Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mengatasi Mata Lelah

informasitips.com – Sebagian besar tindakan manusia bermula dari apa yang ia lihat. Saat melihat sesuatu, maka secara spontan otak ikut bekerja merekam dari apa yang terlihat oleh mata. Aktivitas melihat ini pun tidak terlepas dengan pengaruh tingkat ketajaman cahaya. Semakin terang cahaya, tentu akan semakin jelas pula objek yang dapat dilihat. Namun kendati cahaya sangat dibutuhkan oleh mata dalam menjalankan fungsinya, ternyata cahaya juga dapat membuat mata menjadi mudah lelah (astenopia).

Apabila mata mengalami kelelahan, maka kualitas fungsi mata pun akan menurun. Saraf-saraf pada mata yang semula elastis akan mengalami ketegangan sehingga akan berpengaruh buruk pada kesehatan mata itu sendiri. Memang, sejauh ini kelelahan pada mata dianggap sebagai gangguan ringan yang tidak perlu terlalu dicemaskan. Namun dalam beberapa kasus kelelahan mata dapat berlangsung jangka panjang/menetap dan butuh penanganan serius.

Beberapa hal berikut dapat menjadi pencetus timbulnya kelelahan pada mata, yaitu:

  • Tidur yang tidak berkualitas
    Kualitas tidur ternyata sangat berpengah ke mata. Kualitas tidur yang baik akan membantu mata beristirahat lebih baik lagi yang pada akhirnya juga akan berpengaruh baik (positif) bagi kesehatan mata. Tidur yang berkualitas tidak ditentukan dari seberapa lama Anda tidur, melainkan seberapa pulas Anda bisa tidur dengan waktu yang tersedia.

  • Terlalu banyak menangis
  • Menonton televisi terlalu lama dalam jarak yang terlalu dekat
  • Mengoperasikan komputer tanpa bantuan filter monitor
  • Terlalu lama membaca dan posisi membaca yang salah (berbaring, miring)
  • Kurang nutrisi terutama vitamin A, serta kebiasaan mengonsumsi terlalu banyak lemak daripada protein dan serat. (Penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa orang yang terlalu banyak mengonsumsi lemak cenderung mengalami obesitas serta menurunkan kualitas fungsi mata).
  • Faktor usia. Semakin bertambahnya usia, maka semakin berkurang pula kualitas otot mata.
  • Salah memilih kacamata baik dalam ukuran plus atau minusnya dan berat ringannya frame kacamata, dapat memperburuk kerja mata. Sebaiknya, pilihlah kacamata yang sesuai dengan kondisi mata Anda. Sesuaikan ukuran minus atau plusnya dengan cara memeriksakan mata di klinik mata/optic terlebih dahulu. Pilih pula material frame yang ringan agar area sekitar mata tidak terbebani dengan frame kacamata yang terlalu berat.

Cara Mengatasi Mata Lelah
Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi mata lelah itu sendiri? Sementara untuk sebagian besar orang, mata yang lelah dapat terjadi lebih dari satu kali dalam sehari.

Berikut kami uraikan cara-cara yang dapat dilakukan agar kondisi mata tetap prima:

  • Mengedipkan mata
    Ketika Anda merasakan mata mulai mengalami kelelahan, cobalah untuk mengedip-ngedipkan mata lebih sering dari biasanya. Proses mengedipkan mata terbukti dapat mengurangi ketegangan pada otot mata dan dianggap sebagai bentuk olahraga pada mata.

  • Mengalihkan pandangan
    Bila Anda terlalu fokus menatap satu objek tertentu dalam waktu yang cukup lama, maka cobalah untuk mengalihkan pandangan ke arah yang lain. Menatap satu objek terlalu lama justru akan memicu mata bekerja lebih keras dibandingkan bila Anda melihat beberapa objek berbeda dalam waktu yang singkat.

    cara-mengatasi-mata-lelah

  • Pejamkan mata dan tutup dengan telapak tangan
    Ketika mata terpejam dan tangan mengatup mata, maka hangat pada telapak tangan akan meredakan ketegangan pada mata secara alami. Hangatnya telapak tangan tidak bisa diganti dengan hangat dari benda-benda atau zat-zat lain yang melalui proses penghangatan terlebih dahulu. Satu hal yang harus diingat, hindari mengucek-ngucek mata! Apapun keadaannya, mengucek mata dengan tangan sangat tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kesehatan mata.

  • Kompres dengan air dingin
    Ambil selembar kain dan basahi dengan air dingin. Atau bisa juga merendam kain tersebut dalam air lalu dimasukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu. Lalu kompreskan pada mata selama 5-10 menit. Selain mengurangi kelelahan pada mata, cara seperti ini juga ampuh mengurangi rasa gatal dan meredakan pusing akibat mata lelah.

  • Kompres dengan teh
    Mata lelah dapat pula menjadi begkak dan kemerahan. Untuk meredakan efek mata lelah seperti itu lakukan dengan cara mengompres mata menggunakan kantong teh yang telah diseduh dan didinginkan terlebih dahulu. Kandungan daun teh yang telah diseduh mampu mengempiskan bengkak dan kemerahan pada mata serta membuat mata lebih rileks.

  • Letakkan irisan timun
    Rawat mata sebelum beranjak tidur dengan cara meletakkan irisan timun atau buah strawberry dingin pada mata. Selain meredakan lelah pada mata, cara seperti ini juga baik untuk merangsang rasa kantuk lebih cepat sehingga tidur Anda pun menjadi lebih pulas nantinya.

  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran berwarna cerah seperti oranye dan merah
    Sebagian besar buah yang berwarna cerah mengandung kadar vitamin A yang sangat tinggi. Tidak dapat dipungkiri bahwa vitamin A sangat dibutuhkan oleh mata. Anda dapat memilih wortel, buah bit, bayam merah, ubi ungu sebagai pelengkap makanan Anda sehari-hari.

  • Memandang warna-warna teduh
    Saat rutinitas sehari-hari mengharuskan Anda bekerja di depan monitor komputer, sebaiknya tiap 2 jam alihkan pandangan pada sesuatu yang berwarna teduh. Misalnya memandang hamparan pemandangan yang mayoritas hijau, warna karpet yang tidak mencolok, atau warna cat tembok yang sendu. Oleh karena itu, penting kiranya Anda menciptakan ruang kerja yang nyaman dengan warna-warna yang tidak terlalu menyala. Pilih warna perabot dan dinding yang lembut seperti hijau, biru muda, dan abu-abu.

  • Berbaring
    Baringkan tubuh bila lelah pada mata menimbulkan rasa mual dan pusing. Carilah tempat yang datar agar Anda bisa berbaring dalam posisi tubuh lurus.

  • Mencuci muka
    Mencuci muka tidak hanya bisa Anda lakukan untuk membuang kotoran pada wajah, tapi juga untuk menghilangkan kelelahan pada mata. Percikan air bersih dari keran. Cara ini dipercaya mampu merangangsang rasa nyaman pada mata sekaligus mengenyahkan kantuk di jam-jam sibuk.

  • Mengatur pencahayaan ruangan
    Cahaya yang terlalu terang juga tidak terlalu baik digunakan saat membaca, beraktivitas di depan layar monitor, atau televisi. Itu sebabnya mengapa bioskop dan hotel tidak menyediakan alat penerang yang terlalu cerah. Tujuannya tentu agar mata tidak terlalu keras menangkap cahaya yang ada sehingga mata tidak mudah menjadi lelah.
  • Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata lelah. Semoga bermanfaat.



    loading...
    Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: