Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mengatasi Insomnia

informasitips.com – Tugas yang menumpuk, pekerjaan yang tak kunjung selesai, ditambah stres kerap mengambil alih jatah tidur. Mulanya biasa saja, siklus tidur masih teratur. Namun karena pengaruh semua kesibukan tersebut, perbedaan mulai terasa. Sekeras apa pun Anda mencoba tidur, mata tetap tidak dapat terpejam. Akibatnya Anda tidak dapat tidur, kesehatan menjadi terganggu dan semua aktivitas menjadi kacau. Sebaiknya Anda waspada kalau-kalau Anda menderita insomnia.

Insomnia adalah kelainan yang terjadi pada siklus tidur berupa kesulitan untuk tidur walaupun memiliki banyak kesempatan. Penyakit ini kerap diderita orang dengan siklus tidur yang tidak teratur dan orang yang sedang menderita stres, ditambah dengan aktivitas tidak sehat seperti sering begadang, menggunakan narkoba, dan kerap mengonsumsi kafein. Lalu, apa saja tanda-tanda insomnia?

Berbagai Gejala Insomnia

Berikut ini tanda-tanda gejala insomnia yang harus Anda ketahui:

  • Merasa kesulitan untuk tidur lebih dari 1 bulan
  • Sering merasa cepat lelah di siang hari hingga menyebabkan terganggunya aktivitas lain
  • Tidak merasa nyenyak ketika tidur
  • Sering terbangun lalu kesulitan untuk tidur kembali

Cara Mengatasi Insomnia

Mengatasi insomnia dapat dikatakan susah-susah gampang. Memang terdapat banyak iklan di televisi yang membahas obat pembuat tidur lebih nyenyak, tapi apakah Anda akan terus bergantung pada obat tersebut? Bagi Anda yang tidak ingin mengomsumsi obat-obatan, Anda dapat mencoba cara berikut

Cara Mengatasi Insomnia

sumber gambar: treatinginsomnia.org

  1. Membuat jadwal tidur teratur

    Langkah pertama ini penting untuk dilakukan. Ada baiknya Anda mencoba membuat jadwal tidur yang teratur agar ritme tubuh mengenai jadwal tidur dapat terbentuk.

  2. Mendengarkan musik instrumen

    Musik dapat menjadi sarana efektif untuk membuat perasaan menjadi nyaman. Pilih musik jenis instrumen yang tidak menaruh lirik, sehingga otak Anda dapat rileks tanpa harus bersusah payah mengikuti semua lirik yang ada. Jangan sampai Anda malah memutar lagu rock yang justru akan mengganggu siklus tidur Anda lagi.

    Taruh pemutar vcd atau alat elektronik lainnya di dalam kamar, putar dengan volume sedang sesuai yang Anda inginkan, namun tidak terlalu keras. Usahakan tidak menggunakan earphone atau headset agar kesehatan telinga tetap terjaga.

  3. Mengubah suasana kamar menjadi nyaman

    Jika Anda adalah tipikal orang yang tidak dapat tidur dengan kondisi kamar berantakan, maka Anda harus meluangkan waktu untuk menata kembali kamar Anda untuk memperoleh tidur yang nyaman. Anda juga dapat memanfaatkan gambar pemandangan alam untuk memberikan kesan nyaman.

  4. Mandi air hangat sebelum tidur

    Air hangat mampu membuat tubuh merasa mengantuk dan santai. Anda juga dapat menambahkan aromaterapi tertentu pada air seperti lavender. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aroma semacam ini mampu meningkatkan rasa nyaman. Di samping itu, Anda dapat menaruh aromaterapi di kamar Anda.

  5. Melakukan olahraga ringan secara teratur

    Olahraga ini dapat Anda lakukan 3-4 jam sebelum tidur sehingga Anda dapat merasa nyaman ketika tidur.

  6. Mematikan televisi dan komputer minimal satu jam sebelum tidur

    Hal ini dapat menurunkan rasa stres dibandingkan ketika harus berhadapan dengan komputer atau televisi.

  7. Melakukan yoga atau meditasi

    Teknik seperti ini dapat membantu menormalkan siklus tidur. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh ketenangan.

  8. Tidak minum dan makan setelah pukul 8 malam agar tidur malam menjadi lebih efektif.
  9. Mengunjungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut

    Anda dapat melakukan langkah terakhir ini jika telah mencoba semua tips di atas.

Semoga tips mengatasi insomnia di atas dapat bermanfaat….



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *