Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Alami Melindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

informasitips.com – Pada saat sekarang ini harus diakui bahwa sengatan sinar matahari semakin hari semakin terasa semakin menyengat. Hal tersebut diyakini berbahaya bagi kesehatan kulit manusia, apalagi dapat menyebabkan kanker kulit. Radiasi sinar matahari, terutama sinar UV B, memiliki peran signifikan dalam menyebabkan kerusakan kulit manusia, termasuk perkembangan kanker kulit. Pemakaian krim pelindung kulit dengan nilai SPF tertentu bisa dilakukan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, namun tahukah Kamu bahwa kulit Kita juga bisa terlindungi dengan cara mengonsumsi makanan tertentu yang memiliki khasiat dalam melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari.

Berikut ini beberapa bahan makanan atau senyawa alami tertentu yang dapat melindungi kulit manusia dari radiasi sinar matahari:

  • Senyawa Likopen dalam Tomat

    Penelitian dari University of Michigan menunjukkan bahwa likopen, suatu zat antioksidan yang terkandung di dalam tomat, memiliki khasiat dalam mencegah kulit terbakar. Pencegahan tersebut sesungguhnya merupakan langkah awal dalam mencegah terjadinya kanker kulit. Nah, untuk mendapatkan manfaat maksimal likopen dari tomat, Kamu harus memasaknya terlebih dahulu, karena proses memasak akan mengeluarkan lebih banyak likopen yang tersimpan dalam tomat (Baca juga Benarkah Sayuran Mentah selalu Lebih Bergizi?). Dan ternyata, tomat tidak hanya bermanfaat dalam melindungi kulit, namun zat pigmen lainnya, yaitu lutein, memiliki efek untuk melembabkan kulit sehingga elestisitas atau kelenturan kulit tetap terjaga.

  • Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar Matahari

    sumber: www.beautystat.com

  • Astaxanthin, antioksidan dari mikroalga

    Senyawa antioksidan yang satu ini diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang luar biasa, kira-kira 500 kali dari kekuatan antioksidan vitamin E. Astaxanthin diketahui memiliki khasiat dalam melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang kerjanya dari dalam tubuh. Astaxanthin melindungi kulit terutama dari sengatan sinar UV A yang diketahui dapat menyebabkan terjadinya proses penuaan kulit serta munculnya keriput.

  • Vitamin D

    Penelitian terkini mengkonfirmasi khasiat dari vitamin D yang dapat menghambat terjadinya perkembangan sel kanker pada kulit. Sinar matahari sendiri sebenarnya merupakan sumber dari vitamin D, dan di saat yang sama vitamin D melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang berbahaya, wow sungguh Tuhan memiliki caranya tersendiri yang menguntungkan bagi manusia.

  • Omega-3

    Penelitian dari para peneliti Australia mengungkap bahwa rantai panjang omega-3 memiliki khasiat dalam melindungi kulit, yiatu dengan cara menekan ekspresi protein p53 yang dapat menyebabkan terjadinya melanoma (termasuk salah satu kanker kulit). Ekspresi protein p53 sendiri distimulasi oleh sengatan sinar matahari, nah Omega-3 mencegah terjadinya proses tersebut. Namun khasiat tersebut tidak dimiliki oleh Omega-6. Makanan yang tinggi Omega-3 di antaranya adalah ikan salmon, walnut, sardin, daging sapi, kacang kedelai, udang, tahu, tempe dan lain sebagainya.

  • Teh Hijau

    Kandungan polifenol dalam teh hijau diketahui dapat menghambat perkembangan sel-sel tumor di kulit dengan cara mengatasi terjadinya inflamasi dan perusakan DNA. Aplikasi teh hijau langsung pada kulit juga dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya dalam melindungi kulit.

  • Proantosianidin

    Senyawa yang satu ini diketahui diketahui memiliki khasiat fotoprotektif yang secara signifikan dapat mengurangi resiko terjadinya kanker kulit. Proantosianidin diketahui terkandung dalam berbagai buah beri seperti blueberri dan chokeberri, terdapat juga dalam biji-bijian, seperti sorgum dan barley.

  • Resveratrol

    Resveratrol telah diketahui memiliki khasiat yang menguntungkan bagi kesehatan, seperti dalam penyakit kardiovaskular, antidiabetes, antiinflamasi dan lain-lain. Di samping semua itu, resveratrol juga berkhasiat dalam mencegah kanker. Resveratrol dapat ber-inkorporasi dengan sel-sel kulit yang akan memberikan manfaat bagi kulit dalam melindunginya dari radiasi sinar UV yang merusak. Secara alami, resveratrol ditemukan pada kulit anggur merah serta di buah-buahan yang lain juga ditemukan pada akar tanaman Polygonum cuspidatum.

Itulah beberapa senyawa dan bahan makanan yang berkhasiat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang dapat berdampak merugikan bagi manusia, terutama bagi organ kulitnya.

Semoga bermanfaat



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: