Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Merawat Laptop

informasitips.com – Laptop adalah salah satu gadget praktis yang menunjang kinerja Anda sehari-hari. Beragam merek ditawarkan dengan keunggulan spesifikasi komponennya masing-masing. Umumnya orang akan beranggapan bahwa laptop dengan harga mahal kualitasnya lebih terjamin, tidak cepat rusak, dan lebih awet dibandingkan laptop dengan harga murah. Anggapan seperti itu tidak selamanya benar. Sebab, usia kelayakan laptop untuk tetap bisa digunakan secara normal bergantung juga dengan cara pengguna merawatnya.

Berapapun dana yang dihabiskan untuk membeli laptop, jika tidak didukung dengan perawatan yang baik tentu laptop akan cepat rusak. Oleh karena itu, agar laptop Anda tetap terjaga kualitas penggunaannya, sebaiknya Anda mengetahui cara-cara perawatan laptop yang baik dan benar. Beberapa caranya adalah sebagai berikut:

  • Jaga Kebersihan Laptop
    Jangan anggap remeh apabila laptop Anda kotor atau berdebu! Kotoran seperti debu atau serpihan sisa-sisa makanan yang tertinggal di laptop bila lama-lama dibiarkan akan menyumbat lubang-lubang sambungan di laptop Anda. Alhasil koneksi terhadap perangkat yang dicolokkan pada lubang-lubang tersebut akan terganggu.

  • Gunakan Pelindung Layar dan Keypad
    Ketika Anda membeli laptop, usahakan juga membeli pelindung layar (screen guard) dan pelapis keypad (keypad protector) . Fungsinya untuk melindungi resiko layar tergores dan keyboard kotor.

  • Gunakan Wadah Penyimpanan Laptop yang Sesuai
    Ini penting untuk Anda ketahui. Banyak orang yang cenderung memilih tas laptop yang “pas-pasan” dengan ukuran laptop hingga tidak ada ruang yang tersisa. Memang kesannya akan lebih simple dan ringan. Tapi ternyata tas penyimpanan laptop yang baik seharusnya mempunyai sedikit rongga agar laptop Anda tidak terkesan “terjepit”.

    Laptop yang letaknya terlalu terjepit apalagi ditambah dengan kantong penyimpanan adaptor yang berdekatan beresiko membuat hardisk laptop cepat rusak. Sebaiknya, pilihlah tas yang memberi ruang yang cukup dan sekat yang baik untuk memisahkan penyimpanan laptop dengan adaptornya.

    cara-merawat-laptop

  • Hindari Memindah-mindahkan Laptop yang Masih Menyala
    Karena praktisnya gadget ini, seringkali pengguna dengan mudahnya memindah-mindahkan laptopnya dalam keadaan masih menyala. Jika ingin berpindah tempat, sebaiknya matikan dulu laptop dan tutup layarnya. Namun, jika mendesak dan laptop tidak dimatikan, angkatlah latop sebaik-baik mungkin tanpa membuat goncangan yang berlebihan (misalnya membawanya dalam keadaan tergesa-gesa, setengah berlari, atau turun/naik tangga). Hal ini akan mengakibatkan resiko head hardisk menggores cylinder. Pastikan posisi bawah laptop stabil di tangan Anda dan hindari menyentuh bagian layarnya.

  • Jauhkan Benda-Benda yang dapat Menimbulkan Getaran Elektromagnetik
    Ketika mengoperasikan laptop, jauhkan laptop dari handphone, mesin kendaraan, dan alat pengeras suara. Getaran yang ditimbulkan oleh benda-benda tersebut akan berpengaruh pada kinerja laptop Anda.

  • Dinginkan Latop Sebelum Disimpan
    Dinginkan latop bukan berarti Anda memasukkan laptop ke dalam lemari pendingin yah. Maksudnya di sini adalah ketika laptop selesai digunakan, tunggulah laptop beberapa menit sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam wadah penyimpanannya. Ini disebabkan karena panas laptop yang masih tersisa saat laptop bekerja. Apabila laptop langsung dimasukkan, sirkulasi udara akan tertahan dan panas tersebut justru akan terserap oleh laptop itu sendiri.

  • Waspada Mendownload Software Gratis
    Seringnya pengguna terpedaya hanya karena melihat tawaran download software gratis. Padahal resikonya akan berdampak buruk pada laptop Anda apabila Anda tidak benar-benar mengetahui kelayakan software tersebut. Kebanyaka software gratis yang ditawarkan membawa virus dan mengancam ‘keselamatan’ laptop. Manfaatkanlah software bawaan saat pertama kali Anda membeli laptop. Itu jauh lebih aman. Namun, apabila tetap ingin mendownload software gratis, usahakan sertakan antivirus paling top di laptop Anda.

  • Jaga Ketahanan Batrai
    Agar mobilitas laptop berjalan lancar, jagalah ketahanan batrainya. Charge batrai ketika kapasitas batrai kurang dari setengahnya. Jangan biarkan laptop dalam keadaan dicharge seharian penuh karena hal tersebut akan memicu terjadinya kerusakan pada batrai.

  • Dilarang Menyentuh Layar Laptop
    Hindari menyentuh layar laptop dalam keadaan menyala. Seringkali tanpa disadari, ujung jari kita menyentuh layar untuk menunjukkan hal-hal penting yang harus dibaca oleh rekan kerja. Kebiasaan seperti itu dapat merusak LCD.

  • Usahakan Penggunaan Laptop di Ruangan Tertutup
    Menggunakan laptop memang bisa dimana saja. Namun, alangkah baiknya bila menggunakannya di dalam ruang tertutup. Ini akan menghindari kemungkinan pengaruh buruk paparan sinar ultraviolet matahari pada LCD laptop, hujan yang tiba-tiba, maupun getaran petir.

  • Hindari Mengoperasikan Laptop di atas Kasur
    Mengoperasikan laptop di atas kasur akan membuat kipas pendingin laptop tersumbat oleh debu-debu di atas kasur. Akibatnya laptop akan panas dan memungkinan terjadinya kerusakan.

  • Jangan Letakkan Benda di Atas Laptop
    Meski laptop dalam keadaan tertutup, tidak dianjurkan untuk meletakkan benda-benda apapun di atas laptop. Termasuk benda-benda berat yang dapat menimbulkan tekanan pada laptop.

  • Jauhkan Laptop dari Kegiatan Makan dan Minum
    Saat tengah asik bekerja di depan laptop, seringkali pengguna menyambinya dengan kegiatan makan dan minum. Sebaiknya, jauhkan hal yang berpotensi akan menimbulkan kerusakan pada laptop Anda. Terkadang tanpa kita sadari, percikan air minum bisa membasahi laptop dan kemudian merembes di bagian sela-selanya. Tentu saja hal demikian akan berpengaruh pada komponen internal laptop.

  • Jangan Coba-Coba Membetulkan Laptop Sendiri
    Bila terjadi gangguan pada laptop Anda, jangan coba-coba membetulkannya sendiri bila Anda bukan seorang teknisi yang ahli di bidang reparasi laptop. Komponen-komponen latop yang serba kecil dan halus membutuhkan penanganan seorang ahli yang telah terlatih di bidangnya. Sedikit kekeliruan yang Anda lakukan terhadap laptop Anda, berakibat pada kerusakan yang lebih parah nantinya.

Itulah beberapa cara merawat laptop yang baik dan benar. Bila perawatannya dilakukan dengan baik, kinerja laptop Anda akan tetap prima dalam jangka waktu yang panjang. Selamat mencoba.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *