Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mengatasi dan Mencegah Timbulnya Bau Pada Sepatu

informasitips.com – Masalah bau busuk pada sepatu memang sering dialami orang. Tak dipungkiri, kondisi tersebut bisa membuat si pemilik sepatu merasa malu dan khawatir kalau-kalau bau kurang sedap dari sepatunya akan tercium orang lain, apalagi saat ia terpaksa harus melepaskan sepatunya di depan orang banyak. Tapi tenang, masalah tersebut bisa diatasi kok. Asalkan tahu penyebabnya, kamu juga akan tahu bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan bau yang sangat mengganggu itu.

Sebenarnya, apa sih penyebab sepatu sampai mengeluarkan bau yang tidak sedap? Penyebab bau pada sepatu adalah timbulnya bakteri yang dapat mengeluarkan aroma busuk. Sepatu terbuat dari bahan material sintetis, sol karet dan bahan plastik. Bahan sintetis tersebut menutup sirkulasi udara di sepatu sehingga kaki jadi tidak bisa bernafas. Hasilnya, kaki akan menjadi berkeringat, basah dan lembab. Kondisi kaki yang basah dan lembab tersebut menjadi media yang baik dan sarang tumbuh suburnya bakteri penyebab bau busuk. Jenis bakteri penyebab bau busuk tersebut adalah bakteri brevibakteria yang suka hidup di lingkungan yang lembab, basah, dan gelap. Brevibakteria biasanya aktif pada bagian telapak kaki dan jari-jari kaki.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau busuk pada sepatu? Untuk menghilangkannya memang dibutuhkan perhatian dan perawatan ekstra. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Simak beberapa tips berikut ini :

  1. Cucilah sepatu dengan baik. Cuci dengan bersih dan secara menyeluruh, jangan hanya bagian luar atau bawahnya saja. Cara mencucinya, gunakan deterjen/sabun dan pemutih, lalu cucilah sepatu dengan cara menggosoknya dengan sikat dari bagian dalam ke luar, setelah itu jemur di bawah sinar matahari.

  2. Gunakan baking soda untuk menghilangkan bau sepatu. Baking soda terbukti merupakan bahan yang dapat menyerap bau sepatu. Caranya, taburkan sedikit baking soda kedalam sepatu, biarkan dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan sepatu dari baking soda, dan otomatis bau tak sedap dari sepatumu tak akan tercium lagi.

    Namun, penggunaan baking soda untuk menghilangkan bau sepatu ini sebaiknya tidak diterapkan untuk jenis sepatu yang terbuat dari bahan kulit, karena pemakaian baking soda secara terus menerus pada bahan kulit dapat membuat sepatu menjadi rusak.

    Sepatu bau

  3. Cara lain yang cukup efektif untuk menghilangkan aroma tak sedap sepatu adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Aroma menyegarkan dari kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau busuk sepatu. Caranya, letakkan kulit jeruk di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, kamu akan mendapati bau busuk dari sepatu sudah tak tercium lagi.
  4. Kamu juga bisa menggunakan penyemprot desinfektan dan pewangi yang khusus diperuntukkan untuk menghilangkan masalah bau pada sepatu.
  5. Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu penyebab sepatu bau adalah kaki yang bau. Bila memang kamu memiliki masalah kaki bau, kamu bisa mengatasinya dengan cara mencuci kaki dengan bersih dengan menggunakan sabun. Lalu, semprotkan antiperspirant ke kaki. Antiperspirant merupakan bahan yang dapat mengurangi keringat berlebih penyebab timbulnya kondisi lembab yang bisa menimbulkan bau.

    Selain menggunakan antipersiparant, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau pada kaki, yaitu :

    Teh hijau
    Rendam kaki dalam air teh hijau dingin (sekitar 5 kantung teh celup hijau) selama kurang lebih 30 menit setiap hari selama satu minggu. Tanin dalam teh hijau dapat mengeringkan kaki, mengurangi keringat dan bau pada kaki.

    Garam
    Rendam kaki dalam air larutan garam. Setelah selesai, jangan bilas kaki tapi biarkan sampai kering saja.

    Cuka
    Rendam kaki kedalam larutan air-cuka (1/4 liter air +½ cangkir cuka). Bisa juga menggunakan cuka apel. Rendam kaki di larutan air-cuka apel (1 liter air hangat + 1/3 cangkir cuka apel).

  6. Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk menghilangkan bau sepatu adalah memasukkan sepatu kedalam kantung plastik, dan selanjutnya diletakkan di dalam lemari es semalaman. Keesokan harinya, keluarkan sepatu dari plastik dan jemur di bawah sinar matahari. Untuk cara ini sebaiknya dilakukan di kulkas atau lemari pendingin khusus agar tidak bercampur dengan bahan-bahan makanan lainnya. Jika memang tidak memiliki lemari pendingin khusus, sebaiknya lakukan cara-cara lain yang sudah disebutkan di atas.

Cara mencegah timbulnya bau busuk pada sepatu
Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya bau pada sepatu adalah :

  • Saat hendak memakai sepatu, pastikan kondisi kaki dan sepatu dalam keadaan bersih dan kering.

  • Hindari pemakaian kaos kaki yang kotor, basah dan lembab. Kaos kaki lembab, basah dan sudah kotor tentunya akan menjadi tempat tumbuh suburnya bakteri yang bisa mengeluarkan bau tak sedap.
  • Hindari menyimpan sepatu lembab di ruangan tertutup. Sepatu yang basah karena habis dicuci atau kena air karena kehujanan sebaiknya dijemur dan dikeringkan di udara terbuka terlebih dahulu.
  • Ada baiknya untuk tidak selalu memakai sepatu dengan model yang tertutup. Sesekali gunakan alas kaki lain misalnya sandal atau jenis sepatu yang ujungnya terbuka agar sirkulasi udara lebih baik dan kaki bisa bernafas.
  • Hindari pula penggunaan sepatu yang terlalu sempit karena bisa membuat kaki lebih berkeringat akibat tidak bisa bernafas dengan baik.
  • Sebaiknya gunakan jenis kaos kaki yang tipis daripada yang tebal, karena kaos kaki tipis lebih memungkinkan kaki untuk bisa bernafas dengan baik.
  • Ganti sepatu, jangan terlalu sering memakai sepatu yang sama secara terus-menerus setiap hari.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *