuk berlian. Teknik potong yang tepat akan membuat berlian semakin berkilau sempurna. Model 58-facet round brilliant merupakan bentuk berlian yang paling populer dan dan terlihat cemerlang serta berkilau. Teknik potongan yang digunakan memerhatikan keakuratan yang tinggi dan baik secara hitungan matematis sehingga ketika ada cahaya yang masuk ke dalam berlian, cahaya tersebut kembali akan dipantulkan ke luar melalui puncak berlian sehingga akan terlihat kilauan yang lebih mempesona. Biasanya dikuasai oleh para pengrajin berlian di Rusia. Sehingga berlian asahan Rusia memang bernilai jual yang sangat tinggi. Contoh lainnya : Round Swiss, Round Old European dan round 144 facet.

    2. Color
      Warna berlian tersebut tidak terlihat, namun tetap memperlihatkan kilau dan keindahannya

    3. Clarity atau kejelasan
      Ditentukan oleh jumlah, jenis, warna, ukuran, penempatan dan jenis inklusi (proses pembentukan yang membuat berlian dan sumber mineral lainnya menjadi terbentuk tidak sempurna). Misalnya terdapat terdapat titik putih atau titik gelap pada berlian tersebut. Semakin sedikit inklusinya maka akan semakin tinggi nilai jualnya

    4. Karat
      Perhiasan biasanya memang dijual berdasarkan karat (berat yang diukur dalam satuan karat). Satu karat setara dengan 0.2 gram atau 200 mg yang terbagi menjadi 100 poin. Jadi berlian 0.5 karat disebut juga dengan berlian 0.5 pointer.
  • Investasi berlian
    Harga berlian sangat tergantung pada keempat aspek di atas, namun perlu diketahui juga bahwa ketika dijual kembali maka harga berlian akan dipotong 20 – 30 %. Dengan demikian, jika ingin menjadikan berlian sebagai investasi sebaiknya Anda memilih investasi 90 % emas, tanah, atau dolar, dan sisanya 10 % lagi berlian. Karena emas, tanah, ataupun dolar tidak akan mendapatkan potongan harga ketika hendak dijual kembali.

  • Lengkapi berlian yang Anda beli dengan sertifikat
    Ketika ingin membeli berlian, jangan lupa untuk selalu melengkapinya dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga resmi dan terpercaya, agar segala macam informasi mengenai kualitas berlian yang Anda miliki tersedia dengan benar dan akurat. Dengan demikian, Anda memang membeli berlian dengan harga yang sesuai kualitasnya. Anda benar-benar harus cermat dan hati-hati, jangan sampai Anda tertipu ketika membeli berlian dan mengeluarkan uang jutaan bahkan miliaran rupiah untuk sebuah berlian yang palsu. Di Indonesia satu-satunya laboratorium berlian yang ada dan mampu menyediakan jasa pemeriksaan jasa pemeriksaan berlian serta pembuatan sertifikatnya yaitu Adamas Gemological Laboratory of Indonesia (AGLI). Berlian yang bersertifikat juga akan memberikan struktur kejelasan (clarity) yang tecatat pada sertifikat tersebut. Ini juga dapat berfungsi sebagai keterangan untuk mengidentifikasi berlian tersebut.

  • Perhatikan tempat membeli berlian
    Belilah berlian di toko yang bisa dipercaya, namun tentu Anda tetap harus senantiasa memegang prinsip cermat dan berhati-hati

Related Posts

4 thoughts on “Cermat dan Hati-Hati Ketika Membeli Berlian

  1. ophie

    mohon maaf saya mau nanya soal intan.
    saya mendapatkan sebuah batu putih bening bersegi enam.
    yang saya dapat saat menggali lobang WC.
    jika batu itu intan, bagaimana cara untuk mengetahui batu tersebut.
    berapakah harganya.?
    tolong kirim ke emai saya
    email: nofrie_ophie@yahoo.com
    Hp: 081977643810
    terimakasih…..

  2. alexander

    Mohon ma’af saya punya batu permata kata orang2 sih berlian berwarna merah sebesar ibu jari, bagaimana cara mengetahui permata tsb berlian & kalau dijual berapa harganya? tolong email ke saya : aluftatiq@yahoo.co.id

  3. azzahra

    terima kasih infonya… sangat bermanfaat … hampir sama dengan komentar mas alexander di atas, kira2 bagaimana cara menjual berlian dengan harga yang bagus???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND