Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

informasitips.com – Mencuci tangan adalah suatu kegiatan membersihkan tangan mulai dari membersihkan jari-jari tangan, punggung tangan dan telapak tangan dari kotoran yang terlihat maupun yang tidak terlihat agar tangan terbebas dari kuman penyakit, menjadikan tangan bersih dan harum. Mencuci tangan merupakan kegiatan yang terlihat sederhana untuk dilakukan namun sebenarnya bermanfaat besar untuk kesehatan. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membasmi atau membunuh kuman-kuman yang tidak kasat mata pada tangan Anda. Kuman-kuman tersebut akan memberikan pengaruh negatif bagi kesehatan Anda nantinya. Hal tersebut didukung oleh US Centers for Disease Control and Prevention yang mengatakan bahwa mencuci tangan merupakan salah satu cara yang paling penting untuk mencegah penyebaran penyakit. Mencuci tangan akan membantu Anda menghindarkan diri dari resiko penyakit seperti penyakit diare, penyakit cacingan, penyakit TBC, SARS, penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) , penyakit flu burung (H5N1), dan flubabi (H1N1).

Meskipun sederhana, namun tidak semua orang sering melakukannya. Sebagian orang mencuci tangan hanya ketika ia merasa tangannya kotor. Jika tidak terlihat kotor, mereka tidak mencuci tangan. Hal tersebut sebenarnya keliru, meskipun tangan tidak terlihat kotor, namun sebenarnya ada kuman-kuman kecil yang tidak kasat mata sedang berkembang biak di tangan Anda. Ini yang seringkali tidak disadari sebagian orang tentang bahaya yang sedang mengancam kesehatan mereka. Kuman-kuman yang ukurannya sangat kecil bertebaran di mana saja dan tanpa Anda sadari kuman-kuman tersebut bisa menempel di tangan Anda.

Ketika kuman-kuman berbahaya menempel di tangan, ia bisa ikut masuk ke dalam tubuh Anda dan berkembang di dalamnya. Ini disebabkan karena tangan merupakan mediator untuk memasukkan makanan ke dalam mulut dan lalu makanan yang telah terkontaminasi dengan kuman-kuman di tangan Anda ikut terbawa ke dalam mulut, lalu berkembang biak di organ-organ tubuh bagian dalam.
Karena aktivitas tangan termasuk aktivitas yang paling sibuk setelah otak, maka potensi kuman-kuman melekat di tangan akan semakin besar. Anjuran kesehatan menyarankan agar Anda melakukan cuci tangan sesering mungkin apabila memegang barang-barang tertentu yang sering dipergunakan oleh banyak orang.

Adapun kuman-kuman dan virus yang bisa menyerang tubuh Anda antara lain seperti kuman e-coli, kuman salmonella, staphylococcal, cytomegalovirus, hepatitis A, amebiasis, Epstein-barr, typhoid, respiratory sincytial virus (RSV), dan giardiasis. Kuman-kuman dan virus-virus tersebut jika bersarang dalam tubuh dalam jangka watu yang lama akan melumpuhkan kesehatan Anda terutama kesehatan pencernaan dan kesehatan pernafasan. Kuman dan virus tersebut bahkan bisa berujung pada kematian bila terus dibiarkan.


Tata Cara Menuci Tangan yang Baik dan Benar
Mencuci tangan yang baik dan benar ada tata caranya tersendiri. Bukan hanya sekedar membasahi tangan saja, namun ada tata cara yang dianjurkan oleh ahli kesehatan agar kegiatan cuci tangan membawa manfaat yang lebih baik untuk tubuh Anda. Berikut adalah tata cara cuci tangan yang baik dan benar sebagai pedoman untuk Anda lakukan:

  • Mencuci tangan yang baik dan benar pertama kali adalah menggunakan sabun dan di bawah air yang mengalir.

    Basahi tangan Anda meliputi punggung tangan, telapak tangan dan jari-jari tangan di bawah air bersih yang mengalir dari kran atau pancuran air.

    Ambil sabun cair atau sabun batangan secukupnya untuk seluruh tangan Anda. Akan lebih baik jika sabun yang digunakan adalah sabun antiseptic untuk membunuh kuman.

  • Gosokkan sabun yang berbusa pada telapak tangan, punggung tangan dan jari- jari Anda. Jangan lupa, sela-sela jari juga tidak boleh luput untuk Anda bersihkan.

    Cara yang direkomendasikan adalah menggosokkan sabun antara telapak tangan kanan dengan telapak tangan kiri. Selanjutnya meletakkan telapak tangan kanan Anda di atas punggung tangan kiri Anda. Lalu gosok-gosokkan jari-jari tangan kanan Anda tepat di sela-sela jari-jari tangan kiri Anda. Lakukan secara bergantian. Gosokkan pula kedua telapak dan sela–sela jari tangan Anda. Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci.

  • Gosok dan usapkan ibu jari (jempol) tangan kanan dengan tangan kiri dengan gerakan memutar. Lakukan hal yang sama secara bergantian untuk ibu jari tangan kiri.
  • Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak tangan kanan. Lakukan juga sebaliknya untuk jari-jari tangan kanan Anda.
  • Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan gosok dengan gerakan memutar 180 derajat. Lakukan pula untuk tangan kiri secara bergantian.
  • Bersihkan busa sabun yang melumuri seluruh tangan Anda dengan membasuhnya di bawah air yang mengalir.
  • Keringkan tangan dengan handuk, kain bersih, atau kertas tissue.

Untuk lebih jelasnya, mengenai cara yang benar dalam mencuci tangan, Anda bisa melihat gambar di bawah ini :
Mencuci tangan yang baik, benar dan higienis

Waktu yang Tepat Untuk Mencuci Tangan
Meskipun ahli kesehatan menganjurkan untuk mencuci tangan sesering mungkin, bukan berarti Anda harus mencuci tangan sepanjang waktu. Ada saat-saat yang memang diharuskan untuk Anda mencuci tangan agar mengurangi resiko penyebaran kuman dan virus penyakit. Adapaun waktu-waktu yang diharuskan tersebut anatara lain adalah:

  • Sebelum mempersiapkan dan menyantap makanan
    Mempersiapkan makanan harus dengan menggunakan tangan yang steril atau bebas dari ancaman kuman dan virus penyakit. Begitu pula ketika akan menyantap makanan, tentu saja tangan Anda harus benar-benar bersih agar kuman dan virus tidak ikut masuk tertelan ke dalam tubuh.

  • Sebelum dan sesudah menggunakan contact lense
    Contact lense adalah benda kecil yang dipasang dengan cara menempelkan contact lense dengan menggunakan ujung jari pada bola mata. Mata adalah area sensitif dan sangat mudah terkontaminasi kuman-kuman dari tangan Anda.

  • Sebelum mengobati luka
    Luka terbuka akan berpeluang besar terinfeksi oleh kuman. Maka dari itu, tangan Anda harus dipastikan benar-benar bersih saat Anda mengobati luka. Tangan yang kotor akan meninggalkan kuman dan menyebabkan infeksi pada luka.

  • Setelah menggunakan toilet pribadi/umum
    Meskipun sifatnya toilet pribadi, namun yang namanya toilet adalah sarang berkumpulnya kuman. Apalagi bila itu toilet umum, sudah pasti kuman-kuman akan lebih banyak. Jadi, jangan lupa untuk tetap mencuci tangan setelah menggunakan toilet pribadi/umum.

  • Setelah menyentuh binatang
    Binatang adalah makhluk bebas yang kehidupannya bisa bercampur dengan apa saja. Tubuhnya akan berkemungkinan besar terkontaminasi segala macam kuman dan virus. Meskipun Anda mengakui bahwa itu adalah binatang peliharaan Anda, namun potensial menyimpan kuman dalam tubuh hewan tetap ada. Untuk mengantisipasi penularannya cuci tangan Anda setelah bermain atau menyentuh binatang.

  • Setelah mengurus sampah
    Sampah merupakan benda yang telah habis sifat kegunaannya/fungsinya. Biasanya sampah dibiarkan berserak di sembarang tempat. Sampah-sampah tentu saja sudah bisa dipastikan mengandung banyak kuman, terlebih lagi sampah basah. Oleh sebab itu, Anda diharuskan untuk mencuci tangan setiap kali tangan Anda bersentuhan dengan sampah-sampah.

  • Sebelum dan sesudah mengganti popok
    Mengganti popok bayi sangat dianjurkan dengan tangan yang bersih. Bayi sangat rentan tertular segala jenis kuman dan virus. Kekebalan tubuh yang dimilikinya pun belum tentu sanggup melawan kuman-kuman yang masuk di dalam tubuhnya. Untuk mengantisipasi kerugian tersebut, sudah seharusnya Anda mencuci tangan sebersih-bersihnya sebelum dan seesudah mengganti popok anak Anda.

  • Setelah bersin atau batuk
    Ketika Anda bersin atau batuk, tanpa disadari Anda telah menebarkan ribuan kuman-kuman dan virus-virus kecil kecil yang tidak kasat mata. Biasanya ketika Anda batuk atau bersin, Anda akan menutup mulut dengan telapak tangan Anda. Kuman-kuman dan virus-virus akan menempel pada telapak tangan Anda ketika Anda menutup mulut dengan telapak tangan tersebut. Jika tidak segera dicuci, kuman akan berkembang biak dan bermutasi ke dalam tubuh Anda.

  • Ketika merawat orang sakit
    Orang sakit sudah pasti tubuhnya tengah terserang suatu virus tertentu dan banyak kuman dalam tubuhnya. Anda yang merawat orang sakit akan berkemungkinan besar tertular penyakitnya apabila tidak peka dengan kesehatan Anda sendiri. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengurus orang yang sakit agar Anda berkemungkinan kecil tertular penyakit yang sama.

Tips Agar Tangan tetap Lembut Setelah Mencuci Tangan
Mencuci tangan memang baik untuk kesehatan. Namun sebagian orang akan mengalami kulit tangannya menjadi sedikit kasar setelah sering bersentuhan dengan sabun. Ikuti tips berikut agar terhindar dari kondisi kulit kering sehabis mencuci tangan.

  • Gunakan air yang bersih.
  • Keringkan dengan kain handuk lembut atau kertas tissue yang kering.
    Jangan mengusap tangan Anda kuat-kuat dengan handuk atau tissue. Ini akan menyebabkan terangkatnya lapisan kulit tipis Anda. Cukup tepuk-tepukkan saja handuk atau tissue pada tangan yang basah.

  • Gunakan body lotion.
    Setelah tangan benar-benar kering, usapkan body lotion sebagai pelembabnya. Ini akan menjaga agar kulit Anda tetap terjaga kelembabannya.

Semoga bermanfaat :-)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih