Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Merawat Bayi Prematur

Posted on by in , with 0 Comments

cara merawat bayi prematur metode kangguruinformasitips.com – Bayi prematur adalah bayi yang lahir kurang cukup bulan yaitu kurang dari 37 minggu dan memiliki berat badan kurang dari berat normal yakni kurang dari 2000 gram (ukuran berat badan bayi yang normal berkisar antara 2500- 4000 gram). Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kelahiran prematur, diantaranya kurang terpenuhinya gizi ibu selama kehamilan, faktor usia (kurang dari 18 tahun dan lebih dari 40 tahun), hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, pecahnya air ketuban sebelum waktunya, kandungan ibu lemah, ibu mengandung bayi kembar, karena infeksi dan lain-lain.

Banyak resiko yang dapat terjadi bagi bayi yang terlahir prematur, diantaranya adalah kelainan jantung, usus, otak, kebutaan, gangguan pernapasan, berbagai infeksi dan lebih fatal lagi dapat menyebabkan kematian.

Bayi prematur yang beratnya kurang dari 1500 gr dan usia kandungan kurang dari 32 minggu, berisiko mengalami kebutaan yang sering disebut retinopathy of prematurity (ROP). Perdarahan otak pun bisa menyebabkan bayi prematur kurang cerdas dibandingkan dengan anak normal.

Terlepas dari semua resiko tersebut diatas, banyak juga bayi prematur yang dapat bertahan hidup dan berkembang baik asalkan mendapatkan perawatan yang intensif dan perhatian ekstra dari orangtua. Jadi bagi orang tua yang memiliki bayi prematur, jangan langsung khawatir. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat bayi prematur.

Merawat bayi prematur harus ekstra hati-hati, penuh kesabaran dan penuh perhatian karena belum sempurnanya organ-organ tubuh. Bayi pun rentan terhadap infeksi penyakit bahkan beresiko terhadap kematian.

Lalu bagaimanakah cara merawat bayi prematur?

  1. Jaga bayi agar tidak kedinginan karena lemak tubuh masih sedikit
    Tempatkan selalu anak ditempat yang nyaman dan jauhkan anak dari tempat yang dingin dan banyak angin. Cara mudah untuk selalu menjaga kehangatan bayi adalah dengan metode kangguru yakni mendekap bayi di dada ibu, dan kulit bayi menempel pada kulit ibu. Beberapa manfaat dari metode ini diantaranya meningkatkan hubungan emosional ibu-anak, menstabilkan suhu tubuh, pernapasan, denyut nadi dan juga menenangkan bayi agar tidak rewel. Jaga selalu agar kainnya selalu kering dan nyaman.
  2. Perhatikan terus gerak refleks hisapnya
    Umumnya refleks hisap dan menelan sudah cukup baik pada bayi prematur dengan masa kehamilan lebih dari 34 minggu (berat lahir lebih 2000 gram), sehingga bayi dapat dicoba langsung menyusu pada ibunya, dan bila refleks hisapnya belum muncul, pemberian susu dapat dipergunakan sendok. Untuk pemenuhan gizi bayi prematur, dilakukan secara bertahap. Jika bayi belum maksimal kemampuan menghisapnya, pemberian gizi dapat diberikan melalui selang, sedang untuk bayi yang benar-benar lemah dapat melalui infus langsung ke pembuluh darah.
  3. Perhatikan fungsi paru-paru, jantung dan kulit bayi
    Organ-organ bayi prematur seperti paru-paru dan jantung belum begitu sempurna. Pada bayi yang lahir di bawah 34 minggu belum memiliki pola nafas teratur sehingga terkadang “lupa” bernafas karena paru-parunya belum sempurna. Sedang untuk menghindari kulit bayi kuning, sesering mungkin susui bayi yang lebih sering daripada bayi normal yang biasanya menyusu antar 2-3 jam sekali.

Lalu bagaimana cara merawat prematur yang berada di RS dan menjalani perawatan di ruang inkubator?

Jika bayi berada di inkubator, cara merawat yang dapat dilakukan bunda adalah dengan sering menjenguk dan meliatnya di ruang inkubator. Ajak bayi ngobrol agar ia bisa merasakan kehadiran bunda. Selain itu perhatikan selalu fungsi pernapasan, jantung kulit bayi, perhatikan selalu nutrisi bayi agar berat badannya segera normal dan dapat segera dibawa pulang ke rumah. Berikan nutrisi sesuai dengan kemampuan bayi, jika bayi sudah baik daya hisapnya dapat langsung disusui oleh ibu, tapi jika daya isap bayi belum maksimal dapat dengan selang dan bahkan infus jika bayi begitu lemah tak berdaya.

Kapan bayi prematur bisa dirawat dirumah?
Penentuan kondisi bayi prematur layak dibawa pulang atau tidak, bukan hanya berdasar pada usia kehamilan. Berat badan bayi saat lahir juga harus dipertimbangkan. Bayi prematur dengan berat badan minimal 1,8-2 kilogram sudah aman untuk dibawa pulang asalkan tidak ada kelainan atau memiliki faktor penyulit akibat belum sempurnanya semua organ tubuh. Menurutnya, berat badan dua kilogram ini setara dengan usia kehamilan 34 minggu di mana bayi sudah memiliki reflek hisap dan pola nafas teratur. Selain itu bayi prematur harus mampu minum secara aktif dan mampu bertahan tanpa memerlukan alat-alat bantuan lagi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND