Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Menghilangkan Bau Badan

informasitips.com – Memiliki masalah dengan bau badan memang tidak mengenakkan. Sayangnya, tidak semua orang yang memiliki masalah tersebut sadar akan masalahnya. Terkadang bahkan si penderita sendiripun tidak tahu bahwa bau badannya sangat mengganggu orang-orang di sekitarnya. Hal ini bisa disebabkan karena si penderita sudah kebal dengan bau badannya sendiri sehingga menganggap bau itu sebagai hal yang biasa saja. Atau mungkin juga karena saking cueknya si penderita dengan lingkungan sekitar.

Bagi anda yang menyadari tentang bau badan anda sendiri, anda sebenarnya orang yang beruntung. Dengan begitu anda bisa cepat mengatasinya sehingga menghindarkan anda dari gosip-gosip tidak menyenangkan tentang bau badan anda. Bila tidak diatasi, lama-kelamaan banyak orang yang akan menjauhi kita karena bau badan yang tidak sedap membuat orang tidak nyaman berada di dekat kita. Ironis sekali kan?

Jadi alangkah bijaksananya suatu kali kita menanyakan pada orang yang benar-benar kita percaya untuk menilai bau badan kita. Atau jika memang kita tidak punya keberanian, cobalah mencium baju-baju yang habis kita pakai sehari-hari untuk bisa mengetahui bau badan kita sendiri.

Cara mengatasi bau badan
Sebelum mengetahui cara-cara apa saja yang bisa kita pakai untuk mengatasi bau badan, ada baiknya kita pelajari dulu apa saja sebenarnya yang bisa menyebabkan kita mengalami masalah bau badan. Setelah itu cari tahu termasuk jenis penderita yang manakah kita, sehingga kita akan dapat dengan mudah mengatasinya. Bau badan yang paling awal bisa terjadi disebabkan karena faktor genetik. Ketika orang tua kita salah satunya adalah penderita, maka kitapun cenderung bisa mengalaminya. Tetapi hal ini tidak akan terjadi bila kita sering menjaga kebersihan diri.

Rambut ketiak ternyata juga merupakan sarana timbulnya bau badan. Sebenarnya segala rambut pada umumnya bisa berperan menimbulkan bau badan karena banyaknya pori-pori pada pangkal rambut lebih mengalirkan banyak keringat dibanding bagian-bagian tubuh yang tidak berambut atau berambut tetapi halus. Maka alangkah bijaknya jika kita lebih memberikan banyak perhatian untuk daerah-daerah yang tumbuh banyak rambut ini, termasuk kepala tentunya. Kita harus rajin-rajin berkeramas untuk menghilangkan bau keringat yang ada di kepala.

Stress, emosi, juga kondisi jiwa seseorang yang lainnya terkadang mampu mempengaruhi kelenjar apocrine (kelenjar keringat) untuk bekerja lebih aktif sehingga menimbulkan kecenderungan berbau. Kegemukan juga merupakan salah satu factor, karena umumnya orang gemuk memiliki daerah-daerah lipatan yang lebih banyak. Padahal daerah yang berlipat dalam tubuh seringkali menimbulkan bau yang tidak enak karena bertumpuknya keringat di sana.

Konsumsi makanan yang tinggi protein seperti daging kambing, bawang goreng, durian, kebiasaan minum-minuman keras, merokok, dan juga penggunaan antibiotik berlebih juga bisa memacu timbulnya bau badan.
Jika anda salah satu yang menyadari adanya bau badan pada diri anda, sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya, diantaranya:

  1. Jaga kebersihan diri anda
    Langkah awal yang bijak adalah lebih rajin mandi minimal 2 kali sehari dan juga memperhatikan kebersihaan hal-hal lainnya seperti pakaian yang kita kenakan, maksimal harus diganti sehari sekali, juga kebersihan gigi dan mulut anda.
  2. Konsumsilah makanan yang menyehatkan
    Sayur-sayuran hijau terutama daun kemangi ternyata ampuh mengatasi bau badan. Gantilah sedikit kebiasaan mengkonsumsi daging dan makanan berlemak anda dengan sayuran, buah-buahan, juga air putih yang banyak mulai dari sekarang. Hindari makanan-makanan pedas juga jengkol, petai dan sejenisnya.
  3. Kurangi kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, serta minuman yang mengandung kafein.
  4. Gunakan parfum, antiperspirant dan sabun antibakteri
    Memakai deodoraan atau pewangi untuk ketiak memang bukan cara untuk menghilangkan bau badan, tetapi setidaknya ini adalah tips untuk menimbulkan aroma wangi dari tubuh yang biasanya disebabkan karena kulit ketiak. Hal ini sedikit banyak membantu anda dalam mengatasi masalah bau badan ini. Antiperspirant membantu menyumbat kelenjar keringat sehingga bakteri tidak bisa berhubungan dengan keringat untuk bekerjasama menimbulkan bau. Sementara fungsi dari sabun anti bakteri adalah membunuh kuman yang ada pada kulit tubuh karena biasanya kuman yang berkembang biak adalah awal timbulnya bau.
  5. Minumlah rebusan daun sirih
    Jika anda tahan dengan rasanya dan juga dianggap perlu, bagus juga meminum air rebusan daun sirih. Orang-orang kuno telah menggunakan cara ini untuk membuat keringat mereka tidak berbau.

Ternyata tidak sulit kan mengatasi masalah bau badan? Semuanya mudah dilakukan dan tentunya murah. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan ya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: