Informasi dan Tips – informasitips.com

Bintik Putih pada Kuku, Berbahayakah?

informasitips.com – Apakah anda termasuk orang yang mengabaikan kesehatan kuku anda? Ada baiknya jika mulai saat ini anda juga memperhatikan kesehatan kuku anda seperti anda memperhatikan bagian tubuh yang lain. Hal itu karena ternyata kuku yang sehat juga menjadi tolak ukur dari kesehatan tubuh anda.

Nah, mungkin pada suatu ketika anda mendapati ada Bintik Putih pada kuku anda. Sebagian dari anda mungkin khawatir jika bintik putih tersebut merupakan sinyal dari tubuh anda bahwa ada sesuatu yang salah dari tubuh anda. Benarkah demikian?

Penyebab Bintik Putih

Ketika anda menunjukan bintik putih tersebut ke teman atau saudara anda, mereka mungkin akan mengatakan bahwa itu artinya tubuh anda kekurangan kalsium atau zinc. Tapi benarkah demikian? Sebenarnya bintik putih tersebut dalam dunia kedokteran disebut dengan leukonychia. Walaupun namanya terdengar sangat serius, sebenarnya keadaannya tidaklah demikian. Hal ini dapat terjadi karena salah satunya, kuku anda mengalami luka. Mungkin kuku anda terjepit atau terkena sesuatu. Nah, bintik putih tersebut merupakan reaksi dari kuku anda.

Selain karena kuku anda yang terluka, mungkin saja bintik putih ini merupakan reaksi dari tubuh anda yang mengalami alergi atau karena anda sedang dalam suatu pengobatan yang mungkin obat nya tidak cocok bagi tubuh anda.

Jika bintik putih tesebut hanya muncul pada satu atau beberapa di beberapa kuku anda, anda tidak perlu khawatir. Namun, jika bintik tersebut hampir muncul pada seluruh kuku anda, anda patut waspada. Hal ini karena mungkin saja ada sesuatu yang cukup serius terjadi pada tubuh anda. Misalnya saja tubuh anda mengalami anemia, penyakit pada ginjal anda, atau bahkan diabetes. Jika hal ini terjadi sebaiknya anda segera ke dokter untuk mengetahui lebih jelasnya apa yang sedang terjadi pada tubuh anda.

Bintik Putih Kuku

Perlukah ke Dokter?

Pertanyaannya, jika anda mengalami leukonychia pada kuku anda, maka perlukah anda ke dokter? Seperti yang dikatakan di atas, jika bintik putih hanya muncul di salah satu atau beberapa kuku anda, anda tidak perlu khawatir. Itu hanya reaksi dari kuku karena mengalami luka. Tetapi jika itu menimbulkan sakit, ada baiknya anda ke dokter. Tetapi yang pasti, keadaan seperti itu bukan karena tubuh anda kurang mengalami kalsium atau zinc seperti asumsi banyak orang.

Jadi mulai sekarang, walupun kuku anda terlihat baik-baik saja, tidak ada salahnya anda memperhatikan kesehatan kuku anda. Tidak perlu melakukan manicure dan pedicure ke salon setiap bulannya, anda cukup mengonsumsi makanan sehat dan buah-buahan agar kuku anda mendapatkan nutrisi yang cukup.

Nah sekarang anda tidak perlu khawatir lagi jika ada bintik putih pada kuku anda. Hal ini semata-mata merupakan reaksi dari kuku anda karena mengalami luka.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *