Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa itu Biografi dan OtoBiografi?

informasitips.comBiografi adalah deskripsi yang sifatnya mendetail mengenai kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain atas izin, kerjasama, dan partisipasi dari subjek (orang) yang ditulis ataupun dari ahli waris subjek (orang) yang ditulis. Biografi lebih dari sekedar riwayat dasar dari orang tersebut, seperti pendidikan, karya, hubungan sosial, dan kematiannya, namun biografi juga menyangkut potret dari pengalaman kehidupan yang dilalui oleh orang tersebut pada suatu momen berharga yang ingin dibagikan oleh pembaca. Biografi merupakan cerita kehidupan seseorang yang menyoroti berbagai aspek kehidupan, mulai detail pengalaman, kehidupan asmara, serta menyuguhkan analisa atas kepribadian subjek yang ditulis.

Biografi, Non-Fiksi atau Fiksi?

Pada umumnya, biografi bersifat non-fiksi, namun terkadang juga terdapat unsur fiksi di dalamnya demi untuk menyuguhkan unsur artistik dalam tulisan tersebut. Terkadang, biografi ditulis saat subjek sudah tidak lagi ada di dunia. Pada saat itu, penulis mungkin saja menyuguhkan unsur-unsur fiksi di dalam karya biografinya untuk melengkapi tulisannya sekaligus menyuguhkan sesuatu yang menarik untuk pembaca, tanpa menghilangkan inti yang ingin disampaikan di dalam karya biografi tersebut. Contoh biografi fiksi adalah biografi novel.

Apa itu OtoBiografi?

OtoBiografi adalah deskripsi mendetail mengenai kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Jadi, penulis dan subjek tulisannya adalah sama. Otobiografi pada dasarnya bukanlah hanya cerita kehidupan seeorang dari awal sampai akhir, tetapi lebih merupakan hasil cipta yang kembali diceritakan sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah tulisan yang tampak hidup bagi pembaca. Dalam menulis otobiografi, seorang penulis akan menelusuri kembali jejak-jejak kehidupannya di masa lalu untuk kemudian dituangkan ke dalam tulisan dan dikemas sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis. Seringkali, otobiografi merupakan sebuah kumpulan anekdot yang ditulis dengan tujuan agar pembaca (dan/atau penulis) terinspirasi dengan konsepsi kehidupan yang disampaikan. Oleh karena itu, dalam menulis otobiografi sebaiknya gunakanlah sebanyak mungkin fakta-fakta menarik dalam hidup Anda untuk menceritakan sosok Anda kepada pembaca.

Fungsi Otobiografi

Menulis sebuah otobiografi bukanlah sekedar mencapai kepuasan bagi penulis, namun lebih dari itu. Berikut ini beberapa fungsi menulis sebuah otobiografi:

  • Untuk meninggalkan pesan pada generasi mendatang.
  • Untuk diwariskan kepada ahli waris.
  • Untuk memberikan penutupan atas suatu episode kehidupan yang telah dilalui.
  • Untuk memberikan sebuah pengalaman berharga.
  • Untuk mempertahankan sebuah sejarah keluarga.
  • Untuk sarana berbagi mengenai apa dan siapa Anda.

Berdasarkan literatur yang ditemukan, otobiografi sudah ditulis sejak tahun 400 Masehi.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *