Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

informasitips.com – Sakit tenggorokan adalah salah satu bentuk gejala yang akan dialami seseorang ketika hendak menderita flu. Tidak hanya itu, sakit tenggorokan juga dapat terjadi sebagai akibat dari ketegangan yang dialami oleh pita suara. Apapun itu penyebabnya, yang jelas sakit tenggorokan tidak menyenangkan apabila harus dialami. Oleh karena itu, sesegera mungkin sakit tenggorokan harus segera diatasi. Nah, berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan sakit tenggorokan:

  • Minum Obat Anti Radang atau Anti Inflamasi

    Cara paling efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan meminum obat antiinflamsi non- steroid, seperti tablet yang mengandung ibuprofen. Tablet ibuprofen banyak tersedia di apotek-apotek di sekitar rumah Anda. Tidak hanya mengatasi radang, obat jenis ini juga mampu mengurangi rasa sakit yang muncul, serta meredakan bengkak yang sering kali mengiringi sakit tenggorokan yang diderita. Demam yang muncul akibat sakit tenggorokan juga dapat teratasi oleh obat antiinflamasi ini.

  • Minum

    Menjaga stok cairan agar selalu terpenuhi merupakan hal yang penting, terutama ketika Kamu tengah mengalami sakit tenggorokan atau radang. Tersedianya cukup cairan bagi tubuh akan membuat membran mukus tetap lembab sehingga perlawanan terhadap bakteri atau alergen menjadi lebih kuat, begitu juga kemampuan tubuh dalam melawan gejala flu lain yang mungkin muncul. Tidak harus air putih, teh hangat dengan sedikit gula ataupun kuah sop ayam juga boleh.

  • Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

  • Kumur-kumur Air Garam

    Berbagai penelitian menunjukkan bahwa berkumur beberapa kali dengan menggunakan air garam hangat dapat mengurangi bengkak di tenggorokan, mengurangi lendir dan daat mengeluarkan penyebab radang, seperti bakteri atau iritan. Caranya, siapkan garam setengah sendok teh lalu larutkan dalam air sebanyak 1 cup. Jika Kamu gak suka dengan rasa asinnya, maka Kamu bisa saja menambahkan sedikit madu. Namun harus diingat, meski agak manis, tetap aja, kumurannya harus dibuang, jangan ditelan.

  • Minum Teh

    Meminum teh herbal juga bermanfaat dalam meredakan sakit tenggorokan. Bukan hanya teh herbal, teh apapun berkhasiat dalam meredakan sakit tenggorokan, karena teh memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperkuat fungsi kekebalan tubuh dan menangkal infeksi. Penambahan madu juga dapat dilakukan, malah akan membuat efeknya semakin mujarab.

  • Istirahat

    Istirahat merupakan solusi yang paling mudah bagi Kamu untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Tidak hanya mudah, istirahat juga terbukti efektif dalam meredakan sakit tenggorokan, karena pada umumnya penyebab sakit tenggorokan adalah virus influenza yang dapat diatasi sendiri oleh tubuh ketika beristirahat. Sesungguhnya istirahat itu dapat meningkatkan fungsi imunitas tubuh.

  • Antibiotik

    Nah, jika penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri, biasanya bakteri Streptococcus pyogenes, maka solusinya, tidak lain dan tidak bukan, adalah antibiotik. Untuk memastikan penyebab infeksi, ada baiknya sebuah tes dilakukan terlebih dahulu, benar atau tidak penyebabnya adalah bakteri. Dan, jangan lupa, untuk selalu menghabiskan antibiotik yang Kamu minum.

  • Sup Ayam

    Sup ayam juga bisa menjadi solusi alternatif untuk meredakan sakit tenggorokan. Kandungan natrium di dalam sup berkhasiat sebagai antiradang. Sup ayam dapat meredakan rasa nyeri yang dirasakan pada tenggorokan. Dibandingkan berkumur air garam, mengonsumsi sup ayam rasanya lebih baik untuk meredakan sakit tenggorokan, nutrisi yang didapatkan dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi.

  • Obat Batuk

    Meski seringkali sakit tenggorokan tidak disertai batuk, namun obat batuk ternyata bermanfaat dalam menghilangkan sakit tenggorokan. Hal tersebut disebabkan karena zat aktif dalam obat batuk juga berkhasiat sebagai pereda rasa sakit, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri pada tenggorokan ketika diminum. Sebaiknya pilih obat batuk yang sesuai kebutuhan, jika sedang bekerja, maka jangan pilih obat batuk yang dapat menimbulkan rasa kantuk. Tanyakan kepada petugas apotek sebelum membelinya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi sakit tenggorokan yang sering mengganggu aktivitas.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *