Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Membersihkan Noda Membandel pada Karpet Kesayangan

informasitips.com – Insiden-insiden ringan seringkali terjadi di dalam rumah dan menyebabkan rusak atau kotornya bagian atau barang tertentu. Hal ini tentu cukup menjengkelkan apabila bagian atau barang yang rusak dan kotor merupakan salah satu barang favorit kita. Untuk mengembalikan barang tersebut menjadi seperti semula, kita bisa saja menyewa jasa pihak tertentu yang memiliki keahlian di bidang terkait. Hanya saja, biaya yang harus kita keluarkan mungkin akan mencapai angka yang cukup memberatkan. Oleh karena itu, mempelajari bagaimana mengatasi masalah-masalah seperti ini sendiri tentu akan sangat membantu kita dalam meminimalisir biaya pembersihan atau perbaikan.

Salah satu bagian di dalam rumah yang cukup sering bermasalah dengan kotoran atau noda adalah karpet. Walaupun sebagian besar produsen karpet telah mengklaim bahwa produk mereka tahan terhadap noda dan sangat mudah untuk dibersihkan, tetap saja ada beberapa jenis noda yang dikenal sebagai musuh bebuyutan dari karpet itu sendiri. Sebagai akibatnya, noda yang nampak adalah noda membandel sehingga keindahan dan kebersihan karpet menjadi berkurang. Berikut tips yang dapat kita lakukan untuk mengatasi noda membandel pada karpet.

Membersihkan Noda pada Karpet

  • Perhatikan jenis noda pada karpet. Noda yang timbul pada karpet bergantung pada materi apa yag tumpah di atasnya. Yang paling sering terjadi adalah noda yang diakibatkan oleh tumpahan soft drink, kopi, es krim, abu rokok, minuman beralkohol dan banyak lagi. Hal ini penting untuk mengetahui tindakan apa yang perlu dilakukan untuk menghilangkan noda yang ditimbulkan.
  • Bersihkan noda sesegera mungkin. Anda pasti mengetahui bahwa semakin lama noda dibiarkan maka ia akan semakin menempel pada karpet anda. Gunakan kain lap basah untuk membersihkan noda yang ada. Jika berupa cairan, sebelumnya kita dapat menggunakan spon untuk menyerap cairan tersebut. Yang perlu diingat, jangan membersihkan noda dengan cara mengusap area yang kotor karena beresiko semakin melebarnya kotoran yang timbul. Cukup tekan perlahan area tersebut dengan kain basah hingga kering dan bersih.
  • Larutan amoniak untuk noda soft drink. Untuk noda yang ditimbulkan oleh tumpahnya soft drink atau minuman kola, kita dapat menggunakan larutan amoniak dengan mencampur sekitar 1 sendok makan amoniak dicampur dengan air sebanyak 150 cc. Semprotkan larutan tersebut secara seksama pada bagian yang terkena noda kemudian keringkan setelah menunggu beberapa saat. Setelah kering, tuangkan ½ sendok makan sabun cuci piring kemudian gosok perlahan. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan sampai benar-benar kering.
  • Larutan cuka untuk noda kopi. Untuk noda yang ditimbulkan oleh kopi yang tumpah, kita dapat menggunakan larutan cuka yang dicampur air dengan perbandingan 1 bagian cuka dibanding 2 bagian air. Cara yang dilakukan hampir sama dengan cara di atas. Yang berbeda adalah pada proses pengeringan akhir, kita dapat menggunakan kain yang diletakkan pada bagian yang basah setelah proses pembersihan. Kain tersebut ditindih dan dibiarkan sampai karpet benar-benar kering.
  • Alkohol 70% untuk noda es krim. Untuk noda yang ditimbulkan oleh tumpahan es krim, kita dapat menggunkan alkohol 70% untuk membersihkannya. Caranya masih sama dengan cara di atas. Yang penting untuk diperhatikan adalah menghindari melakukan gerakan kasar dan memutar ketika mengoleskan alkohol karena tindakan ini dapat merusak tekstur karpet.

Nah, sekarang kita telah mempelajari cara membersihkan noda membandel pada karpet kesayangan di rumah. Semoga tips di atas berguna bagi Anda!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: