Buah-buahan yang Bekhasiat Sebagai Obat Herbal

manfaat-khasiat-sirsak-sebagai-buah-herbal


informasitips.com – Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai orang. Selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan, buah-buahan juga banyak mengandung nutrisi yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Karena kandungan gizi dan nutrisinya tersebut, buah-buahan dapat berperan sebagai obat herbal untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Khasiat buah-buahan sebagai obat herbal akan terasa bila kita rutin mengonsumsinya secara teratur dan dengan aturan yang benar.

Buah Berkhasiat Obat Herbal

Apa saja jenis buah-buahan yang dapat berkhasiat sebagai obat herbal? Berikut beberapa diantaranya yang patut untuk diketahui:

1. Sirsak
Buah berdaging putih dengan biji hitam pipih ini kaya akan kandungan air. Tidak heran bila sirsak sangat enak dikonsumsi saat dahaga menyerang.

Tapi bukan itu yang menjadi keutamaan dari buah sirsak melainkan khasiatnya sebagai buah herbal. Ya, Sirsak memang termasuk salah satu buah yang memiliki khasiat luar biasa sebagai obat herbal.

Manfaat utama dari buah sirsak yang paling terkenal adalah sebagai anti kanker. Khasiat sirsak sebagai buah anti kanker ternyata juga sudah banyak diakui oleh beberapa studi di luar negeri yang menunjukkan bahwa sirsak dapat membunuh beberapa jenis sel kanker hati, pay udara, prostat, dan lainnya.

Selain buahnya, khasiat sirsak sebagai obat herbal juga terletak pada bagian daunnya. Turun temurun daun sirsak dipercaya berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit asam urat.

Caranya, ambil 6-10 lembar daun sirsak yang tua tapi masih berwarna hijau pekat. Cuci bersih dan potong-potong daun sirsak agar kandungan zat baik di dalamnya bisa keluar saat perebusan. Lalu rebus daun tersebut hingga air menyusut menjadi 1 gelas saja, kemudian minumlah sebanyak 2x sehari.

Manfaat lain dari sirsak adalah mampu mengobati sakit pinggang, reumatik, bisul, dan cacingan. Bahkan, orang-orang di Afrika dan Amerika Selatan memanfaatkan bagian kulit, daging buah, daun, dan akar sirsak untuk mengatasi infeksi virus dan parasit.

2. Mengkudu
Mengkudu memang memiliki rasa yang pahit di lidah. Namun, bukan berarti bisa dianggap sebelah mata lho, karena ternyata di dalamnya terkandung banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan kita.

Biasanya, sesuatu yang rasanya pahit memang memiliki khasiat yang ampuh dan luar biasa sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

Banyak pakar kesehatan baik dari dalam maupun luar negeri melakukan uji klinis atas khasiat buah mengkudu sebagai obat herbal. Khasiat yang paling terkenal dari buah mengkudu sebagai obat herbal adalah sebagai anti kanker atau pencegah kanker/tumor.

Menurut pakar kesehatan, mengkudu mengandung zat anti kanker yang dinamakan Damnacanthal, sejenis anthraquinon, yaitu zat yang bertugas menghambat pertumbuhan sel ganas pada kanker dan tumor.

Bagaimana cara memanfaatkan mengkudu sebagai obat herbal? Cukup dengan meminum jus mengkudu sehari tiga kali secara rutin. Usahakan agar jus mengkudu diminum tanpa campuran zat pemanis agar keasliannya tetap terjaga.

Selain sebagai anti kanker, buah mengkudu juga bermanfaat untuk peluruh kencing batu, bengek, mengatasi radang dan nyeri sendi. Sedangkan akar mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati kejang-kejang dan tetanus. Tak hanya itu, bagian kulit batang mengkudu juga berkhasiat untuk mengobati disentri.

3. Manggis
Hitam-hitam si buah manggis tidak mau kalah khasiatnya dengan buah-buahan herbal lainnya. Bahkan khasiat manggis sebagai obat herbal bukan hanya terletak pada buahnya saja melainkan juga pada kulit dan daunnya.

Anda tentu sudah banyak mendengar beragam manfaat dan khasiat dari kulit manggis, kan? Beberapa khasiat kulit manggis diantaranya adalah mampu menjaga kesehatan kulit (kulit manggis ampuh sebagai obat jerawat), menurunkan kadar gula darah, sebagai anti alergi dan anti inflamasi.

Loading...

Khasiat dari buah manggis yang paling populer adalah untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal. Caranya, konsumsi daging buah manggis sebanyak 3 ons setiap hari. Bisa pula dengan cara meminum rebusan daun manggis yang sudah dicuci bersih.

Mengonsumsi manggis dengan porsi yang disarankan akan membantu pengeluaran racun atau zat-zat kotor dari dalam tubuh melalui air seni.

Selain untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal, manggis bermanfaat juga untuk mencegah gangguan penglihatan, mencegah diabetes, menambah energi, melawan radikal bebas, dan meluruhkan lemak pada tubuh.

4. Jambu Biji
Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Pamornya terkenal karena khasiat buah dan daunya yang paling mujarab dalam menyembuhkan penyakit demam berdarah (DBD).

Loading...

Fungsinya untuk menambah trombosit penderita DBD yang biasanya menurun hingga di bawah batas normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan air rebusan jambu biji pada penderita DBD, bisa menaikkan jumlah trombosit penderita sampai 100.000/mm3 dalam tenggang waktu sekitar 16 jam.

Alangkah lebih baik lagi, bila yang dikonsumsi itu bukan hanya sekadar buahnya saja, melainkan daunnya juga yang bisa dijadikan jus. Di dalam daun jambu biji terkandung enzim quercetin yang berfungsi untuk menghambat terbentuknya enzim mRNA yang ada di dalam virus DBD. Oleh karena itu, daun jambu biji ampuh untuk mematikan virus DBD dan juga menambah cairan tubuh yang hilang.

Jenis buah dan daun jambu biji yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit demam berdarah adalah jambu biji merah dan jambu biji putih.

Bagaimana cara memanfaatkan jambu biji untuk mengatasi penyakit demam berdarah (DBD)? Caranya, ambil 5 lembar daun jambu biji, cuci bersih, lalu rebus dalam satu panci sedang. Biarkan air surut hingga tinggal 1/3 bagiannya saja. Setelah itu, minumkan pada si penderita DBD sesering mungkin misalnya 2-3 jam sekali.

Tak hanya berkhasiat sebagai obat hebal penyakit demam berdarah (DBD), jambu biji juga terbukti ampuh melawan penyakit lainnya seperti, demam, batuk, hipertensi, sembelit, mabuk perjalanan, dan diare.

5. Buah Naga
Buah Naga atau Hylocereus undotus juga dikenal memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Buah naga diyakini mampu menyembuhkan aneka macam penyakit mulai dari penyakit diabetes dan menurunkan kolesterol.

Buah naga juga berkhasiat untuk mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, meningkatkan daya kerja otak, dan meningkatkan fungsi dan daya penglihatan. Buah naga juga bisa dijadikan sebagai obat herbal bagi penderita Talasemia.

Buah naga merah mengandung indicaxantin yang merupakan salah satu pigmen betaxantin. Pigmen betaxantin merupakan pembentuk betaglobin (bagian dari hemoglobin) yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru. Karena itu, di Italia buah naga digunakan untuk terapi talasemia akibat kerusakan betaglobin.

6. Delima
Sering mengalami stress karena beban pikiran yang terlalu berat? Cobalah atasi stress dengan menggunakan terapi jus delima.

Khasiat buah delima sebagai obat herbal ternyata ampuh mengatasi stres karena mampu mengurangi kadar kortisol (hormon stres) secara signifikan di dalam air liur kita, sekaligus mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik, sehingga membuat Anda lebih rileks.

Bagaimana cara memanfaatkan buah delima sebagai obat herbal? Rutinlah untuk mengonsumsi jus buah delima sebanyak 2,5 gelas setiap harinya.

Selain sebagai pengusir stress, buah delima juga berkhasiat herbal untuk mencegah kanker prosat, kanker payudara, mencegah penyakit jantung, mengobati pembengkakkan dan pendarahan pada gusi.

7. Markisa
Buah Markisa rupanya tak hanya segar dan nikmat untuk disantap. Buah yang paling banyak tersebar di kawasan perkebunan Sumatra Utara ini tak hanya cocok diolah sebagai bahan minuman seperti sirup atau jus, melainkan juga memiliki sejumlah khasiat sebagai obat herbal (pengobatan tradisional).

Adapun manfaat markisa yang sudah mendunia adalah cocok untuk penderita insomnia atau sulit tidur. Sebab, markisa kaya akan kandungan vitamin B yang menenangkan dan potassium yang merilekskan sistem syaraf.

Bagaimana cara memanfaatkan markisa sebagai obat insomnia? Konsumsilah 2-3 buah markisa sesaat sebelum tidur agar Anda bisa merasakan kantuk beberapa menit setelahnya.

Tak hanya sekedar cocok untuk para penderita insomnia, markisa juga bisa diandalkan dalam membantu penyembuhan penyakit liver, melancarkan ASI, melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol, dan penurun panas saat demam.

8. Salak
Buah dari tanaman tropis yang banyak tumbuh di daerah-daerah tropis seperti Indonesia ini memiliki ciri-ciri kulit yang kasar seperti corak tringgiling. Buah salak termasuk buah yang masuk dalam jajaran buah-buah berkhasiat herbal.

Salah satu khasiat yang bisa Anda dapatkan dari buah salak adalah untuk menjaga kesehatan mata. Dalam 100 gram daging buah salak, terkandung banyak betakaroten yang dibutuhkan oleh mata.

Kandungan betakaroten dalam buah salak jauh lebih banyak dari yang terdapat pada buah mangga maupun semangka. Oleh karena itu, sangat dianjurkan mengonsumsi salak 2-3 buah rutin setiap hari bila Anda bosan mengonsumsi jus wortel untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Tapi ingat, konsumsilah daging buah salak bersama kulit arinya, sebab kulit ari buah salak banyak mengandung serat yang juga baik untuk kesehatan.

Selain berkhasiat untuk kesehatan mata, salak juga berkhasiat untuk membantu proses penurunan berat badan. Ini disebabkan karena daging buah salak yang padat membantu mengurangi rasa lapar. Itu sebabnya salak juga cocok sebagai cemilan sehat di rumah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

FOLLOW US: