Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria

informasitips.com – Setelah mengetahui penyebab perut buncit pada pria di artikel sebelumnya, maka dari sana semestinya kita bisa menentukan hal apa saja yang harus kita lakukan guna mencegah terjadinya buncit pada perut, serta bagaimana cara mengecilkannya. Tentunya, proses dalam mengecilkan perut buncit bukanlah perkara mudah. Hal pertama yang diperlukan adalah komitmen, karena dalam proses ini kita dituntut untuk melakukan tindakan penanganan yang berkesinambungan. Satu hal yang perlu ditanam dalam pikiran adalah tidak ada kata instan dalam hal mengecilkan perut buncit, komitmen dan usaha keras lah yang sangat diperlukan.

  • Olahraga rutin

    Jenis olahraga yang cocok untuk mengecilkan perut adalah aerobik. Bagi pria, mereka kerap kali berpikir bahwa untuk mengecilkan perut maka latihan yang tepat adalah latihan ditujukan untuk mengencangkan otot-otot di sekitar perut, seperti sit-up. Hal tersebut kurang tepat, karena proses pembakaran lemak perut melibatkan seluruh bagian tubuh. Pada prinsipnya, ketika kita berolahraga secara rutin maka pada saat itu energi yang ada di tubuh akan terkuras, di saat yang sama tubuh yang kekurangan energi berusaha untuk merombak cadangan lemak, termasuk lemak yang ada di perut, dan mengubahnya menjadi energi.

    Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria

    sumber gambar: www.ehow.com

    Latihan yang mengencangkan otot-otot perut bisa dilakukan, tetapi frekuensinya harus diperhatikan, idealnya latihan perut dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Jika Kamu memaksakan untuk terus melakukan latihan tersebut setiap hari, maka otot-otot perut Kamu akan tegang, karena tidak ada waktu baginya untuk rileks dan membangun kembali masanya (rebuild).

    Lalu bagaimana seharusnya pria berolahraga? Buat porsi antara aerobik, latihan perut, latihan kekuatan dan latihan lainnya menjadi seimbang. The American College of Sports Medicine merekomendasikan pria yang berusia kurang dari 65 tahu untuk melakukan latihan kardio, seperti jogging, berlari dan bersepeda, selama 60 hingga 90 menit dalam satu sesi latihan dan dilakukan sebanyak 5 hingga 6 kali dalam seminggu.

  • Makan makanan seimbang

    Dalam hal mengecilkan perut buncit, satu yang perlu diingat adalah makanlah makanan yang rendah kalori serta rendah lemak. Dengan memakan makanan rendah kalori dan lemak, Kamu berarti telah mengurangi salah satu penyebab utama dari perut buncit, maka langkah selanjutnya adalah konsumsilah makanan yang tinggi akan serat. Makanan yang tinggi akan serat akan membuat Kamu merasa lebih cepat kenyang, jadi Kamu akan lebih sedikit makan, hal itu tidak hanya dapat mengecilkan perut namun juga dapat menurunkan berat badan. Untuk mendukung semuanya, hindari konsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih, serta makanan yang tinggi kadar gulanya, karena kedua jenis makanan itu malah akan menambah lemak di perut Kamu.

    Lalu, makanan apa yang disarankan? Berikut daftar makanan untuk mengecilkan perut buncit pada pria:

    • Makanan yang kaya akan protein. Makanan yang kaya protein memiliki fungsi dalam mengurangi timbunan lemak di area perut, tetapi jangan konsumsi protein bersama lemak ya, contohnya kalau Kamu mengonsumsi daging ayam maka kulitnya jangan dikonsumsi juga. Makanan lainnya yang bisa Kamu konsumsi adalah ikan yang masih segar.
    • Makanan yang mengandung Asam Lemak Tunggal tidak Jenuh. Seperti yang dilansir oleh Mayoclinic bahwa pria tetap harus mengonsumsi lemak, namun bukan sembarang lemak tentunya. Lemak yang dimaksud adalah asam lemak tunggal tidak jenuh atau kerap kali disebut MUFA. MUFA tidak hanya berperan dalam mengurangi lemak di area perut, namun juga adalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung. Contoh makanan yang mengandung MUFA adalah alpukat, minyak bunga matahari, minyak kacang dan minyak sesame, gunakan minyak tersebut dalam olahan masakan Kamu.
    • Protein kedelai. Menurut CBS News, protein kedelai juga dapat mengurangi timbunan lemak di perut pada pria. Kamu bisa mengonsumsi tahu ataupun tempe, mudah didapat bukan?
    • Cabai. Kenapa cabai? Cabai mengandung Capsaicin, ketika Kamu mengonsumsi cabai, maka proses pencernaan Capsaicin akan menguras lebih banyak waktu yang berarti juga menguras banyak energi. Pada saat itu, tubuh akan berusaha memeroleh energi dengan cara merombak timbunan lemak yang ada di tubuh, termasuk di area perut.
    • Apel. Bagian dari Apel yang berperan dalam mengurangi lemak di perut adalah bagian kulitnya yang mengandung pectin. Pektin adalah senyawa alami yang termasuk ke dalam serat tidak larut air yang tidak dapat diserap oleh system pencernaan manusia. Pektin dapat mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh melalui dua cara, pertama pektin menghambat penyerapan lemak pada saluran pencernaan dan kedua pectin dapat merangsang terjadinya penyerapan air dari makanan oleh sel-sel pencernaan, hal tersebut akan membantu dalam proses pelepasan lemak yang disimpan tubuh. Selain Apel, Kamu juga bisa mendapatkan pectin dari buah-buahan yang lain, seperti pisang, ceri, anggur dan jeruk lemon.

    Itulah dua cara utama dalam mengecilkan perut buncit pada pria. Semoga bermanfaat



    loading...
    Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *