Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Merawat Rambut Panjang

informasitips.com – Zaman sekarang wanita lebih suka model potongan rambut pendek dengan alasan tidak ribet dan mudah dalam perawatannya. Meskipun kesan feminim memang tetap bisa ditampilkan oleh model rambut pendek, tetapi tak sedikit pria yang masih menginginkan para wanitanya memiliki rambut panjang tergerai. Apalagi jika rambut panjang itu hitam dan sehat, maka akan lebih memancarkan kesan feminim seorang wanita.

Perawatan terhadap rambut panjang sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan orang. Melihat kondisi dan jenis rambut anda adalah hal yang paling utama sebelum memulai perawatan. Mengetahui jenis dan kondisi rambut akan menghindarkan kita dari kesalahan memilih produk-produk kecantikan rambut yang nantinya malah akan memperparah kondisi rambut hingga tak jarang mengalami kerusakan.

tips dan cara merawat rambut panjang

Kerusakan umum yang seringkali terjadi pada rambut panjang adalah kerontokan dan cabang pada ujung rambut yang membuatnya mudah patah. Meskipun hal ini juga bisa dialami oleh rambut pendek, tetapi kecenderungannya lebih besar pada rambut panjang. Hal ini disebabkan karena lebih besarnya beban yang harus ditanggung oleh akar rambut dalam kondisi panjang. Solusi untuk masalah ini adalah pemberian nutrisi yang cukup untuk rambut. Nutrisi tersebut tidak harus diberikan langsung pada rambut, tetapi yang lebih bagus malah yang dikonsumsi tubuh melalui makanan. Jadi mengkonsumsi vitamin-vitamin yang bermanfaat bagi pertumbuhan menjadi sangat penting bagi yang ingin memanjangkan rambut untuk mendapatkan rambut panjang yang lebih sehat alami. Walaupun pergi ke salon bisa mengubah penampilan rambut kita dengan sekejab menjadi bagus dan berkilau, tetapi cara itu termasuk cara yang bukan alami. Anda lebih memilih yang alami kan daripada yang buatan?

Ingin tahu bagaimana cara merawat rambut panjang agar tampak lebih cantik dan sehat?
Berikut tipsnya untuk Anda:

  1. Ketika mencuci rambut, gunakan shampoo yang memiliki busa sedikit. Shampo yang memiliki busa banyak berarti mengandung formula pelembab yang banyak pula sehingga kecenderungan untuk tertinggal di rambut dan kulit kepala semakin besar. Hal ini akan membuat rambut menjadi cepat kotor dan berminyak. Jadi sebisa mungkin pilihlah produk shampoo yang cenderung tidak banyak busa.
  2. Bilasan air dingin pada saat anda mencuci rambut akan menyebabkan kutika rambut anda tertutup sehingga rambut terlihat lebih berkilau dan sehat daripada ketika anda membilasnya dengan air hangat.
  3. Mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokkan handuk ke rambut adalah hal yang salah karena hal ini akan merusak rambut. Pengeringan rambut dengan handuk yang benar adalah dengan memeras rambut secara perlahan untuk membuang air yang ada. Setelah itu baru diangin-anginkan. Usahakan menghindari memakai hair dryer karena efek panasnya juga bisa merusak rambut.
  4. Gunakan produk-produk vitamin pada rambut dan membiarkannya selama beberapa menit untuk memberikan waktu produk tersebut meresap ke rambut. Setelah itu anda baru boleh menyisirnya.
  5. Gunakanlah conditioner selalu setiap kali mencuci rambut. Meskipun rambut anda berminyak, conditioner tetap diperlukan untu tetap menjaga kelembaban rambut dari luar. Penggunaan conditioner ini sebaiknya hanya pada rambut, hindarkan terkena kulit kepala karena hal ini akan menyebabkannya cepat kotor dan lepek.
  6. Konsumsilah banyak protein yang banyak terdapat pada telur, daging, ataupun ikan.
  7. Dan, konsumsi juga vitamin yang mengandung biotin yang bisa mencegah rambut dari kerontokan. Biostin ini biasanya terdapat dalam vitamin B7.
  8. Melakukan pemijatan selama mencuci rambut juga sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga rambut juga akan menjadi sehat.
  9. Jangan sekali-kali menyisir rambut dalam keadaan basah. Keringkanlah dulu sebelum menyisirnya dan gunakanlah sisir yang geriginya jarang. Ini akan lebih aman bagi rambut anda.
  10. Kebiasaan terlalu lama mengikat rambut adalah hal yang tidak bagus. Rambut akan menjadi tidak sehat karena sirkulasi perkembangannya terhambat. Jadi, sering-seringlah membuat rambut anda tergerai saat ada kesempatan.
  11. Melakukan creambath atau hair mask juga kadangkala perlu dilakukan. Saat ini banyak sekali produk-produk creambath instan yang siap pakai dijual di pusat-pusat perbelanjaan. Ini bisa menghemat budget anda dibanding harus ke salon. Jika anda lebih menyukai yang alami, maka buah alpukat sangat bagus sebagai bahan untuk membuat krim crembath sendiri di rumah.

Setelah mengetahui tips-tips praktis di atas, ada baiknya sekarang anda mulai memikirkan apakah bentuk wajah anda sudah sesuai untuk rambut panjang anda? Jangan-jangan pemilihan model rambut anda yang sekarang tidak sesuai dengan bentuk wajah anda.
Pada prinsipnya rambut panjang sesuai untuk bentuk wajah apapun, tetapi yang paling bagus memiliki model rambut panjang ini adalah bentuk wajah bulat. Kenapa? Karena wajah bulat akan terkesan lebih lonjong dengan panjangnya rambut yang menghiasi kepalanya. Rambut panjang ini juga akan lebih memberi kesan s*ksi dan feminim pada pemiliknya. Tentunya dengan tatanan yang benar dan sedang tren pada saat sekarang. Nah, selamat memanjangkan rambut…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *