Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Pemakaian Jilbab Kreasi Segi Empat

Posted on by in , with 3 Comments

informasitips.com – Siapa bilang wanita muslimah tidak bisa tampil gaya? Meskipun dengan busana serba tertutup, bukan berarti harus mati gaya kan? Perhatikan saja di kota anda, pasti sudah banyak toko-toko yang menawarkan busana muslimah dengan berbagai variasi model dan gayanya yang selalu mengikuti trend. Entah itu untuk busana kantor, busana pesta, sampai busana sehari-hari pun, kaum muslimah telah memiliki banyak variasi model. Tak ketinggalan dengan jilbabnya dong. Yang satu ini tidak pernah dipisahkan dari trend busana muslimah. Bila ada perubahan model busana muslim terbaru, biasanya model dan gaya berjilbab pun ikut berubah sesuai dengan trend yang sedang berkembang.

Saat ini sudah banyak variasi dalam memakai jilbab kreasi yang bisa anda ikuti. Anda bahkan dengan mudah bisa mendapatkan petunjuk-petunjuk pemakaiannya dari buku-buku kreasi jilbab yang ada di pasaran. Atau bahkan jika ingin lebih praktis, anda bisa berselancar online untuk mendapatkan banyak tips dan cara-cara memakai jilbab kreasi.

Di artikel ini, informasitips.com akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah memakai salah satu kreasi jilbab segi empat paling sederhana tetapi cantik hingga membuat anda tampil lebih mempesona dan anggun.

kreasi pemakaian jilab segi empat

Sebenarnya banyak sekali teknik dalam memakai kreasi jilbab segi empat. Dengan mempelajari satu teknik saja, bagi anda yang kreatif akan banyak memunculkan ide-ide dan teknik baru lainnya yang bisa anda ciptakan sendiri. Apa mungkin? Jelas mungkin, karena memakai jilbab, tidak seperti yang ada dalam bayangan orang yang masih berpikiran kuno, selalu bisa disesuaikan dengan perkembangan jaman, trend, dan juga mode, asalkan tetap pada kaidah yang paling mendasar yaitu fungsi jilbab itu sendiri yang harus menutup aurat.

Jilbab segi empat, yang lebih banyak orang menyebutnya dengan nama jilbab paris memang salah satu model jilbab yang tak lekang oleh waktu. Dari dulu sampai sekarang, meskipun sudah banyak hadir model-model jilbab jadi seperti Pashmina, Zoya, Rabbani, atau Faira yang lebih praktis cara pemakaiannya, tetapi masih banyak muslimah yang menyukai model jilbab segi empat ini.

Untuk yang suka berkreasi, mereka menilai lebih banyak kreasi yang bisa dihasilkan dari jilbab model segi empat. Dan benar saja, hanya dengan 2 macam jilbab segi empat saja, misalnya, berbagai macam gaya bisa anda ciptakan jika anda sudah memahami teknik dasarnya.

Bahan-bahan paling dasar yang diperlukan untuk pemakaian jilbab kreasi segi empat ini diantaranya adalah ciput, jarum pentul, karet gelang (jika diperlukan), bros atau aksesoris lainnya sesuai kebutuhan anda, dan tentunya jilbab segi empat itu sendiri.

Berikut salah satu teknik kreasi jilbab segi empat yang bisa diaplikasikan untuk menambah cantik penampilan anda:

  1. Pakailah terlebih dahulu dalaman jilbab atau yang lebih dikenal dengan nama ciput. Ciput merupakan hal penting dalam pemakaian jilbab kreasi segi empat, selain untuk menambah rasa nyaman karena dengan memakai ciput akan memperkecil resiko melorotnya jilbab yang sedang anda pakai, juga untuk media merekatkan jilbab dan aksesoris pendukung lainnya sehingga menjadi kencang dan tidak mudah lepas.

    Saat ini ciput sudah banyak sekali macamnya, diantaranya ciput arab atau ciput mesir. Pemilihannya tergantung dari selera anda masing-masing. Dan pemakaiannya yang sangat mudah bahkan terkadang tidak sampai memerlukan tutorial khusus.

  2. Lipatlah jilbab kreasi segi empat anda hingga membentuk segitiga. Bentuk ini juga merupakan bentuk dasar dalam berkreasi menggunakan jilbab. Bahkan untuk mempermudah pemakaian, sudah banyak produsen-produsen jilbab yang memproduksi jilbab dengan bentuk yang sudah segitiga.
  3. Kenakan jilbab yang sudah berbentuk segitiga tersebut di atas kepala anda dan pastikan letaknya simetris. Untuk membuatnya simetris, anda harus berada di depan cermin untuk melihat apakah ujung kanan dan kiri jilbab panjangnya sudah sama. Jika sudah, maka lakukan langkah berikutnya.
  4. Menyematkan peniti mungkin hal yang paling mudah dilakukan oleh semua orang, tetapi pemakaiannya yang benar-benar nyaman terkadang tidak semua orang bisa melakukannya. Kenyamanan pemakaian peniti juga tergantung pada tepat tidaknya anda memilih peniti. Pilihlah selalu peniti yang mudah dipakai dan dicopot, tetapi pastikan pengaitnya benar-benar kokoh, jadi tidak mudah copot saat jilbab dikenakan.

    Jika anda sudah memilih peniti yang tepat, mulai sematkanlah peniti tepat di bagian tengah bawah dagu anda. Dan yang perlu diingat, buatlah senyaman mungkin, jangan menyematkannya terlalu longgar juga terlalu ketat.

  5. Tariklah salah satu ujung jilbab ke belakang dengan jalan setengah melingkari dagu, kemudian sematkanlah dengan jarum di bagian belakang kepala anda.
  6. Lalu untuk pemanis, bisa anda sematkan bros di bagian atas dada kanan atau kiri anda dengan warna yang tentunya sesuai dengan warna jilbab dan busana anda. Lalu lihat di cermin, sudah terlihat cantik kan?

Itu tadi adalah teknik paling sederhana dalam kreasi jilbab. Lalu, bagaimana untuk kreasi yang lebih bervariasi? Simak ini:

  1. Lakukan pemakaian awal jilbab seperti yang sudah diajarkan tadi, mulai dari memakai ciput hingga menyematkan peniti dengan benar.
  2. Setelah yakin ujung-ujung jilbab simetris, tarik salah satu ujungnya ke belakang, kali ini lewat belakang mengitari tengkuk. Kemudian dibawa ke depan kembali hingga melilit leher anda.
  3. Sematkan peniti di bagian belakang leher anda untuk membuat ujung jilbab yang tadi tidak nampak lagi dan juga tidak lepas.
  4. Tarik ujung jilbab yang satunya ke belakang juga, kemudian sematkan peniti seperti yang dilakukan tadi.
  5. Pakailah bandana melingkari kepala anda, lebih bagus jika dengan hiasan bunga di samping kanan, kiri, atau kedua sisinya. Pastikan warna bandana cocok dikombinasikan dengan warna jilbab yang anda pakai.
  6. Tariklah kedua ujung bandana ke belakang dan tariklah kembali ke depan setelah disilangkan.
  7. Terakhir, ikatlah ujung bandana di samping kanan atau kiri anda. Jika perlu buatlah bunga dari ikatan ujung-ujung bandana tersebut.

Nah, selesai sudah berkreasi dengan jilbab segi empat anda, selamat bergaya!

Related Posts

3 thoughts on “Cara Pemakaian Jilbab Kreasi Segi Empat

  1. tanti

    Artikelnya sangat bermanfaat….mudah2an dapat dipraktekkan..dan setelah itu langsung tulis ulang dari hasil praktek ..thanx yah kk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih