Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Aman Mencegah dan Mengatasi Jerawat

informasitips.com – Jerawat bisa jadi gangguan untuk semua orang apalagi untuk yang mempunyai jenis kulit berkelenjar minyak yang terlalu aktif. Meskipun bukan hanya orang bekulit berminyak saja yang bisa tekena jerawat, namun kecenderungan kulit jenis ini untuk berjerawat memang lebih besar mengingat bahwa jerawat lebih sering muncul pada kulit berpori lebar. Pori-pori lebar inilah yang tentu membuat kulit cepat berminyak. Walaupun memang bukan hanya faktor ini saja yang bisa menimbulkan jerawat. Faktor-faktor lain seperti hormon, pola makan, genetik, dan gaya hidup misalnya seperti kebiasaan merokok juga bisa menjadi alasan timbulnya si benda yang menjengkelkan ini.

Mengatasi jerawat memang gampang-gampang susah. Tetapi sebenarnya lebih baik mengatasi penyebab-penyebanya dahulu alias mencegah timbulnya si bandel ini. Khususnya bagi Anda yang mempunyai kulit cenderung berminyak, ada beberapa tips sehat untuk merawatnya sehingga nantinya Anda akan terbebas dari jerawat. Cara-cara di bawah ini tergolong mudah dan sangat sederhana, tapi hasilnya pasti bisa membuat Anda puas melihat produksi jerawat Anda berkurang dari hari ke hari.

  1. Melakukan pembersihan wajah antara 2 sampai 3 kali sehari dengan menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung oil (oil free). Banyak sekali produk pembersih seperti ini yang beredar di pasaran dan Anda tinggal memilih yang mana yang cocok untuk wajah dan tentunya kantong Anda.
  2. Dalam memilih produk pembersih, jangan hanya memperhatikan apa yang direkomendasikan orang lain kepada Anda. Maskipun orang tersebut mungkin ahli di bidang kecantikan, tetapi yang terpenting produk tersebut harus sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika sudah menemukan satu jenis produk yang cocok, tetaplah dipakai dan kesampingkan rekomendasi-rekomendasi orang karena sebuah produk yang sesuai untuk orang lain belum tentu sesuai juga untuk kita.
  3. Dengan kondisi kulit berminyak Anda, suatu saat mungkin Anda tergoda untuk membeli produk pembersih yang diiklankan bisa menyerap banyak minyak pada kulit Anda. Hal ini yang justru harus Anda hindari, pilihlah produk pembersih yang aman dan tidak membuat kulit menjadi terlalu kering karena terlalu keringnya kulit justru sebenarnya akan semakin memicu kelenjar minyak untuk berproduksi lebih banyak lagi.
  4. Cara mencegah dan mengatasi jerawat pada kulit

  5. Melakukan scrubbing pada wajah, sesekali memang perlu dilakukan. Tapi yang perlu di ingat jangan menggosok wajah terlalu kasar, lakukan saja pelan dan lembut. Hal ini jika dilakukan secara rutin akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang jika tidak segera dibersihkan akan menumpuk sebagai kotoran di wajah sehingga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Srubbing cream untuk wajah ini juga sudah banyak dijual di pasaran.
  6. Membasuh wajah dengan air hangat juga sesekali diperlukan khususnya untuk jenis kulit berminyak. Hal ini akan membantu mengurangi kadar minyak yang ada. Tetapi harus di ingat bahwa air yang terlalu panas (bukan hangat) malah akan membuat hilang kelembaban kulit, jadi pastikan air yang Anda gunakan benar-benar hangat, tidak panas.
  7. Menguapi wajah dengan uap air panas yang telah ditetesi minyak chamomile atau lavender bisa juga dilakukan 1 sampai 2 kali seminggu. Cara ini terbukti bisa membuat kulit Anda manjadi rileks sehingga produksi minyak tidak akan meningkat.
  8. Pancaran sinar matahari yang berlebih sebaiknya juga dihindari mengingat bahwa hal ini bisa mengakibatkan produksi minyak meningkat. Bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar, kurangi kemungkinan untuk terkena sengatan matahari, bisa dengan cara berlindung di tempat yang teduh atau menggunakan sunscreen atau tabir surya yang aman dan tidak mengandung oil.
  9. Jika Anda senang manggunakan masker, gunakan yang berbahan dasar pepaya. Buah ini terbukti mengandung fruit acid atau asam buah yang pastinya bisa membantu mengurangi minyak di kulit. Untuk lebih mengoptimalkan cara ini, masker bisa Anda buat sendiri dengan buah papaya yang diblender. Masker buatan sendiri ini yang akan membuat kulit Anda terbebas dari zat-zat kimia yang biasa dicampur dalam make up pada produk-produk tertentu.
  10. Menggunakan lotion atau pelembab seusai mandi pagi dan sore hari juga dianjurkan. Tentunya yang oil free dan pilihlah produk yang tidak pekat sehingga akan menutupi pori dan minyak akan menggumpal tidak bisa keluar yang pada akhirnya menimbulkan jerawat dan komedo, juga harus yang mengandung Alpha hydroxyl acids atau yang lebih popular dengan sebutan AHA. Ini berfungsi untuk membantu pengangkatan sel kulit mati seperti yang dilakukan scrubbing cream.
  11. Konsumsilah suplemen vitamin dengan dosis yang dianjurkan. Vitamin-vitamin yang baik untuk masalah ini diantaranya B complex, vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, dan juga Zinc. Tapi ingat ya, jangan sampai berlebihan.
  12. Yang terakhir tetapi sangat penting adalah mengurangi konsumsi makanan yang mangandung banyak lemak dan minyak. Sebisa mungkin tidak perlu lagi mengkonsumsi jenis-jenis makanan mengandung lemak ini. Sebagai gantinya Anda bisa mengganti konsumsi makanan Anda dengan memperbanyak buah dan sayur, serta biji-bijian.

Dengan teratur melakukan hal-hal sederhana di atas Anda tidak hanya akan bisa mengatasi jerawat tetapi juga membantu mencegah bertambah banyaknya jerawat pada kulit Anda. Selamat mencoba.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: