Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Merawat dan Menjaga Keindahan Kuku

Posted on by in , with 0 Comments

informasitips.com – Kuku adalah satu bagian dari tubuh kita yang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kuku-kuku yang terpoles cat cantik warna-warni seakan mendongkrak kepercayaan diri kita, dengan penampilan yang sempurna. Tapi girls, tahukah kamu, bahwa kuku tidak dapat kita perlakukan sembarangan lho? Kuku yang tak dirawat bisa tumbuh jamur. Tidak mau khan girls penampilan kamu tak maksimal karena kukumu yang tak terawat? So, mulai sekarang biasakanlah untuk selalu merawat kukumu. Nah, berikut ada beberapa tips untuk merawat kuku agar terlihat cantik:

Membersihkan kuku

  • Biasakan untuk selalu mencuci tangan dan kaki setiap habis bepergian dan saat mandi. Gunakan sebun antiseptik untuk membunuh kuman-kuman yang menempel pada kuku. Gunakan bantuan sikat untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang bersembunyi dibawah kuku kamu.
  • Selain itu, kamu juga bisa menggunakan belimbing wuluh untuk membersihkan kuku-kukumu. Caranya cukup oleskan potongan belimbing wuluh di sekitar kuku, kemudian bilas dengan air. Lakukan seminggu sekali ya girls.
  • Setelah membersihkan kuku, kamu juga bisa melakukan perawatan lain untuk membuat kukumu mengkilap. Caranya mudah, yaitu cukup peras jeruk nipis secukupnya, campurkan sarinya dengan air hangat. Rendam kukumu selama 10 menit. Yang harus kamu perhatikan adalah, kuku harus tercelup sempurna agar tak ada bagian yang terlewat. Setelah itu, angkat dan bersihkan kotoran-kotoran yang tersisa. Rendam lagi sebentar, dan kemudian kamu bisa lihat kukumu yang tampak mengkilap.



Mewarnai kuku
Sebagai perempuan, banyak dari kita yang menyenangi seni menghias kuku atau nail art. Nail art akan membuat tampilan kuku jadi sempurna, disertai ornamen penghias yang semakin mempercantik tampilannya. Tapi, perlu diketahui, bahwa dalam mewarnai kuku, kita tidak bisa sembarangan, ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Jangan mewarnai kuku setiap waktu
    Kuku seperti halnya manusia yang perlu bernafas. Kalau kuku kamu selalu tertutup cat kuku/kuteks, maka kuku tidak akan bisa bernafas. Akibatnya kuku kamu hanya akan rusak, permukaanya kasar, menguning, rapuh, dan mudah patah. Warnai kuku maksimal selama 7 hari, setelah itu bersihkan kuku dari semua kuteks, dan biarkan kukumu bernafas beberapa hari. Baru kemudian kamu bisa mewarnai kuku lagi.

    Cara merawat kuku cantik

  • Gunakan base coat
    Base coat adalah cat dasar yang fungsinya untuk melindungi kuku agar tidak terkena bahan kimia secara langsung dan meminimalisir kerusakan kuku yang diakibatkan oleh bahan-bahan kimia yang banyak terkandung dalam kuteks. Jadi, biasakan untuk mengoleskan base coat tipis-tipis sebelum menggunakan cat kuku.

  • Warnai kuku searah
    Kalau kamu ingin mewarnai kuku sendiri, sediakan banyak waktu, agar tidak terburu-buru dan mendapatkan hasil maksimal. Saat mengoleskan cat kuku, oleskan secara searah, dan urut dari pinggir, supaya hasil pewarnaan maksimal dan halus girls. Ulangi 2 – 3 kali untuk hasil warna yang lebih bagus dan cemerlang.

  • Tutup dengan top coat
    Setelah mewarnai kuku dengan kuteks, jangan lupa ditutup dengan tip coat ya girls. Penggunaan top coat setelah kuteks, akan menghsilkan warna yang mengkilap, dan cat kuku lebih tahan lama.

  • Penggunaan hair dryer
    Hair dryer bisa juga dimanfaatkan untuk mengeringkan cat kuku. Sah-sah saja kalau ingin menggunakan hair dryer agar cat kuku cepat kering. Tapi perlu diingat, gunakan suhu yang dingin, dan atur jarak sekitar 15 cm dari kuku, supaya cat kuku kering dengan sempurna tanpa meninggalkan gelembung-gelembung cat kuku yang seringkali terjadi karena penggunaan hair dryer yang terlalu dekat dengan kuku.



Merawat kuku

  • Rajin-rajinlah membersihkan kuku dengan cara yang dijelaskan di atas. Kuku yang bersih akan terhindar dari kotoran yang menumpuk di bawah kuku tangan atau kaki kamu, serta bebas jamur dan bau.

  • Rendam kuku ke dalam campuran cuka apel dan minyak zaitun yang telah dihangatkan agar kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah. Bisa juga gunakan bawang putih yang diusap-usapkan ke bagian kuku.
  • Gunakan krim pelembap khusus kuku yang berguna untuk melembapkan daerah sekitar kuku agar tidak kering. Perbanyak minum air putih ya girls.
  • Dan terakhir untuk menjaga kesehatan kuku, perbanyak konsumsi kalsium yang terkandung dalam susu, dan jenis kacang-kacangan. Kalsium sangat berguna untuk menjaga agar kuku kamu tetap kuat.

Girls, itu dia beberapa informasi serta tips untuk merawat kuku. Jadi mulai sekarang, rawat kukumu dengan benar ya girls. Salam cantik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih