Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

informasitips.com – Telinga kita selalu mengeluarkan cairan khusus yang berfungsi menghalangi debu dan kotoran yang akan masuk ke telinga sehingga mudah kotor. Kita semestinya menjaga kebersihan telinga dengan menghilangkan kotoran tersebut. Karena terdiri dari alat-alat penting yang berfungsi untuk mendengarkan, maka cara membersihkannya tidak dapat dilakukan sembarangan. Ikuti langkah berikut ini agar Anda tidak salah dalam membersihkan telinga yang bisa berakibat fatal.

Cara yang benar untuk membersihkan telinga:

    Cara benar membersihkan telinga
  • Siapkan alat pembersih yang lunak seperti cotton bud. Hindari alat pembersih yang tajam seperti lidi, besi, dan kayu. Alat pembersih yang tajam tersebut dapat melukai gendang telinga. Perhatikan kebersihan alat yang digunakan. Jangan sampai niat membersihkan justru terkena kuman karena alat yang kotor.

  • Anda dapat meneteskan baby oil atau pelumas steril yang lain ke lubang telinga sebelum membersihkannya. Gunakan pipet untuk meneteskan 2-3 tetes baby oil. Pelumas berfungsi melunakan kerak kotoran yang membandel.
  • Bersihkan mulai dari dalam ke luar (daun telinga) agar kotoran dari luar tidak masuk. Jika cotton bud sudah kotor, ganti dengan yang baru untuk membersihkan daun telinga. Sebaiknya gunakan cotton bud yang berbeda untuk telinga kanan dan kiri.
  • Jika Anda sering menggunakan headset atau headphone, maka dianjurkan untuk membersihkan headset atau headphone secara teratur pula agar kuman tidak masuk ke telinga. Caranya, celupkan kain ke dalam air hangat kemudian usap bagian luar headphone Anda.
  • Anda juga dapat membersihkan telinga dengan cara memasukkan air hangat ke dalam telinga, lalu sumbat dengan kapas. Setelah itu putar telinga agar kotoran yang menempel dapat terangkat. Cara ini cukup aman karena dapat dipastikan tidak merusak gendang telinga.

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan:

  • Membersihkan telinga terlalu dalam. Cara ini dapat merusak gendang telinga yang tipis atau organ penting lainnya.
  • Jangan bersihkan telinga dari luar ke liang telinga. Hal ini bertujuan agar kotoran tidak masuk ke gendang telinga.
  • Jangan terlalu sering membersihkan telinga karena dapat meningkatkan produksi minyak yang berada di sepertiga telinga bagian luar. Cukup bersihkan telinga sekali dalam seminggu.
  • Hindari alat pembersih telinga yang runcing. Pilihlah alat yang lunak atau bersihkan dengan memasukkan air hangat.
  • Hindari suara dengan volume yang terlalu keras. Suara keras dapat menyebabkan telinga sakit dan merusak gendang telinga.
  • Sebaiknya hindari memasukkan air dingin atau terlalu panas ke dalam rongga telinga karena hal ini dapat menyebabkan vertigo.

Nah, sekarang Anda tahu cara yang baik dan benar untuk memebrsihkan telinga bukan? Cobalah cara di atas dengan hati-hati agar tidak menimbulkan luka. Perlukaan pada telinga dapat berakibat fatal seperti kerusakan organ. Namun, membiarkannya kotor juga bukan pilihan yang baik karena akan mendatangkan berbagai penyakit.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: