Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Tepat Menghilangkan Jerawat

informasitips.com – Jerawat adalah masalah yang tidak dapat dielakkan remaja yang mengalami masa puber. Banyak orang beranggapan bahwa jerawat menjadi penanda seseorang yang sudah beranjak dewasa.

Jerawat Mengurangi PD

Jerawat memiliki beberapa jenis, ada yang dapat langsung hilang tanpa obat namun ada pula yang tetap bertengger manis hingga menimbulkan bekas bopeng-bopeng. Usai ‘tampil’ di bagian wajah atau bagian tubuh lainnya, seringkali jerawat pergi dengan meninggalkan bekas yang terlihat. Bagi sebagian orang, hal itu bukan masalah besar, tetapi bagi wanita yang memperhatikan penampilan, adanya jerawat tentu akan mengganggu. Rasa percaya diri pun menjadi berkurang.

Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tepat

Iklan-iklan TV seringkali membahas para wanita yang kalang kabut berusaha untuk menghilangkan jerawat atau menutupinya karena ingin selalu tampil cantik. Anda dapat mencoba tips berikut untuk menghilangkan jerawat yang Anda miliki

  • Rajin membersihkan wajah dua kali sehari

    Jika Anda ingin membersihkan jerawat pada area wajah, Anda harus membasuh wajah dengan air untuk menghapus sisa keringat, minyak, dan make up yang menempel. Jika Anda tidak melakukannya, kandungan keringat, minyak, serta make up dapat menutup pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Jangan lupa untuk turut membersihkan daerah di leher pula karena jerawat kerap muncul di daerah tersebut.

  • Membersihkan menggunakan tangan dibandingkan kain atau handuk

    Walaupun handuk terasa halus jika dipegang, namun membersihkan wajah dengan kain dikhawatirkan akan memperparah jerawat dan membuatnya mengelupas. Hindari membasuh kulit wajah terlalu keras dan terlalu sering karena akan membuat kulit teriritasi.

  • Cara menghilangkan jerawat

    sumber gambar: www.treatingacnetips.com

  • Menggunakan pembersih jerawat

    Anda mungkin sudah tidak asing lagi pada banyak iklan obat jerawat di televisi. Untuk membuat langkah lebih efektif, Anda dapat menggunakannya. Namun pastikan terlebih dahulu Anda telah menyesuaikannya dengan jenis jerawat dan jenis kulit yang Anda miliki.
    Anda dapat memilih pembersih yang mengandung anti bakteri sekaligus karena mengandung asam salisilat. Zat tersebut efektif untuk menghilangkan jerawat pada kulit.

  • Melakukan perawatan khusus pada jerawat

    Anda dapat menggunakan berbagai jenis krim yang dijual di toko kosmetik dan toko obat. Kandungan krim dengan benzoil peroksida dipercaya mampu menghilangkan jerawat lebih efektif. Benzoil peroksida membunuh bakteri dan menghapus minyak berlebih sehingga menjadikan kulit lebih bersih.

  • Melakukan keramas secara rutin dapat mencegah jerawat

    Penelitian yang dilakukan American Academy of Dermatology menyarankan Anda untuk melakukan keramas setiap hari bagi Anda yang memiliki rambut berminyak. Mengapa? Keramas yang dilakukan secara teratur dapat mencegah minyak berlebih yang jika dibiarkan dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

  • Menggunakan toner pada wajah

    Toner mampu membuat PH kulit menjadi seimbang serta membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya, teteskan toner pada kapas lalu gunakan untuk membersihkan wajah, terutama pada daerah yang terdapat jerawat.

  • Menggunakan masker dengan kandungan asam sitrat

    Masker yang mengandung asam sitrat efektif mengatasi kulit berjerawat. Minyak berlebih dapat terangkat, bahkan bakteri di dalam pori-pori sekalipun dapat dibasmi. Anda dapat melakukannya dua kali seminggu secara rutin.

  • Menghindari memencet jerawat

    Terkadang jerawat memang menjengkelkan karena seringkali terasa gatal. Namun Anda tidak boleh begitu saja menggaruk atau memencetnya karena hal itu hanya akan membuat jerawat lain muncul, bahkan infeksi. Anda juga harus berhati-hati ketika menyentuh jerawat. Pastikan tangan Anda bersih dan sudah dicuci agar tidak ada bakteri yang kembali bersarang.

  • Kunjungi dokter kulit

    Bila Anda tidak berhasil melakukan perawatan di atas, Anda dapat berkonsultasi pada doket kulit. Dokter akan menjelaskan langkah pengobatan yang dapat Anda lakukan.

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dan buah-buahan. Air putih dapat membuat kelembaban kulit tetap terjaga. Pastikan pula semua yang bersentuhan langsung dengan kulit Anda sudah bersih, seperti bantal, kasur, dan saputangan.

Jangan abaikan kesehatan kulit Anda. Semoga bermanfaat…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: