Cara Menstimulasi Bayi 2 Bulan

informasitips.com – Agar Bayi 2 bulan Anda bisa menggapai kemampuan yang seharusnya maka orang tua harus senantiasa memberikan si kecil stimulasi. Jangan berlebihan dan juga jangan terlalu sedikit memberikan stimulasi, berikanlah stimulasi sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Bagaimana cara mengetahui kebutuhan si kecil? Cara terbaik adalah dengan berinteraksi kepadanya secara berkesinambungan. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi bayi 2 bulan:

  • Untuk menstimulasi penglihatan bayi Anda, Anda bisa lebih sering untuk memperlihatkan kepadanya objek-objek yang memiliki warna-warna terang. Pada usianya yang 2 bulan ini, bayi Anda sudah mulai bisa untuk membedakan warna-warna yang berbeda, utamanya warna-warna yang dia lebih suka, yaitu warna terang.
  • Untuk menstimulasi pendengaran bayi 2 bulan Anda, ajaklah dia bicara atau bernyanyilah di depannya dengan lebih sering. Lakukan hal itu secara regular.
  • Anda juga bisa membacakan cerita kepada si kecil, meskipun dia tidak mengerti apa yang Anda bacakan, namun ada banyak manfaat di balik kegiatan tersebut. Selain akan menstimulasi pendengaran bayi, membacakan cerita kepadanya juga akan menstimulasi kemampuan bahasanya, serta merupakan sarana untuk memperkenalkan kegiatan membaca kepada si kecil.
  • Stimulasilah otot-otot leher bayi 2 bulan Anda dengan cara menengkurapkannya, karena otot-otot leher si kecil yang berusia 2 bulan sudah mulai kuat dan mulai bisa untuk menahan kepalanya saat dia dibaringkan tengkurap. Tetapi dia hanya bisa menahannya sebentar saja, jadi Anda jangan sampai membiarkan si kecil dalam posisi tengkurap terlalu lama, karena itu bisa membahayakan dirinya.
  • Di usia 2 bulan, bayi Anda mulai untuk menggerak-gerakkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri untuk bisa berguling. Anda bisa memberikan stimulasi kepadanya dengan cara membantu tubuhnya secara perlahan untuk berguling, sekaligus Anda memberikannya contoh agar dia belajar untuk cepat mencapai tahap membalikkan tubuhnya. Jangan lengah untuk selalu mengawasinya dan berhati-hati dalam menstimulasinya.
  • Si 2 bulan yang sudah mulai bisa untuk menjalin hubungan sosial dengan sesama, baik itu dengan orang dewasa maupun dengan bayi seperti dirinya, dapat distimulasi dengan cara berinteraksi dengannya. Bicaralah kepadanya, bermain juga dengannya, tataplah matanya, hal-hal seperti itu akan memberikan dasar-dasar sosial pada si kecil untuk bisa berinteraksi dengan orang lain.
Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>