Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mudah Memutihkan Gigi Sendiri Di Rumah

informasitips.com – Memiliki gigi yang putih cemerlang merupakan dambaan setiap orang. Selain terlihat lebih bersih, gigi yang putih cemerlang juga dapat memperindah senyuman si pemiliknya. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki gigi yang putih cemerlang. Beberapa orang justru memiliki gigi yang terlihat kuning. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena kurangnya kepedulian dalam merawat dan menjaga kebersihan gigi, bisa juga karena seringnya mengonsumsi makanan dan minuman tertentu yang dapat meninggalkan noda kuning pada gigi, seperti kopi, teh, soda, dan rokok. Bila noda kuning dari makanan dan minuman tersebut menempel pada lapisan email gigi, maka akan membuat gigi menjadi kuning.

Selain hal-hal tersebut, ada hal lainnya yang juga dapat membuat gigi menjadi kuning, yaitu kondisi lapisan email gigi yang tipis. Email adalah lapisan terluar gigi yang berguna untuk melindungi lapisan gigi di bawahnya. Lapisan email gigi merupakan lapisan yang keras, cukup tebal, dan berwarna putih. Di bawah lapisan email gigi terdapat lapisan yang bernama dentin yang berwarna kuning kecoklatan (coklat pucat). Bila lapisan email (lapisan terluar gigi) menipis, maka lapisan dentin yang berwarna kekuningan ini akan terlihat dari luar, sehingga membuat gigi terlihat kuning. Menipisnya lapisan email gigi dapat disebabkan karena beberapa hal, yaitu usia, makanan dan minuman yang manis dan asam seperti permen, jeruk, dan minuman soda yang dapat mengikis lapisan email gigi, sehingga membuat lapisan tersebut jadi menipis.

memutihkan-sendiri-di-rumah-bahan-alami

Memutihkan gigi sendiri di rumah
Senyuman dari seseorang yang memiliki deretan gigi yang putih cemerlang tentunya akan terlihat lebih memukau dan mempesona. Makanya tak heran bila banyak orang yang berupaya keras mencari cara untuk memutihkan giginya. Ada satu teknik perawatan gigi yang banyak dipilih orang untuk memutihkan giginya, yaitu teknik bleaching (pemutihan gigi dengan bahan kimia). Meski mampu memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih maksimal sesuai dengan yang diharapkan, namun, teknik perawatan gigi bleaching biasanya membutuhkan biaya yang cukup mahal. Tak hanya itu, teknik memutihkan gigi dengan cara bleaching juga harus dilakukan oleh dokter gigi profesional, dan setelah perawatan biasanya juga membutuhkan perawatan lanjutan yang juga harus dilakukan oleh dokter gigi profesional.

Jika Anda tidak ingin memutihkan gigi dengan cara bleaching yang terbilang cukup mahal, maka Anda dapat memutihkan gigi Anda sendiri di rumah, tanpa bantuan tenaga profesional. Caranya tidak susah, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Meskipun mungkin butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan, namun tentu biayanya akan jauh lebih murah.

Berikut beberapa bahan yang bisa Anda coba untuk memutihkan gigi sendiri di rumah:

  1. Memutihkan gigi dengan menggunakan baking soda

    Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan baking soda atau sering dikenal juga dengan sebutan soda kue. Baking soda bersama dengan air, secara perlahan-lahan dapat mengikis noda kuning yang menempel pada gigi dan membuat gigi terlihat lebih putih.

    Cara memanfaatkan baking soda untuk memutihkan gigi adalah, ambil sekitar 1/2 sendok teh baking soda, campurkan dengan 1/2 sendok teh air, aduk rata, sampai membentuk pasta, lalu oleskan pada sikat gigi dan gosokkan ke permukaan gigi, diamkan selama kurang lebih 1 menit, kemudian bilas bersih.

    Cara penggunaan lainnya adalah dapat juga dengan menambahkan sedikit baking soda ke pasta gigi, aduk rata, kemudian oleskan ke sikat gigi, lalu gosokkan ke gigi seperti biasanya sedang menggosok gigi. Setelah selesai, bilas hingga bersih.

    Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, penggunaan baking soda untuk memutihkan gigi sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Batasi penggunaan hanya sekitar 2-3 kali per minggu. Mengapa perlu dibatasi? Karena, penggunaan baking soda yang berlebihan justru dapat merusak dan mengikis lapisan email gigi sehingga membuat gigi jadi lebih sensitif. Menipisnya lapisan email gigi juga akan membuat gigi menjadi kuning karena yang terlihat dari luar justru lapisan dentin yang berwarna kuning. Oleh karena itu, penggunaan baking soda perlu dibatasi (tidak berlebihan) agar yang terkikis hanyalah noda kuning yang menempel pada lapisan email gigi saja, dan lapisan email gigi tidak sampai ikut terkikis juga oleh baking soda.

  2. Memutihkan gigi dengan menggunakan stroberi

    Buah stroberi khususnya stroberi yang sudah matang, ternyata dapat juga digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Stroberi mengandung vitamin C yang dapat menghancurkan plak-plak yang menempel pada gigi. Stroberi juga mengandung enzim yang disebut asam malat yang juga dapat menghilangkan noda-noda kuning yang menempel pada gigi.

    Cara menggunakan stroberi untuk memutihkan gigi adalah, pertama-tama, ambil sekitar 5 buah stroberi, cuci bersih, kemudian haluskan, lalu gosokkan ke permukaan gigi, diamkan sebentar selama 5 menit, kemudian bilas bersih.

    Selain itu, kita juga dapat menambahkan bahan lain, yaitu garam, yang bertindak layaknya bahan scrubbing untuk menggosok permukaan gigi. Caranya adalah, ambil 4 buah stroberi, tambahkan dengan sejumput garam, aduk rata hingga bentuknya menyerupai pasta. Selanjutnya, gosok-gosok pasta stroberi tersebut ke seluruh permukaan gigi selama kurang lebih 5 menit. Setelah 5 menit, bilas hingga bersih.

  3. Memutihkan gigi dengan kulit pisang

    Kulit pisang tak selamanya harus dibuang. Ada kalanya kulit pisang jadi bermanfaat, salah satunya adalah untuk memutihkan gigi secara alami. Kandungan kalium, magnesium, dan mangan yang cukup tinggi dalam pisang dapat membantu menghilangkan noda kuning pada gigi.

    Cara memutihkan gigi secara alami dengan menggunakan kulit pisang adalah gosokkan bagian dalam kulit pisang ke permukaan gigi (sebaiknya pisang yang sudah matang), gosokkan selama kurang lebih 2 menit, selanjutnya diamkan sebentar, lalu kumur-kumur dengan air. Setelah 3 minggu menggosok gigi dengan kulit pisang, biasanya gigi mulai terlihat lebih putih.

Perlu diketahui bahwa bahan-bahan yang disebutkan di sini bukanlah untuk menggantikan pasta gigi yang biasanya kita pakai. Penggunaan pasta gigi tetap diperlukan untuk membantu merawat dan menjaga kebersihan gigi. Penggunaan bahan-bahan di atas dapat dikombinasikan dengan pasta gigi agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Tips lainnya untuk memutihkan gigi adalah:

  • Gosoklah gigi 3 kali sehari (atau setidaknya 2 kali sehari) dengan menggunakan pasta gigi khusus whitening (untuk memutihkan gigi).
  • Sering-seringlah mengunyah seledri, wortel, dan apel.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat gigi jadi kuning, seperti kopi, teh, soda, dan rokok. Setelah mengonsumsi kopi atau teh sebaiknya segera menyikat gigi atau setidaknya berkumur-kumur, agar noda kuning dari teh dan kopi tidak menempel pada gigi.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: