Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Agar Tidak Ragu-Ragu

informasitips.com – Memiliki pribadi berani dan percaya diri dalam segala sesuatu tentunya menjadi keinginan setiap orang, karena dengan pribadi tersebut apa yang diinginkan kemungkinan besar bisa tercapai. Kita bisa melihat kemajuan-kemajuan yang terjadi saat ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang berani dan percaya diri, seperti ilmuwan, dokter, musisi, penulis dan lain-lain. Mereka adalah orang-orang yang tidak menunggu peluang, namun menciptakan sebuah peluang. Sayangnya sebagian orang tidak memiliki sikap seperti itu, justru orang-orang ini merasa ragu dengan apa yang harus diperbuat, tindakan apa yang harus dilakukan atau keputusan apa yang harus diambil. Untuk beberapa orang, sikap ragu-ragu bisa muncul dalam keadaan apa pun, baik itu dalam kehidupan karir, cinta, keluarga atau yang lainnya.

Disadari atau tidak, sebenarnya munculnya sikap ragu-ragu karena takut menghadapi kegagalan dan tidak adanya kemauan untuk mengambil resiko, padahal segala sesuatu dalam hidup ini memiliki resiko. Psikolog telah menunjukkan bahwa orang yang terlalu sering ragu akan dirinya sendiri, pada akhirnya akan terlibat dalam pemrosesan informasi yang berlebihan yang mengarah kepada penundaan dan self-handicapping yaitu menjaga image diri dengan perilaku dan tindakan yang bersifat menghibur diri untuk menutupi kelemahan. Bahkan jika sikap ragu-ragu tidak bisa dihilangkan dapat menimbulkan depresi dan kecemasan sosial.

Cara Agar Tidak Ragu Ragu

sumber gambar: flickr.com

Ada banyak cara untuk mengatasi sikap ragu-ragu. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak ragu-ragu baik dalam hal mengambil keputusan, memilih sesuatu atau melakukan tindakan:

  • Pencegahan

    Hal ini bisa dilakukan dari pendidikan awal, yaitu dari keluarga. Peran orangtua dalam hal mendidik sangatlah penting. Biasanya pendidikan secara otoriter merupakan salah satu penyebab utama anak kehilangan percaya diri dalam dirinya, karena segala sesuatu yang ia lakukan merupakan perintah dari orangtua, mau tidak mau ia harus melaksanakan apa yang diperintahkan. Hal ini akan berakibat timbulnya keraguan pada dirinya ketika ia ingin/akan melakukan sesuatu hal yang tidak diperintahkan oleh orangtua. Bersikaplah demokratis dan tanamkan rasa tanggung jawab pada anak.

  • Kesadaran

    Kunci utama bagi mereka yang dihinggapi sikap ragu-ragu adalah kesadaran, sadar bahwa ragu-ragu mengakibatkan banyak kerugian. Mungkin secara tidak sadar sikap ini akan muncul dalam beberapa keadaan, tapi cobalah untuk segera menepisnya. Namun, jika ragu-ragu sudah menyangkut karakter, terlalu berat untuk diubah. Hal yang perlu dilakukan jika masalahnya demikian adalah dengan melakukan latihan-latihan tertentu dengan bantuan orang-orang yang ahli di bidang ini.

  • Menggelengkan Kepala

    Dalam sebuah penelitian, tindakan fisik dengan menggelengkan kepala dapat mengurangi keraguan. Dalam penelitiannya, Wichman dkk (2010) merekrut orang-orang yang memiliki sikap ragu kronis. Kemudian mereka diberi tes yang secara tidak sadar mendorong mereka menjadi yakin mengenai keraguan mereka. Hal ini dilakukan dengan membuat mereka menguraikan kalimat yang berhubungan dengan keraguan, seperti “her speaker doubt I explanations”. Ironisnya, hal ini justru malah membuat mereka ragu dengan keraguan yang mereka rasakan, sehingga mengurangi keraguan mereka. Ini menunjukkan bahwa meragukan keraguan yang ada dalam diri sangatlah berguna. Tentu saja ini bukanlah solusi yang permanen, tapi bisa mengurangi sejenak tingkat keraguan yang dirasakan. Efek yang sama dapat dilihat ketika peserta dalam penelitian tersebut menggelengkan kepala daripada mengangguk. Tindakan fisik menggelengkan kepala yang mereka lakukan sambil berpikir tentang keraguan mereka. Hal ini menyebabkan beberapa di antara mereka keluar dari keraguan tersebut.

  • Ragukan sikap ragu-ragu

    Meragukan sikap ragu-ragu yang ada pada diri akan sedikit membantu untuk menghindari akibat dari sikap ragu-ragu, yaitu depresi atau kecemasan sosial. Meragukan keraguan yang muncul ketika akan bertindak atau mengambil keputusan setidaknya dapat bekerja untuk menghilangkan keraguan yang asli.

  • Bersikap Tenang

    Jangan tergesa-gesa dalam mengambil sikap, karena biasanya akan muncul kegelisahan terlebih dahulu. Pahami semua permasalahan dengan benar. Hindari ucapan negatif karena hal itu akan lebih memperkuat sikap ragu-ragu. Dengan begitu upayakan jangan dulu berbicara sebelum memahami permasalahan. Untuk membangkitkan keyakinan, cobalah untuk banyak bertanya.

  • Mengambil Sela Waktu

    Jika permasalahannya sangat pelik dan menentukan kondisi tertentu, sebaiknya ambil sela waktu, artinya cobalah untuk mendengarkan kata hati. Renungkan baik-baik akibat yang akan diterima. Ambilah keputusan meski memiliki konsekuensi tertentu, namun hindari yang dapat merugikan banyak orang. Ambilah keputusan dan hadapi konsekuensi yang ada.

  • Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak ragu-ragu. Keraguan hanyalah ketakutan mengalami kegagalan. Padahal kegagalan bukanlah hal yang perlu ditakuti atau disesali, justru dengan kegagalan dapat membuat diri menjadi lebih teliti, lebih memperhitungkan, dan lebih dewasa dalam bertindak



    loading...
    Bagikan artikel:

    Artikel Terkait

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *