Cara Alami Mengatasi Gatal dan Bentol Akibat Digigit Nyamuk

informasitips.com – Gatal akibat digigit oleh nyamuk akan membuat Anda tergerak untuk menggaruk area bekas gigitan nyamuk tersebut. Tindakan tersebut sebenarnya tidak dianjurkan, karena hal tersebut justru akan menyebabkan gejala peradangan semakin luas dan berpotensi menimbulkan iritasi. Pada keadaan tersebut, sistem kekebalan tubuh Anda akan mengira bahwa tubuh membutuhkan antibodi lebih banyak lagi untuk melawan zat asing, maka akibatnya area yang bentol bentol akan menjadi semakin luas dan kulit terasa semakin gatal.

Dr. Neal B. Schultz, seorang ahli kulit dari New York menyarankan agar menggunakan obat-obatan alami untuk menyembuhkan gejala peradangan akibat gigitan nyamuk. Schultz mengungkapkan bahwa nyamuk telah menyuntikkan material asing ke dalam tubuh manusia ketika menghisap darah. Material asing ini menyebabkan timbulnya reaksi peradangan, pembengkakan, ruam merah serta rasa panas. Dan gejala awal dari semua reaksi tersebut adalah rasa gatal.

Beberapa bahan alami yang disarankan oleh Schultz untuk mengurangi gatal dan bentol yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk adalah sebagai berikut:

Mengapa Digigit Nyamuk Gatal dan Bentol

sumber gambar: healthcarediseases.com

  1. Lidah buaya

    Lidah buaya tidak hanya berkhasiat untuk menyuburkan rambut dan mengobati luka bakar, akan tetapi juga berkhasiat untuk menyembuhkan gejala bentol-bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya sangat mudah, oleskan getah daging tanaman lidah buaya pada bentol bekas gigitan nyamuk, kemudian diamkan hingga mengering.

  2. Cuka apel

    Cuka apel mengandung zat asam yang berkhasiat menyembuhkan bentol-bentol dan mengurangi rasa gatal pada kulit. Adapun cara menggunakannya, teteskan cuka apel pada ujung cotton bud atau kapas, kemudian oleskan pada bagian kulit yang memerah atau bentol-bentol bekas gigitan nyamuk.

  3. Es

    Mengompres bekas gigitan nyamuk dengan es juga dapat mencegah terjadinya pembengkakan (bentol) dan mengurangi rasa gatal.

  4. Madu

    Madu merupakan cairan alami yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Untuk menyembuhkan gejala gigitan nyamuk dapat dilakukan sebagai berikut, oleskan sedikit madu pada kulit yang mengalami pembengkakan dan peradangan.

  5. Teh celup

    Kantong teh celup yang sudah didinginkan juga bisa digunakan untuk mengompres bagian kulit yang bentol dan gatal karena gigitan nyamuk. Kandungan senyawa tanin dalam teh dipercaya berkhasiat mengurangi bentol dan mengeluarkan cairan dari bekas gigitan nyamuk, sehingga, pembengkakan dan peradangan pada kulit berkurang.

Bagikan artikel:

Rekomendasi

Satu Komentar

  1. 1

    saya baru mengetahui kalau madu bisa mengatasi bentol2 akibat gigitan nyamuk
    terima kasih infonya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>