Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Meningkatkan Kinerja Otak Kanan

informasitips.com – Kita semua tahu bahwa ada perbedaan peran yang dimiliki oleh otak bagian kiri dan otak bagian kanan. Otak bagian kiri berperan dalam proses analitik, sedangkan otak bagian kanan lebih berperan dalam proses kreatif. Penguasaan terhadap kedua bagian otak itu pada setiap orang tentunya berbeda-beda. Jika Kamu ingin menjadi pribadi yang lebih kreatif, maka yang harus Kamu lakukan adalah dengan meningkatkan fungsi atau kinerja dari otak bagian kanan. Karena di situlah letak pusat pengaturan kreativitas bagi otak Kamu. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak kanan:

  • Meditasi

    Banyak ahli yang menyarankan untuk melakukan meditasi jika ingin meningkatkan kinerja otak kanan, karena saat meditasi maka seseorang akan menjadi lebih rileks, saat rileks sisi kanan dari otaknya akan menjadi lebih aktif dan reseptif, mudah menerima informasi-informasi sehingga pola piker kreatifnya menjadi lebih berkembang. Nah, untuk melakukan meditasi tersebut, ada panduannya loh, dan Kamu bisa mendapatkannya di tokotoko terdekat.

  • Bernyanyi dan atau memainkan alat musik

    Tidak hanya bernyanyi dan memainkan alat musik, mendengarkan musik jenis baru juga dapat meningkatkan kinerja otak kanan. Bermain alat musik, mendengarkannya ataupun bernyanyi mampu menstimulasi korteks auditori pada otak kanan hingga mampu meningkatkan kreativitas seseorang. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang menempuh cara dengan mendengarkan musik guna mendapatkan inspirasi.

  • Melakukan Kegiatan Seni

    Menurut para ahli, kegiatan berseni, misal menggambar ataupun memahat dapat menstimulasi otak kanan seseorang. Bahkan, untuk mereka yang merasa dirinya lemah dalam berseni pun bisa terstimulasi otak kanannya untuk aktif ketika melakukan kegiatan seni tersebut. Berusaha untuk mengundahkan sisi artistik atau keindahan dari karya seninya akan semakin meningkatkan aktivitas otak kanan.

  • Meningkatkan Kinerja Otak Kanan

  • Lakukan dan kembangkan hobi kreatif

    Hobi-hobi yang mengedepankan sisi kreatif, seperti merajut atau menjahit, mampu membuat mereka yang melakukannya untuk menaruh perhatian dan fokus. Ketika ingin menghasilkan hasil rajutan yang indah dengan pola tertentu, baik itu mengikuti contoh ataupun membuat pola yang muncul dari inspirasi, akan menstimulasi bagian konseptual yang ada pada otak sisi kanan.

  • Menulis atau Menggambar dengan tangan yang tidak dominan

    Orang Indonesia pada umumnya tidak kidal, jadi ketika seseorang yang tidak kidal berusaha untuk lebih banyak menggunakan tangan kirinya, baik untuk menulis atau menggambar, maka pada saat yang sama dia tengah berusaha untuk menstimulasi otak kanannya. Tidak hanya tangan, berusaha untuk menendang bola dengan kaki kiri juga merupakan bentuk usaha untuk meningkatkan kinerja otak kanan. Intinya adalah berusaha sesering mungkin mengaktifkan sisi tubuh yang tidak dominan, dalam hal ini sisi kiri. Semakin banyak menggunakan sisi tidak dominan dari tubuh maka akan semaki sering kita memancing sisi kreatif, intuitif dan emosional yang bersumber dari otak bagian kanan.

Selamat menjalankan dan semoga berhasil.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Cara Meningkatkan Kinerja Otak Kanan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *