Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Meningkatkan Kemampuan Memori Otak

informasitips.com – Apakah Anda sering lupa akan sesuatu, seperti lupa dimana menaruh benda, lupa janji, lupa hari, bahkan lupa pada hal-hal penting dalam hidup Anda? Segera tangani masalah tersebut, karena bukan tidak mungkin itu pertanda bahwa Anda mengalami gejala-gejala penurunan daya ingat. Jangan dibiarkan begitu saja. Resiko yang lebih besar bisa menyerang Anda bila masalah tersebut tidak segera diatasi. Sembilan tips berikut ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan memori (daya ingat) otak Anda:

  1. Tubuh
    Aktivitas fisik tidak hanya bertujuan untuk memperkuat otot saja tapi juga otak. Karena ritme jantung meningkat, darah yang dipompa ke otak menjadi lebih lancar. Jadi otak kita mendapat cukup banyak bahan untuk bekerja, yaitu oksigen. Latihan atau olahrag ringan seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja otak, yang pastinya juga meningkatkan kemampuan memori.
  2. Pikiran
    Kita dapat berkonsentrasi dengan baik dan berpikir jernih selama kita mampu mengidentifikasi dan menghilangkan gangguan yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu sangatlah berguna untuk istirahat sejenak selama beberapa menit saat bekerja. Setelah itu Anda dapat mengatur jadwal kerja Anda kembali. Kadang-kadang, ada banyak hal yang harus Anda lakukan sekarang pada saat yang hampir bersamaan, namun belum tentu Anda dapat mengingat semuanya. Buatlah daftar yang perlu Anda lakukan nanti sehingga Anda tidak cepat lupa. Hal ini juga akan memberi Anda waktu untuk melihat gambaran dari seluruh pekerjaan yang harus dilakukan. Sebab tindakan yang membabi buta dalam melakukan tugas hanya akan menurunkan kinerja pikiran Anda.
  3. cara meningkatkan memori otak

  4. Sarapan Pagi
    Sarapan sehat menyediakan zat-zat penting untuk otak. Jangan pernah memulai hari Anda tanpa sarapan karena itu bisa mempengaruhi kekuatan otak Anda. Jika metabolisme Anda menurun sejak pagi hari, Anda akan merasa lelah sepanjang hari, bahkan jika Anda sudah makan siang.

    Anda dapat mengkonsumsi buah, jus, sayur, atau makan makanan ringan lainnya saat sarapan pagi. Sarapan pagi dapat membantu mengurangi racun dalam tubuh dan memberikan cukup energi serta mencerna mineral antioksidan yang dapat melindungi otak.

  5. Cairan
    Otak manusia terdiri dari sekitar 80% air. Untuk itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga pasokan cairan yang masuk ke dalam tubuh.
  6. Menulis Pikiran dan Ide
    Menuliskan ide/pikiran dapat akan memberikan sinyal pada otak tentang gagasan penting. Anda dapat memulainya dengan menulis di buku harian atau blog. Mengapa Anda harus menuliskan semuanya? Karena kita tak akan pernah tahu bahwa ide menarik hari ini bisa cepat menguap dan hilang begitu saja. Menulis juga akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak ide dan mengembangkan ide baru dari pikiran yang sebelumnya.
  7. Berpikir Positif
    Setiap manusia yang memiliki sikap positif dapat memaksimalkan kinerja otak. Pikiran negatif mengurangi kreativitas dan menghambat efektivitas pemecahan masalah. Dengan berpikir positif, Anda tidak perlu menguras seluruh energi dalam otak untuk sesuatu yang tidak berguna.
  8. Tidur
    Tidur yang cukup dapat memperbaiki kinerja otak. Tidur membuat kita mampu mengingat detail lebih baik dibandingkan saat kita harus bekerja tanpa henti selama lebih dari 15 jam. Tidurlah yang cukup selama 7-8 jam, tidak boleh kurang dari 6-7 jam perhari.
  9. Visualisasi
    Memanfaatkan kekuatan visualisasi dapat mempengaruhi memori otak. Visualisasi membantu otak berpikir dalam gambar. Gambar yang baik akan mempercepat otak mencerna, dan memori otak pun dapat berjalan lebih baik. Anda juga dapat menggunakan visualisasi untuk belajar dan memotivasi diri sendiri.
  10. Kreativitas dan Intuisi
    Biarkan Anda berpikir secara kreatif karena kreatifvitas akan membuat Anda tidak pernah berhenti untuk berpikir. Berpikir secara kreatif sangat menyenangkan dan tidak melelahkan. Intuisi pun tidak bisa diremehkan. Banyak keputusan kita berdasarkan intuisi. Intuisi sendiri berasal dari otak bawah sadar untuk membuat keputusan berdasarkan pengalaman.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: