Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Latihan Pernafasan Diafragma dan Manfaatnya

informasitips.com – Esensi bernafas adalah mendapatkan oksigen. Jadi, pernafasan yang efektif adalah bernafas untuk memaksimalkan banyaknya oksigen yang dihirup. Menurut para ahli, teknik pernafasan yang efektif dan efisien adalah pernafasan diafragma. Pernafasan diafragma adalah teknik pernafasan yang menggunakan otot diafragma ketika menghirup udara lewat hidung dan menghembuskannya lewat mulut. Otot diafragma terletak di bawah tulang rusuk dan berbentuk seperti kubah atau ada juga yang mengatakannya seperti payung.

Cara Melatih Pernafasan Diafragma

– Cara yang pertama untuk melatih pernafasan diafragma adalah dengan cara berbaring. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan pernafasan diafragma, maka posisi berbaring adalah posisi yang paling tepat untuk memulai latihannya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

– Tubuh dibaringkan terlentang pada permukaan yang rata atau di atas tempat tidur Anda dengan lutut yang ditekuk dan kepala Anda ditopang. Anda bisa menggunakan bantal untuk menopang kepala dan menopang lutut Anda yang ditekuk. Satu tangan Anda diletakkan di dada bagian atas, dan satunya lagi di bawah tulang rusuk Anda (atau di otot diafragma). Dengan begitu, Anda bisa merasakan pergerakan dari otot diafragma Anda manakala Anda menghirup dan membuang nafas.

– Tarik nafas melalui hidung sehingga tangan Anda bisa merasakan gerakan perut Anda menggembung. Di saat yang sama, Anda juga bisa memastikan tangan Anda yang ada di dada tidak bergerak. Peletakkan tangan di dada dan di bawah tulang rusuk untuk memastikan bahwa saat Anda menghirup nafas Anda menggunakan otot diafragma ketimbang otot di leher Anda.

– Sebelum melepaskan nafas, pastikan perut Anda kencang atau otot-otot nya berkontraksi.

– Lepaskan nafas melalui mulut (bibir) sehingga Anda bisa merasakan pergerakan perut Anda ke arah dalam (bawah). Tangan Anda di dada harus memastikan bahwa dada tidak bergerak layaknya perut Anda.

Jika Anda sudah mahir melakukan pernafasan diafragma dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka selanjutnya Anda bisa melatihnya dengan cara duduk. Langkah yang dilakukan tetap sama seperti kala melakukan pernafasan diafragma sambil berbaring.

Untuk bernafas menggunakan diafragma memang tidak mudah, apalagi baru pertama kali mencobanya. Namun, jika rutin dicoba dan dilakukan, maka lambat laun akan terbiasa. Nah, agar terbiasa dengan pernafasan diafragma sebaiknya berlatihlah setiap hari sebanyak 3-4 kali selama masing-masing 5-10 menit. Jika sudah mulai terbiasa, maka tingkatkan lagi frekuensi latihannya. Pernafasan diafragma memang tidak mudah pada awalnya, tetapi melihat manfaatnya yang besar, maka sebaiknya mulai dicoba dari sekarang.

Manfaat Pernafasan Diafragma

  • Menguatkan otot diafragma.
  • Mengurangi kerja tubuh saat bernafas, karena kecepatan bernafas dengan cara ini lebih rendah daripada cara bernafas yang biasa. Selain itu, energi yang dibutuhkan juga lebih rendah.
  • Mengurangi permintaan tubuh akan oksigen, karena oksigen yang didapat dengan cara ini lebih maksimal ketimbang cara yang biasa.
  • Membuat fungsi tubuh berjalan optimal, karena tubuh mendapatkan oksigen yang lebih dari cukup.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *