Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Agar Bisa Sit Up Lebih Banyak

informasitips.com – Sit up merupakan salah satu latihan otot yang sering dilakukan oleh banyak orang. Caranya yang mudah dan tidak membutuhkan alat tambahan menjadi salah satu alasan kenapa sit up begitu popular di kalangan banyak orang.

Ketahui Cara Sit Up yang Benar

Dengan mengetahui cara sit up yang benar, maka gerakan sit up yang dilakukan akan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga tidak banyak energy yang terbuang percuma. Tersedianya lebih banyak energy akan membuat tubuh bisa melakukan lebih banyak sit up. Tidak hanya itu, dengan mengetahui cara sit up yang benar maka kita bisa meminimalisir risiko terjadinya cedera saat melakukannya.

Lakukan Pengulangan Sit Up

Cara yang bisa Kamu lakukan pertama-tama adalah menentukan baseline pengulangan yang harus dilakukan dalam setiap set latihan. Lakukan sit up selama 3 menit, hitung berapa banyak sit up yang bisa Kamu lakukan selama waktu itu, lalu hasilnya dibagi 3. Angka yang Kamu dapat itu adalah baseline pengulangan untuk latihan Sit Up Kamu. Lakukan latihan sit up dengan cara membaginya dalam 3 set, di setiap set nya lakukan sit up sebanyak baseline pengulangan yang Kamu dapat. Antara 1 set dengan set berikutnya Kamu bisa beristirahat selama 30 detik. Tambahlah 2 atau 3 sit up pada setiap set di setiap minggunya. Reset kembali baseline sit up Kamu setiap 4 minggu sekali.

Contoh, dalam 3 menit, Kamu bisa melakukan sebanyak 15 sit up, untuk mencari baseline nya maka Kamu harus membagi 15 dengan 3, hasilnya adalah 5. Nah, dalam setiap latihan sit up, Kamu membaginya dalam 3 set dimana setiap set nya Kamu harus melakukan sebanyak 5 kali sit up. Seiring berjalannya waktu, kemampuan Kamu akan meningkat, begitu juga dengan jumlah sit up yang akan Kamu lakukan di setiap latihannya.

Tingkatkan Kekuatan Inti (Core Strength) Tubuh Kamu

Jika memang Kamu ingin menambah kemampuan sit up Kamu, maka Kamu juga harus meningkatkan kekuatan inti tubuh Kamu, artinya Kamu juga harus melakukan latihan-latihan yang lain, terutama latihan yang terkait untuk otot-otot perut. Tidak hanya itu, ketahanan dan stabilitas tubuh Kamu juga harus ditingkatkan agar Kamu bisa lebih lama lagi dalam melakukan sit up. Dengan begitu, latihan sit up menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Contoh beberapa latihan yang bisa juga Kamu lakukan untuk mengiringi latihan sit up Kamu adalah latihan V-Sit ataupun the Plank Hold, seperti pada gambar di bawah ini:

Latihan-Pendukung-sit-Up

Akhiri Sit Up dengan Peregangan

Sesudah melakukan sit up hendaknya peregangan dilakukan guna melepas ketegangan pada otot-otot tubuh. Peregangan otot hendaknya dilakukan secara perlahan dan jangan terlalu sebentar.

Istirahat yang Cukup

Melakukan latihan sit up tentu bisa menyebabkan kelelahan pada tubuh, oleh sebab itu tubuh harus mendapatkan istirahat yang cukup agar proses pemulihan bisa berlangsung. Paling tidak, gunakan waktu sehari untuk beristirahat di sela latihan yang satu dengan yang berikutnya. Menjalankan latihan sit up setiap hari justru akan membuat kekuatan tubuh menjadi menurun. Latihan sit up sebaiknya dilakukan secara berselang, missal Senin-Rabu-Jum’at.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: