Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Menghilangkan Komedo Putih

informasitips.com – Sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan komedo putih, terlebih dahulu kita cari tahu yuk apa sebenarnya komedo putih itu? Komedo putih kerap juga disebut dengan closed comedones atau komedo tertutup, yaitu folikel atau kantong berukuran mikroskopik yang terisi oleh material berupa sebum (substansi berminyak). Dalam hal ini, sebum yang menutupi folikel mencegah udara untuk masuk ke dalam folikel, sehingga oksidasi sebum tidak terjadi dan tetap berwarna putih. Oleh karena itu, tonjolan kecil yang berwarna putih itu disebut juga komedo putih.

Salah satu tips menghilangkan komedo putih yang sederhana adalah dengan cara membersihkan wajah secara teratur, sehingga sebum atau minyak dapat dibersihkan dari permukaan kulit wajah. Kalau sebum sudah disingkirkan, maka tidak ada lagi material yang dapat menyumbat folikel dan menyebabkan munculnya komedo putih. Untuk membersihkan wajah, sabun ringan dan non-drying bisa digunakan. Bersihkan muka Kamu sekali dalam sehari sudah cukup untuk menghilangkan komedo putih di hidung ataupun di wajah.

Setelah wajah dibersihkan, Kamu bisa mengaplikasikan krim yang mengandung 2,5% benzoil peroksida yang berfungsi dalam mengurangi jumlah sel kulit mati serta bakteri yang dapat tumbuh akibat adanya sebum pada komedo. Jikalau bakteri tersebut didiamkan, bisa jadi reaksi inflamasi atau peradangan dapat terjadi, sehingga komedo atau jerawat ringan dapat bertambah parah. Selain dengan benzoil peroksida, Kamu juga bisa mengobati komedo putih dengan menggunakan gel yang mengandung zat aktif Retin-A. Retin-A berperan dalam proses pergantian sel, sehingga membantu folikel untuk tidak tersumbat oleh sebum. Mohon diperhatikan bahwa zat Retin-A dalam penggunaannya yang pertama kali dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Selain dengan cara-cara di atas, cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo putih adalah dengan cara manual menggunakan ekstraktor komedo seperti gambar di bawah ini:

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Wajah

Untuk menggunakan alat ekstraktor komedo di atas diperlukan keahlian khusus, karena jika dilakukan oleh bukan mereka yang ahli maka komedo bukannya hilang malah mungkin akan menimbulkan luka yang baru. Jadi, alat tersebut memang bukan untuk Kamu gunakan di rumah.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Putih Telur

Putih telur dapat digunakan untuk menghilangkan komedo putih. Caranya cukup mudah, yaitu campur ½ sendok teh minyak almond, 1 sendok makan yogurt, putih telur yang berasal dari 1 telur, dan 1 sendok makan madu. Campur keempat bahan tersebut dengan baik menggunakan garpu lalu aplikasikan pada wajah dengan membentuknya menjadi lapisan tipis. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Cara menghilangkan komedo putih secara alami tersebut layak untuk dicoba secara rutin.

Cara lain yang juga dapat dilakukan dengan putih telur untuk menghilangkan komedo putih adalah menggunakan masker putih telur yang dicampur dengan jeruk lemon. Campuran tersebut tidak hanya mampu menghilangkan komedo putih, namun juga kandungan protein dalam putih telur dapat membuat kulit menjadi pulih dan tetap terpelihara dengan baik.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: