Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Memilih Yogurt yang Baik dan Menyehatkan

informasitips.com – Yogurt merupakan produk fermentasi yang berasal dari susu dan difermentasi oleh bakteri baik. Yogurt diketahui sebagai produk makanan fermentasi tertua dan banyak dikenal di berbagai belahan dunia. Kata yogurt sendiri berasal dari bahasa Turki yang berarti susu yang menebal, karena adanya perubahan tekstur yang terjadi saat susu difermentasi, yaitu semakin mengental. Rasa asam yang Kamu jumpai saat mengonsumsi yogurt berasal dari asam laktat yang merupakan produk sampingan hasil fermentasi. Asam laktat tersebut juga bertindak sebagai pengawet, makanya yogurt itu bisa bertahan cukup lama ketimbang susu itu sendiri.

Akhir-akhir ini hampir di setiap pusat perbelanjaan dapat kita jumpai stand khusus yang menjual produk yogurt. Khasiatnya dalam menyediakan probiotik (bakteri baik) membuat banyak orang terpesona. Tetapi jangan sampai salah memilih yogurt, alih-alih ingin sehat malah akan menghapus manfaat bakteri baik yang kemudian membuat kita berisiko mengalami diabetes. Loh, kenapa diabetes? Karena ada produk yogurt yang ditambahkan glukosa dalam jumlah yang cukup besar, sehingga dapat berbahaya bagi mereka yang memiliki resiko tinggi terhadap diabetes. Penambahan glukosa umumnya untuk alasan rasa. Kandungan glukosa yang tinggi bahkan bisa menyamai kandungan glukosa dalam permen, itulah sebabnya mengapa di Amerika Serikat yogurt yang tidak sehat tersebut kerap disebut permen cair. Oleh karena itu, jangan sembarangan memilih Yogurt yang banyak beredar di pasaran, berikut ini beberapa panduan yang bisa Kamu gunakan untuk memilih yogurt yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan:

Cara Memilih Yogurt

  • Perhatikan kalorinya: Yogurt bisa menjadi senjata buat Kamu yang ingin merampingkan pinggang, namun bisa juga sebaliknya. Kuncinya terletak pada jumlah kalori yang terkandunga di dalam produk yogurt, karena sejumlah itulah kalori akan masuk ke dalam tubuh ketika Kamu menikmatinya. Tips yang bisa Kamu gunakan adalah dalam satu penyajian, yogurt hendaknya mengandung tidak lebih dari 200 kalori. Informasi tersebut bisa Kamu dapatkan pada kemasan produk yogurt yang ingin Kamu beli.
  • Perhatikan lemaknya: Nah, ini yang banyak menjadi perhatian bagi mereka yang tengah menjalankan program diet, yaitu kandungan lemak di dalam yogurt. Takaran amannya adalah 4 gram, karena jumlah tersebut menunjukkan bahwa sumber lemaknya hanya dari susu. Jika Kamu menemukan jumlah lemaknya lebih dari itu, artinya adalah sumber lemak yang ada did ala produk yogurt didapat dari bahan makanan yang memiliki lemak jenuh yang berbahaya bagi jantung.
  • Perhatikan gulanya: Bahkan yogurt yang plain-pun ditambahi dengan gula, karena bahan baku susu yang digunakan dalam pembuatan yogurt umumnya membutuhkan 12 gram gula per mangkuk. Jika yang plain saja seperti itu, maka bisa dibayangkan kandungan gula dalam yogurt yang dibuat untuk memiliki sensasi rasa tertentu, sudah bisa dipastikan gulanya cukup tinggi. Perlu Kamu ketahui bahwa dalam satu hari, rata-rata perempuan membutuhkan 40 gram gula. Agar man dari bahaya gula, maka jauhi produk-produk makanan atau minuman yang menggunakan fructose corn syrup sebagai pemanis buatan, karena bisa membuat pinggang kita melebar dan berisiko mengalami diabetes.
  • Perhatikan proteinnya: Protein merupakan nutrisi yang diidam-idamkan bagi mereka yang ingin dietnya berhasil, karena itu jangan pernah lupa untuk melihat kandungannya dalam setiap makanan atau minuman kita. Idealnya dalam sebuah produk yogurt, protein yang harus ada adalah 6 gram, agar tidak kalah bersaing dengan gula atau pemanis buatan yang ditambahkan.

Nah, mudah bukan untuk memilih produk yogurt yang menyehatkan? Selamat mencoba…..



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: