Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mengubah dari Celsius ke Kelvin, dan sebaliknya

Posted on by in with 0 Comments

informasitips.com – Selain Fahrenheit dan Celsius yang kita kenal sebagai unit temperatur, ada juga satuan lainnya, yaitu Kelvin. Jika Kamu menggunakan satuan Kelvin, maka janganlah menyebutnya sebagai derajat Kelvin, tetapi cukup Kelvin saja. Satuan Kelvin umumnya digunakan sebagai skala temperatur termodinamik. Nama Kelvin sendiri diambil dari gelar seorang Engineer dan Physicist William thomson, yaitu 1st Baron Kelvin, yang menghasilkan tulisan mengenai kebutuhan akan “Skala Termometrik Absolut” atau “absolut thermometric scale“.

Kalau kita mengetahui suatu nilai temperatur dalam satuan derajat Celsius dan ingin mengaplikasikannya dalam kasus termodinamik, maka terlebih dahulu kita hasur mengubah nilai temperatur tersebut ke dalam skala Kelvin. Untuk keperluan itu, maka kita dapat menggunakan rumus berikut ini:

K = C + 273.15

Keterangan:
K = nilai dari skala Kelvin
C = nilai dari satuan derajat Celsius

Sementara untuk sebaliknya, yaitu mengkonversi dari skala Kelvin ke derajat Celsius, maka rumus yang harus Kamu gunakan adalah sebagai berikut:

C = K - 273.15

Jika Kamu ingin menggunakan software Microsoft Excell dalam mengubah suatu nilai dari skala Kelvin ke Celsius ataupun sebaliknya, maka dengan mudah Kamu dapat melakukannya dengan menuliskan formula berikut di cell yang tersedia:

=CONVERT(nilai,"K","C")

Formula di atas digunakan untuk mengubah suatu nilai temperatur dari skala Kelvin menjadi derajat Celsius, sedangkan formula di bawah ini:

=CONVERT(nilai,"C","K")

Untuk mengkonversi nilai derajat Celsius menjadi skala Kelvin.

Contoh formula yang bisa Kamu gunakan pada Microsoft Excell adalah

=CONVERT(A2,"F","C")

Artinya adalah Kamu ingin mengubah nilai yang ada di cell A2 dari skala Kelvin menjadi derajat Celsius, jika nilai pada cell A5 itu adalah 273, maka hasil konversinya adalah 0.15 (nol).

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih