Informasi dan Tips – informasitips.com

Cantik dengan Cardigan

informasitips.com – Siapa yang menyangka, cardigan yang dulu hanya dikenal sebagai baju rajutan nenek-nenek yang memiliki fungsi sebagai penghangat bisa menjadi sangat popular belakangan ini. Jenis baju ini bukan lagi identik dengan sesuatu yang kuno, tetapi mampu “menjelma” menjadi baju wajib yang harus dipunyai oleh para wanita. Bahkan, sampai ada yang bilang, seorang wanita rasanya kurang lengkap tanpa memiliki setidaknya satu cardigan. Hal ini tidak mengherankan karena cardigan memang salah satu model yang bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis baju lainnya. Selain itu, dengan gaya apapun, cardigan tak akan pernah disebut ketinggalan zaman.

Seiring dengan perkembangannya yang semakin populer, saat ini semakin banyak bermunculan aneka model dan jenis cardigan untuk fashion busana wanita. Tidak hanya terkesan sebagai baju casual, beberapa model cardigan juga ada yang bisa dipakai untuk acara-acara formal.

Tampilan untuk acara-acara formal biasanya menggunakan cardigan dengan model yang lebih rapi, modern, dan elegan. Dan yang perlu diingat jika kamu ingin mengenakan cardigan dalam kesempatan formal, sebaiknya pilih bahan-bahan halus yang terbuat dari katun, sutra, atau viscous, terutama jika kamu ingin membuat tampilan tubuh tidak terlalu terlihat gemuk. Gaya busana cardigan juga bisa digunakan sebagai salah satu pilihan busana wanita karir. Kamu bisa membaca artikel Model Busana Kerja Wanita untuk mendapatkan gambarannya yang lebih jelas.

cantik dengan cardigan

Dalam segala kesempatan pun, pemilihan cardigan yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh juga wajib diperhatikan. Misalnya, bagi kamu yang bertubuh pendek, usahakan menghindari cardigan yang panjang karena hal ini akan semakin membuat tubuh kamu semakin terlihat pendek.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cardigan adalah fungsinya yang beragam. Beberapa wanita mungkin lebih menyukai mengenakan cardigan dengan tujuan untuk menutupi bagian tubuh ketika mereka mengenakan baju yang lebih terbuka. Fungsi lainnya, selain untuk menghangatkan badan, cardigan juga bisa digunakan dalam segala kesempatan, suasana santai, semi formal, atau bahkan formal sekalipun. Kepantasannya tergantung dari bagaimana keahlian kamu dalam memadupadankan cardigan tersebut agar bisa tetap terlihat pantas dan enak dilihat di segala suasana. Jika terlihat serasi, tak akan ada yang akan mengatakan baju cardigan kamu salah tempat.

Dan untuk lebih mengenal jenis-jenis cardigan, berikut sekilas informasinya:

  1. Oversized cardigan
    Model cardigan oversized

    Model ini sering juga disebut loose cardigan karena ukurannya yang besar. Namun demikian, bukan berarti model oversized ini tidak pantas untuk tubuh mungil. Karena kelebihan dari bahan pembuatnya yang biasanya lebih mengikuti bentuk tubuh, maka ukuran besar dari cardigan ini cocok dipakai oleh siapa saja. Bahkan dengan mengenakan model ini penampilan kamu akan semakin terlihat unik dan gaya.

  2. Classic cardigan
    clasic cardigan

    Model ini biasanya berbahan dasar rajut dan memiliki kancing di depan. Ukuran yang biasanya adalah sebatas pinggang. Namun walaupun tampilannya klasik dan sederhana, model cardigan ini tak pernah terlihat keinggalan zaman.

  3. Tunik cardigan
    Tunic cardigan
    Model cardigan ini bentuknya lebih sophisticated. Karena menggunakan model tunik, maka cardigan ini sangat bisa dikenakan untuk acara-acara formal.

  4. No-arms cardigan
    no arms cardigan
    Model cardigan tanpa lengan ini paling cocok dikenakan oleh wanita yang memiliki jiwa dinamis dan berkarakter. Karena tidak memiliki lengan, maka keindahan baju yang dipadankan dengannya akan lebih terlihat.

  5. With-belt cardigan
    with belt cardigan

    Dengan tampilan ikat pinggang, model ini sangat cocok dikenakan oleh wanita bertubuh mungil. Ikat pinggang yang menghiasinya akan memberikan kesan tubuh lebih berisi. Tetapi wanita bertubuh gemuk pun tidak ada salahnya mengenakan model cardigan ini, karena pemilihan ikat pinggang yang tepat akan membuat siluet tubuh menjadi lebih ramping.

  6. No-button cardigan
    no button cardigan

    Ini adalah model variasi cardigan lainnya. Umumnya cardigan memiliki kancing di depan, tapi cardigan variasi baru ini tidak menggunakan kancing sama sekali. Untuk model lainnya, ada pula yang menggunakan variasi kancing minimalis, misalnya satu kancing saja di sisi kiri atau kanannya.

  7. A-simetris cardigan
    asimetris cardigan

    Model cardigan ini biasanya bebahan katun atau ciffon sehingga modelnya ringan dan melayang, terutama pada bagian ujungnya yang dibuat tidak simetris.

  8. Motif cardigan
    motif cardigan

    Model ini dibuat untuk yang merasa bosan dengan cardigan model polos. Banyak motif yang saat ini bisa dipilih untuk mempermanis penampilan kamu. Tetapi untuk kamu yang suka dengan permainan siluet tubuh , maka motif garis lebih cocok untuk kamu. Bagi wanita bertubuh kurus, dianjurkan untuk mengenakan motif garis horizontal, sedangkan untuk yang bertubuh gemuk, lebih cocok mengenakan garis motif vertikal.

  9. Boyfriend cardigan
    boyfriend cardigan

    Sesuai namanya, cardigan model ini lebih besar dari ukuran tubuh wanita pada umumnya. Jadi, ada kesan kamu sedang meminjam cardigan milik pasangan kamu.




  10. Collar cardigan
    collar cardigan

    Model cardigan dengan kerah ini lebih cocok digunakan untuk acara formal atau semi formal. Apalagi jika pilihan warnanya cenderung gelap dan elegan.

Jenis-jenis cardigan di atas akan lebih sempurna dengan tambahan aksesoris pendukung seperti tas kulit, kalung, anting, atau kacamata. Tinggal sesuaikan saja aksesoris-aksesoris tersebut dengan cardigan yang kamu punya. Padu padan yang sesuai tentunya akan membuat penampilan kamu terlihat lebih cantik dan percaya diri.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: