Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Make Up Wajah untuk Sehari-hari dan Ke Pesta

informasitips.com – Wanita sangat lekat dengan yang namanya “make up“. Apapun profesinya, wanita umumnya selalu menggunakan make up, baik untuk aktivitas sehari-hari seperti bekerja, jalan-jalan, shopping, maupun untuk riasan ke acara-acara resmi seperti ke pesta.

Wanita membutuhkan make up untuk menunjang penampilannya agar terlihat semakin cantik dan menarik. Namun, ada kalanya make up yang digunakan terlihat tidak pas dan berlebihan, bahkan ada juga yang terlihat aneh, dan justru menutupi kecantikan alami wajah.

Hal tersebut bisa disebabkan karena kurangnya pengetahuan wanita dalam mengaplikasikan tata rias wajah yang pas dan sesuai untuknya.

Misalnya, ada yang menggunakan make up dandanan ke pesta saat melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu kurang pas, karena riasan wajah sehari-hari jadi terlihat menor dan berat.

Hal yang sebaliknya juga bisa terjadi, misalnya saat ke pesta malah menggunakan make up untuk riasan wajah sehari-hari. Hasilnya, dandanan wajah ke pesta terlihat terlalu sederhana dan “kalah” dengan baju atau busana yang digunakan. Lagi-lagi, ini juga tidak pas karena cara make up sehari-hari dan ke pesta tentu saja berbeda.

Oleh karena itulah, sangat penting bagi para wanita untuk mengetahui tips dan cara-cara dalam ber-make up yang benar agar bisa menghasilkan riasan wajah yang pas dan mampu menonjolkan kecantikan alami wajah.

Berikut tips dan cara make up untuk aktivitas sehari-hari dan ke pesta:

1. Make up untuk aktivitas sehari-hari
Dandanan atau tata rias wajah untuk aktivitas sehari-hari pada prinsipnya adalah lebih ke nuansa yang natural. Dan, salah satu tips make up natural adalah memakai make up yang ringan dan simple.

Sebaiknya, hindari menggunakan make up yang berat untuk aktivitas sehari-hari, seperti saat bekerja, shopping, jalan-jalan, dan lain sebagainya, agar tidak memberikan kesan yang menor dan “terlalu berlebihan” pada wajah.

  • Make up Wajah
    Cara make up wajah untuk dandanan sehari-hari adalah, pertama-tama, sebelum menggunakan make up, bersihkan wajah terlebih dahulu, baru kemudian menggunakan pelembab. Bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan ber-AC, sangat disarankan untuk menggunakan pelembab agar kulit tidak mudah kering.

    Setelah itu, gunakan juga foundation. Pilihlah warna foundation yang senada dengan kulit. Sebaiknya, pilihlah jenis foundation cair. Selain lebih praktis dan mudah digunakan, foundation cair juga lebih bisa menciptakan kesan natural di wajah.

    Ingat, bahwa dandanan wajah untuk menunjang aktivitas sehari-hari adalah yang berkesan simple dan natural, namun tetap terlihat anggun dan cantik. Selanjutnya, ratakan foundation dengan jari-jari tangan. Cukup satu kali olesan saja, jangan terlalu tebal.

    Tips dan Cara Make Up untuk dandanan sehari-hari dan ke pesta

    Untuk bedak, sebaiknya pilih bedak yang warnanya lebih muda dari kulit agar kesannya lebih ringan. Untuk wajah berminyak, disarankan untuk menggunakan bedak tabur saja.

  • Make up Mata
    Cara make up sehari-hari untuk mata adalah tetap mempertahankan konsep yang alami atau natural. Anda boleh menggunakan riasan pada mata, namun sebaiknya tidak terlalu berat.

    Pertama-tama, gunakan eye shadow pada kelopak mata. Untuk eye shadow, pilihlah eye shadow warna coklat. Selain hasilnya terlihat lebih alami, eye shadow coklat juga akan tampak lebih bagus dan tidak terkesan menor.

    Untuk menyamarkan atau menutupi lingkar hitam di bawah mata, gunakanlah concealer. Pilihlah concealer lebih muda dari warna kulit. Ratakan concealer hingga benar-benar menyatu dengan riasan wajah yang digunakan.

    Selanjutnya, bingkai mata Anda dengan eye liner. Sebaiknya pilih jenis eye liner pensil saja agar hasilnya tidak terlalu tebal sehingga bisa menampilkan kesan yang lebih natural.

    Guanakan juga pensil alis untuk membentuk alis. Untuk dandanan sehari-hari, sebaiknya pilih pensil alis berwarna coklat, dan gunakan tipis, jangan terlalu tebal agar kesan alami dan naturalnya tetap terlihat.

    Terakhir, gunakan maskara. Untuk maskara, Anda bisa memilih ingin menggunakannya atau tidak. Jika ingin menggunakan maskara, sebaiknya jangan gunakan terlalu tebal, cukup satu atau dua sapuan saja.

    (Baca juga: Maskara, Jenis dan Tips Penggunaan Agar Riasan Mata Lebih Sempurna)

  • Make up Pipi
    Untuk make up pipi, gunakan blush on, dan pilihlah blush on dengan warna-warna muda yang lembut agar wajah terkesan merona alami dan segar.

    (Baca juga: Mengaplikasikan Blush-On Sesuai Bentuk Wajah)

  • Make up Bibir
    Cara make up sehari-hari untuk bibir adalah menggunakan lipstik dengan warna-warna muda yang lembut sesuai selera. Bagi Anda yang berkulit gelap, dapat menggunakan lipstik warna coklat muda dan pastel.

    Sementara bagi yang kulitnya lebih terang, dapat menggunakan warna beige, pink, dan merah bata. Oleskan tipis saja agar bibir terlihat lebih natural dan tidak menor.

    (Baca juga: Tips Dandan Agar Tidak Menor)

2. Make up untuk ke pesta
Cara make up untuk ke pesta dengan make up untuk dandanan sehari-hari tentu saja berbeda. Bila make up sehari-hari berusaha menampilkan kesan yang natural atau alami, maka make up untuk ke pesta atau acara-acara resmi lainnya boleh menggunakan riasan yang lebih berani dan lebih tebal.

Anda dapat menggunakan make up yang lebih berat dan glamour. Sebaiknya hindari menggunakan riasan wajah atau make up yang simple dan natural karena kurang pas dengan suasana pesta yang biasanya cenderung glamour, elegan, dan semarak.

  • Make up Wajah
    Cara make up wajah untuk ke pesta adalah, pertama-tama gunakan pelembab wajah terlebih dahulu, setelah wajah dibersihkan. Selanjutnya, gunakan foundation setidaknya dua warna, yaitu warna lebih muda dan lebih tua dari warna kulit, agar riasan wajah terlihat berbeda dari riasan wajah sehari-hari.

    Gunakan foundation merata di wajah sampai ke leher, terlebih bila Anda menggunakan busana pesta yang berleher rendah, maka area leher yang terlihat juga harus diberi foundation dan bedak agar warna kulit wajah dan leher terlihat sama.

    Anda dapat menggunakan jari-jari tangan atau spons khusus untuk meratakan foundation. Bila ingin lebih cepat dan hasilnya lebih merata, sebaiknya gunakan spons saja.

    Selanjutnya gunakan bedak di wajah. Untuk bedak ke acara pesta, dapat menggunakan bedak yang lebih tebal dari biasanya agar riasan wajah terlihat lebih sempurna.

  • Make up Mata
    Cara make up mata untuk ke pesta adalah, pertama-tama, gunakan eye shadow pada kelopak mata. Untuk eye shadow, gunakanlah warna-warna yang lebih berani dan sesuai dengan warna gaun atau busana pesta Anda agar penampilan Anda terlihat lebih menarik lagi.

    Anda bisa juga mengaplikasikan berbagai teknik rias eyeshadow pada mata. Misalnya, untuk teknik smoky eyes dapat menggunakan warna eye shadow yang bernuansa hitam dan abu-abu.

    (Baca juga: Cara Membuat Riasan Smoky Eyes Pada Mata)

    Untuk menyamarkan atau menutupi lingkar hitam di bawah mata, gunakanlah concealer. Pilihlah concealer lebih muda dari warna kulit. Concealaer juga dapat digunakan pada area lain di wajah untuk menutupi noda hitam, flek, dan bekas jerawat di wajah. Ratakan concealer hingga benar-benar menyatu dengan riasan wajah yang digunakan.

    Selanjutnya, bingkai mata Anda dengan menggunakan eye liner untuk memberikan kesan mata “lebih hidup”. Untuk dandanan ke pesta, Anda dapat menggunakan jenis eye liner cair agar hasil yang didapatkan lebih bagus.

    (Baca juga: Tips Tampil Cantik Lewat Riasan Mata)

    Jangan lupa juga untuk membentuk dan menebalkan alis. Anda dapat menggunakan pensil alis yang berwarna coklat atau hitam, namun sebaiknya jangan digunakan terlalu tebal. Lukis alis dengan pensil alis sedikit lebih tebal daripada biasanya (dandanan sehari-hari), namun jangan terlalu tebal karena terlihat tidak bagus.

    (Baca juga: Tips Membentuk Alis Mata yang Baik dan Benar)

    Untuk make up ke pesta, sebaiknya selalu gunakan maskara pada bulu mata untuk menciptakan kesan mata yang lebih indah. Maskara untuk riasan ke pesta dapat digunakan lebih tebal dari riasan make up sehari-hari. Gunakan maskara untuk memberi kesan bulu mata lebih tebal, lentik, dan panjang. Jika suka, bisa juga menggunakan bulu mata palsu.

    (Baca juga: Tips dan Cara Memakai Bulu Mata Palsu)

  • Make up Pipi
    Untuk pipi, gunakan blush on di pipi dengan perpaduan dua gradasi warna. Sapukan blush on warna lebih gelap di bawah tulang pipi, dan blush on warna lebih muda di atas tulang pipi. Teknik ini akan membantu menyamarkan bentuk pipi yang bulat dan gemuk (tembem).

    (Baca juga: Trik Make Up untuk Mengoreksi Pipi Tembem)

  • Make up Bibir
    Untuk bibir, Anda dapat menggunakan lipstik dengan warna yang lebih berani dan cerah. Bisa juga menggunakan lipgloss untuk memberi kesan glossy pada bibir. Anda dapat menggunakan lipstik warna merah karena warna ini termasuk warna lipstik yang bisa cocok disesuaikan dengan aneka warna baju/busana. Lipstik warna merah juga dapat memberikan kesan glamor dan elegan. Warna ini cocok digunakan untuk wanita yang berkulit terang maupun agak gelap.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara dan tips yang perlu diperhatikan dalam ber-make up. Selain harus disesuaikan dengan suasana dan aktivitas yang dijalani, sebaiknya juga memilih riasan dan tampilan yang membuat Anda merasa nyaman agar rasa percaya diri dan kecantikan Anda lebih terpancar lagi.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: