Informasi dan Tips – informasitips.com

Buah Goji Berry, Si Merah yang Kaya Manfaat

informasitips.com – Goji berry adalah buah imut berwarna merah yang berasal dari daratan China Selatan. Meski berasal dari China, namun buah ini tumbuh lebat di dataran tinggi Himalaya dan banyak digunakan masyarakat Tibet sebagai resep panjang umur. Konon, professor Lin Qing Yuen yang berasal dari China bertahan hidup hingga 252 tahun karena mengkonsumsi buah ini setiap hari, dan mulai saat itulah goji bery semakin dipercaya sebagai rahasia panjang umur.

Akhir-akhir ini buah dengan nama latin Lycium barbarum ini mulai dikenal di seluruh penjuru dunia. Berdasarkan hasil penelitian, buah dengan nama lain wolfberry ini terbukti mengandung banyak vitamin yang diperlukan tubuh seperti vitamin A, C, B1, B2, E, omega 3, 6, dan 9. Karena kandungan gizinya itulah maka goji berry sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Warna merah buah ini memperlihatkan kandungan vitamin A yang dapat menyehatkan mata, mencegah kerusakan fungsi hati, ginjal, dan meningkatkan imunitas. Goji berry mengandung 73 miligram vitamin C alami tiap 100 gram buah. Jumlah ini lebih tinggi dari vitamin C yang terkandung dalam jeruk. Vitamin C dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh, melarutkan lemak, menjaga kesehatan jantung, serta mencerahkan kulit.

Kandungan vitamin E berkhasiat mengencangkan kulit dan meningkatkan kesuburan. Karena mengandung vitamin E, maka goji berry digunakan sebagai salah satu resep awet muda. Berbagai vitamin yang melekat pada buah ini memperlihatkan kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat menangkal radikal bebas perusak DNA.

Goji berry tidak hanya mengandung vitamin tapi juga omega 3, 6, dan 9 yang berperan penting dalam perkembangan sel otak. Dengan kata lain buah kecil berwarna merah ini selain menyehatkan juga mencerdaskan konsumennya, bahkan beberapa penelitian menyebutnya sebagai penghambat Alzheimer.

Buah yang berasal dari istilah China “quo qi” ini sangat efektif dalam penyembuhan penyakit kanker. Goji berry dapat mencegah mutasi sel yang menyebabkan kanker sekaligus menghambat pembelahan sel kanker sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Selain itu, buah ini juga menjadi penangkal efek negatif kemoterapi seperti penurunan daya tahan tubuh dan kerusakan sel normal. Efek tersebut bisa dirasakan dengan mengkonsumsi goji berry secara teratur.

Fungsi fenomenal lain yang membuat buah ini terkenal adalah meningkatkan libido, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini pada pria. Konsumsi goji berry dapat melancarkan aliran darah dan memacu testosteron dalam darah sehingga meningkatkan libido. Selain itu, goji berry juga meningkatkan kualitas sperma.

Bagi anda yang kelebihan berat badan dan ingin diet, buah ini bisa dijadikan salah satu alternatif. Kandungan serat membuat konsumen merasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan jumlah makanan yang dikonsumsi. Serat juga menghambat penyerapan lemak dalam usus halus, sedangkan vitamin C dalam buah dapat melarutkan lemak. Selain itu goji berry juga rendah gula sehingga tubuh menggunakan cadangan lemak di hati dan bawah kulit untuk kebutuhan energi. Cara ini efektif untuk menurunkan berat badan tanpa harus menahan lapar.

Meskipun telah diketahui kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan, namun beberapa ilmuwan menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah ini lebih dari 30 gram perhari karena belum bisa dipastikan keamanannya dalam jumlah besar. Kandungan selenium dalam buah ini dikhawatirkan meracuni tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Karenanya ibu hamil dan menyusui belum diperbolehkan mengkonsumsinya.

Buah ini bisa dinikmati dalam bentuk mentah, kering, jus, atau dibuat teh herbal dan salad. Berbagai pilihan konsumsi tersebut dimaksudkan untuk menghindari kebosanan. Kini, buah ini dapat anda temui dalam minuman botol yang praktis untuk dikonsumsi.
Tidak ada salahnya mencoba buah ini dan menikmati manfaatnya. Meski harganya masih terbilang mahal untuk kalangan menengah kebawah tapi boleh dicoba jika anda mampu. Biasanya obat herbal goji berry dari China lebih murah daripada jus buah dari Amerika. Jadi, bisa anda pertimbangkan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: