Informasi dan Tips – informasitips.com

Cantik Dengan Blazer

informasitips.com – Blazer atau biasa juga disebut jas oleh orang awam tak hanya pantas dipakai oleh kaum pria. Kaum wanita bahkan banyak yang memakai jenis pakaian ini. Biasanya wanita memiliki setidaknya satu koleksi blazer untuk dikenakan pada acara-acara formal. Selain karena elegan untuk dipakai, kebanyakan para wanita yang umumnya mengerti fashion, memperhatikan dan mengikuti gaya-gaya para selebritis, terutama Hollywood yang banyak mempolulerkan pakaian berjenis blazer ini.

Seperti halnya dalam pemakaian atasan, pemakaian blazer ini juga harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya; menyesuaikannya dengan bentuk tubuh dan memadu-padankan blazer tersebut dengan baju lain sehingga menjadi lebih pas untuk penampilan anda. Dalam hal menyesuaikan jenis blazer dengan bentuk tubuh, secara umum ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Bagi yang bertubuh gemuk atau berisi
    Untuk orang bertubuh besar, jenis blazer yang sebaiknya dikenakan adalah yang modelnya tidak terkesan kuno, biasanya tidak terlalu memiliki banyak kancing. Dua atau tiga kancing sepertinya sudah cukup untuk mengurangi kesan terlalu ramai. Dari segi ukuran, wanita bertubuh gemuk disarankan mengenakan blazer dengan ukuran pas di badan, jangan terlalu longgar karena hanya akan menambah tubuh terlihat semakin gemuk, jangan juga terlalu sempit sehingga memperlihatkan lemak-lemak tubuh yang ada. Walaupun biasanya orang bertubuh gemuk jarang yang suka dengan baju-baju model berlapis, namun pemakaian blazer dengan padu padan yang tepat akan membuat anda tampil lebih elegan.

    cantik dengan blazer

    Trik memakai blazer untuk si tubuh gemuk adalah hindari dalaman yang berwarna terang karena jika fokus penglihatan lebih tertuju pada dalaman terang ini maka tubuh anda justru akan terlihat semakin besar. Solusi yang baik untuk membuat penampilan anda lebih cerah adalah dengan menambahkan aksesoris seperti bros atau scarf. Asalkan tidak berlebihan, pemakaian aksesoris akan membuat penampilan anda makin cantik.

  2. Bagi yang bertubuh kurus
    Blazer dengan model ala pria paling cocok dikenakan oleh wanita bertubuh kurus atau kecil. Karena biasanya pembuatan blazer model pria lebih pas di badan dengan gaya lurus, maka untuk yang bertubuh kecil, akan memberikan kesan tubuh menjadi lebih berisi. Usahakan untuk menghindari model blazer wanita yang memiliki banyak lekukan karena hal ini akan memberi kesan tubuh semakin kecil. Pemilihan warna-warna yang lembut dan cerah juga akan memberikan kesan tubuh lebih berisi, apalagi jika dilengkapi dengan aksesoris seperti ikat pinggang cantik atau kalung untuk menambahkan kesan menonjol.

Blazer juga bisa dipadupadankan dengan jenis pakaian lain. Berikut beberapa gaya padu-padan blazer yang bisa anda ikuti:

  1. Blazer klasik
    Karena blazer klasik memiliki model potongan yang lebih kaku, misalnya hanya lurus dan dilengkapi lebih banyak kancing, maka padanan yang cocok untuk blazer jenis ini adalah atasan dengan ruffle yang cantik. Pilihan atasan ber-ruffle selain akan memberi kesan lebih modern juga akan membuat anda lebih gaya. Sedangkan bawahannya, anda bisa mengenakan rok model pensil berwana cerah serta pump shoes dengan warna nude.

  2. Blazer berlapis
    Blazer sebenarnya tidak hanya pantas dikenakan untuk acara-acara yang formal atau acara ke kantor saja. Saat anda menginginkan tampilan yang lebih kasual tetapi berbeda dengan yang kebanyakan orang pakai, maka blazer merupakan pilihan yang paling tepat. Dengan paduan scarf yang lucu, penampilan anda akan nampak lebih santai. Untuk bawahannya, bisa dipadukan dengan jeans dan sneakers shoes untuk memberi kesan lebih santai

  3. Blazer panjang
    Ukuran blazer ini lebih panjang dari blazer-blazer pada umumnya, sehingga sangat disarankan untuk tidak dikenakan oleh wanita bertubuh pendek karena bisa membuat kesan tubuh wanita pendek menjadi lebih pendek dan terkesan “tenggelam” dalam busana blazernya. Siasati dengan menyeimbangkan padu-padannya, seperti pemakaian high heels dan ikat pinggang untuk memberi kesan tubuh langsing dan tinggi.

  4. Blazer pendek
    Blazer pendek paling cocok dipadukan dengan dress mini yang simple. Pemakaian scarf atau ikat piggang yag berukuran besar juga akan memberi kesan tubuh yang seimbang.

  5. Blazer beraksen
    Untuk acara yang lebih formal, anda bisa kenakan blazer tuxedo dengan bagian atas lengan berkerut. Dipadukan dengan rok berbahan brokat serta atasan dan sepatu yang s*ksi akan menambah cantik penampilan anda.

Satu hal yang paling penting dalam pemakaian blazer adalah kenyamanan bagian lengan dan bahu. Hal ini disebabkan karena pembuatan sebuah blazer memang cenderung lebih rumit pada bagian-bagian lengan dan bahu. Tips untuk anda yang berencana membeli blazer adalah angkatlah tangan anda saat mencobanya. Hal ini untuk mengetahui apakah bagian bahu dan lengan dari blazer tersebut sudah nyaman anda kenakan atau belum.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: