Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Membuka Situs yang Error atau Situs yang Tidak Aktif lagi

informasitips.com – Pernahkah Kamu mengunjungi sebuah situs namun ternyata situs tersebut tidak mau terbuka alias error? Atau mungkin Kamu ingin melihat lagi suatu situs favorit Kamu namun ternyata situs tersebut sudah tidak aktif lagi? Jika Kamu mengalami situasi seperti itu, maka Kamu tidak perlu khawatir, karena di artikel ini Kami ingin membahas baimana caranya untuk melihat situs yang sedang error atau situs yang sudah tidak aktif lagi.

  1. Menggunakan Google Cache (Google Tembolok)

    Google memiliki mekanisme untuk membuat sebuah dokumen yang merupakan duplikat dari suatu situs atau halaman suatu situs yang diindeksnya, dan itu disebut cache atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan Tembolok. Setiap situs atau halaman suatu situs akan memiliki dokumen Google cache (Tembolok) yang akan diciptakan setelah situs atau halaman situs tersebut diindeks oleh Google. Sebagai sebuah contoh, Kamu tetap dapat mengunjungi situs informasitips.com ini jika Kami sedang bermasalah dengan server Kami atau sedang down dengan mengakses dokumen Google cache (Tembolok) dari informasitips.com seperti terlihat pada gambar berikut:

    Sekarang untuk membuka dokumen cache dari sebuah situs Kamu harus meng-hover (menyorot) link hasil pencarian di Google Search Result lalu meng-klik tanda panah untuk melihat preview dari situs tersebut, di preview itu lah Kamu akan menemui link dari dokumen Google cache untuk situs tersebut.

    Ada cara yang lebih cepat untuk mengakses dokumen Google cache dari suatu situs, yaitu dengan menulis cache:informasitips.com (misalnya) di kotak penelusuran Google (lihat gambar).

  2. Menggunakan Coral CDN

    Dengan Coral CDN Kamu bisa mengakses suatu situs yang sedang down lantaran trafiknya yang sangat tinggi. Cara menggunakannya sangat mudah, Kamu cukup menambahkan .nyud.net di belakang nama domain yang ingin Kamu akses, contoh untuk mengakses informasitips.com yang sedang down Kamu cukup mengetikkan informasitips.com.nyud.net di address bar browser yang Kamu gunakan (lihat gambar)

    Cara lainnya dalah dengan mengunjungi situs Coral CDN langsung, yang beralamat di www.coralcdn.org, lalu ketikkan alamat url situs yang ingin Kamu akses pada kotak yang telah disediakan (lihat gambar)

  3. Menggunakan Waybackmachine.org

    Dengan cara ini Kamu tidak hanya bisa mengakses situs yang sedang down atau error saja, tetapi Kamu juga bisa mengakses situs yang sudah tidak aktif lagi. Waybackmachine.org mengarsipkan situs apapun yang pernah beroperasi di jagat internet.

    Setelah Kamu mengetikkan alamat situs yang ingin Kamu akses, maka Kamu selanjutnya akan dibawa ke urutan waktu (dengan view seperti kalender)dimana waybackmachine memiliki arsip (disebut snapshot) dari situs yang ingin Kamu kunjungi. Ini dia tampilan informasitips.com di bulan Juli 2010, Kami mengambil screenshot tampilan ini dari waybackmachine.org

Selain ketiga cara tersebut, Kamu juga bisa menggunakan cara lain yang sebenarnya memanfaatkan ketiga cara yang telah dijelaskan di atas, seperti menggunakan browser extension, contohnya adalah addon Mozilla Firefox yaitu Resurrect Pages yang membuat halaman error di Mozilla tetap bisa ditampilkan seperti sebelumnya (pada saat tidak error), jika Kamu pengguna Chrome Kamu bisa menggunakan extension Web Cache. Selain dengan browser extension, Kamu juga bisa menggunakan Bookmarklets. Bookmarklets menyerupai browser extension, hanya saja Bookmarklets tidak terbatas hanya untuk browser tertentu, bahkan Kamu bisa menggunakannya untuk browser Internet Explorer. Hanya saja baik itu Google cache, Coral CDN dan WaybackMachine.org memiliki bookmarklet yang berbeda-beda. Kamu bisa mendownload Bookmarklets di link berikut ini:

http://ostermiller.org/bookmarklets/cache.html



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: