Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

informasitips.com – Rambut bercabang merupakan salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Penyebab rambut bercabang adalah karena rusaknya lapisan pelindung terluar rambut akibat sering menerima panas, dan bahan-bahan kimia yang berasal dari produk-produk perawatan rambut. Kerusakan pada lapisan pelindung rambut tersebut membuat panas dan bahan-bahan kimia yang diberikan ke rambut langsung mengenai bagian dalam rambut, sehingga akhirnya mempengaruhi dan merusak struktur dalam rambut.

Berbagai teknik tata rias rambut seringkali menggunakan panas, misalnya, saat meluruskan rambut, mengeriting rambut, mem-blow rambut, mengeringkan rambut dengan hairdryer, dan lain sebagainya. Panas yang terlalu sering mengenai rambut dapat merusak struktur rambut sehingga rambut menjadi lemah (mudah patah), rusak, kering, dan bercabang. Begitu pula dengan penggunaan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam produk-produk perawatan rambut dan pewarnaan rambut, bisa juga menyebabkan kerusakan struktur rambut sehingga membuat rambut menjadi bercabang.

Selain penggunaan berlebih (terlalu sering) dari panas dan bahan-bahan kimia pada rambut, penggunaan produk-produk perawatan rambut yang kualitasnya rendah dan tidak cocok untuk rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi rusak dan bercabang. Perlakuan yang diberikan ke rambut, seperti tekanan saat menyisir, mengikat rambut, dan lainnya juga bisa membuat struktur rambut jadi rusak dan bercabang.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah rambut bercabang? Simak tipsnya berikut ini:

  • Rajinlah memotong ujung-ujung rambut
    Cara paling mudah dan efektif untuk mengatasi masalah rambut bercabang adalah dengan rajin menggunting bagian ujung-ujung rambut. Guntinglah bagian ujung rambut sekitar 0.6 sampai 2.5 cm, setidaknya setiap 6 – 10 minggu sekali.

  • Gunakan sisir bergigi jarang
    Bila Anda memiliki rambut yang bercabang, sebaiknya gunakan sisir yang bergigi jarang untuk memudahkan dalam menyisir rambut sehingga meminimalisir adanya tekanan yang terlalu besar pada rambut. Tekanan yang terlalu besar pada rambut dapat membuat struktur rambut jadi rusak, mudah patah dan bercabang.

  • Konsumsi asam folat dan biotin
    Bila Anda memiliki rambut yang bercabang, cobalah perbanyak konsumsi vitamin asam folat dan biotin yang akan menutrisi rambut dan menjaga rambut agar selalu sehat dan kuat.

    Cara mengatasi dan mencegah rambut bercabang

    Asam folat membantu produksi sel-sel darah merah yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Sementara biotin mampu menguatkan rambut sehingga rambut lebih tahan terhadap panas, tidak mudah rusak, patah, dan bercabang.
    Sumber asam folat dapat berasal dari suplemen asam folat, atau bisa juga diperoleh dari sumber alami, yaitu makanan seperti sayur-sayuran hijau, jeruk, alpukat, kedelai, dan lain-lain. Sementara sumber Biotin, selain bisa diperoleh dari suplemen biotin, bisa juga diperoleh dari sumber alami yaitu makanan seperti nasi, kacang-kacangan, kedelai, biji bunga matahari, dan lain-lain.

  • Hindari terlalu banyak memberikan panas pada rambut
    Pemilik rambut bercabang harus membatasi (mengurangi) melakukan aneka teknik penataan rambut yang menggunakan panas. Terlalu sering memberikan panas pada rambut bercabang Anda akan membuat kondisi rambut bercabang Anda menjadi semakin rusak dan parah. Sebisa mungkin, kurangi kebiasaan mengeriting rambut, meluruskan rambut atau menggunakan alat pengering rambut. Jika memang ingin menggunakan alat pengering rambut, atur jarak alat pengering rambut (hair dryer) dengan rambut agar tidak terlalu dekat sehingga panas yang mengenai rambut tidak terlalu besar. Jangan juga terlalu lama menggunakan alat pengering rambut, gunakan sebentar saja, untuk meminimalisir panas yang diterima rambut. Akan lebih baik, bila rambut dikeringkan secara alami.

  • Hindari terlalu sering mewarnai rambut
    Jangan terlalu sering mewarnai rambut. Produk pewarna rambut mengandung bahan-bahan kimia yang bila terlalu sering digunakan dapat merusak struktur rambut sehingga rambut jadi mudah patah dan bercabang. Bila Anda memiliki rambut yang bercabang, sebaiknya kurangi kebiasaan mewarnai rambut karena terlalu sering mewarnai rambut justru dapat memperparah kondisi rambut bercabang Anda.

  • Gunakan minyak zaitun
    Cara mengatasi rambut bercabang secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke rambut, lalu bungkus dengan handuk, dan diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah 30 menit, cuci bersih rambut (keramas dengan sampo), dan bilas dengan air dingin.
    (Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun (Lengkap) Sungguh Luar Biasa)

  • Gunakan masker alpukat
    Masker rambut yang terbuat dari buah alpukat dan dicampur dengan sedikit minyak zaitun juga bisa membantu mengatasi rambut bercabang. Masker ini bertindak sebagai kondisioner yang mampu melembutkan dan melembabkan rambut. Cara membuatnya, ambil satu buah alpukat, hancurkan sampai halus, kemudian tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun, lalu aduk rata. Kemudian gunakan masker alpukat pada rambut, diamkan sekitar 15-30 menit, setelah selesai, bilas dan cuci bersih rambut.

  • Gunakan masker kuning telur
    Untuk membantu mengatasi rambut bercabang, cobalah cara alami lain dengan menggunakan masker rambut yang terbuat dari kuning telur. Cara membuatnya adalah campurkan 1 kuning dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, gunakan pada rambut, diamkan selama 30 menit. Setelahnya, bilas bersih dengan air, kemudian keramaslah rambut dengan menggunakan sampo dan kondisioner agar rambut tidak kering dan tidak mudah rusak. Gunakan secara teratur setiap kali akan keramas.

  • Gunakan masker buah pepaya
    Masker rambut yang terbuat dari buah pepaya juga mampu membantu mengatasi rambut bercabang. Cara membuatnya adalah, siapkan buah pepaya matang ukuran sedang, ambil setengah bagian dan buang kulitnya. Cuci bersih, lalu haluskan. Selanjutnya, tambahkan sedikit yogurt, kemudian aduk hingga rata. Kemudian gunakan pada rambut, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih setelahnya. Lakukan rutin hingga memperlihatkan hasil yang diharapkan.

Cara Mencegah Rambut Bercabang
Cara yang paling efektif untuk mencegah rambut rusak dan bercabang adalah dengan menghindari atau mengurangi hal-hal yang bisa menyebabkan rambut jadi bercabang. Jangan terlalu sering mengeriting rambut, meluruskan rambut, mewarnai rambut, atau memberikan perlakuan-perlakuan lainnya yang bisa merusak rambut. Rutinlah memotong ujung-ujung rambut setiap 6 – 10 minggu, karena hal tersebut bisa membantu mencegah timbulnya masalah rambut bercabang. Lebih disarankan untuk memilih produk-produk perawatan rambut yang alami, karena lebih aman bagi rambut.

Cara lain untuk mencegah rambut bercabang adalah dengan menggunakan kondisioner pada rambut agar bagian luar rambut terlindungi dari panas baik yang berasal dari alat-alat penataan rambut maupun panas langsung dari sinar matahari. Kondisioner juga membantu melembutkan dan melembabkan rambut sehingga rambut tidak kering dan tidak mudah rusak.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *