Bintik Merah Pada Telur, Berbahaya Atau Bolehkah Tetap Dimakan?

bintik-merah-darah-kuning-telur

Gambar: keywordbasket.com


informasitips.com – Telur merupakan makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh hampir seluruh penduduk dunia. Praktis (mudah diolah), murah, namun tetap enak dan bergizi merupakan sederet alasan mengapa banyak orang yang menyukai telur. Beberapa makanan pun memang membutuhkan telur sebagai bahan baku utamanya, sebut saja Cake atau Kue. Meskipun ada juga beberapa cake atau kue yang tidak memerlukan telur sebagai bahan utamanya, namun pada umumnya, telur memang menjadi bahan utama yang harus ada dalam bahan-bahan cake dan kue.

Anda yang sudah sering memasak telur tentu pernah menemukan kondisi dimana telur yang akan dimasak terdapat bintik merah pada bagian kuning ataupun bagian putih telurnya. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bolehkah telur dengan kondisi yang seperti itu dimakan? Berbahaya atau amankah memakan telur yang terdapat bintik merah di dalamnya? Apa sih sebenarnya bintik merah yang ada di dalam telur itu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak beberapa informasi berikut ini.

  • Bintik Merah Pada Kuning Telur
    Telur yang terdapat bintik merah kecil pada bagian kuningnya termasuk aman dan boleh untuk dimakan. Bintik merah kecil yang terdapat di dalam kuning telur tersebut tidak berbahaya dan disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah selama pembentukan telur (ovulasi).

    Contoh gambarnya seperti ini:

    bintik-merah-darah-kuning-telur

    Gambar: keywordbasket.com

    Karena tidak berbahaya, Anda tetap dapat mengonsumsi telur yang terdapat bintik merah pada bagian kuning telurnya. Saat akan dimasak atau diolah, bagian bintik merah pada kuning telur dapat dibuang dengan cara diambil dengan ujung pisau atau garpu, baru diolah atau dimasak sesuai selera Anda.

    Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, hindari memasak telur dalam kondisi setengah matang (tidak benar-benar matang), karena dikhawatirkan terdapat bakteri salmonela di dalamnya, yang berbahaya dan dapat menimbulkan keracunan.

  • Bintik Merah (Bercak darah) Pada Putih Telur
    Bila bintik merah kecil pada kuning telur tidaklah berbahaya sehingga termasuk aman dan boleh dimakan. Tetapi, tidak demikian halnya dengan bintik merah atau bercak darah yang terdapat pada bagian putih telur. Telur yang terdapat bintik merah atau bercak darah pada bagian putihnya (albumen) sebaiknya tidak dimakan karena sudah mengindikasikan telah terjadinya penyebaran darah ke bagian putih telur.

    Loading...

    Contoh gambarnya adalah sebagai berikut:

    bintik-merah-darah-putih-telur

    Gambar: picsbud.com

    Bintik merah atau bercah darah dalam putih telur juga mengindikasikan bahwa telur tersebut juga banyak mengandung bakteri pseudomonas yang berbahaya bagi manusia. Bintik merah atau bercak darah pada bagian putih telur menandakan bahwa telah terjadi pembusukan telur akibat bakteri pseudomonas tadi.

    Bakteri pseudomonas juga dapat menimbulkan warna kehijauan pada telur. Oleh karenanya, telur yang terdapat bintik atau warna kehijauan di dalamnya juga tidak boleh dan tidak aman untuk dimakan.

    Infeksi bakteri pseudomonas dapat menimbulkan keluhan berupa infeksi telinga, ruam-ruam merah dan gatal pada kulit, diare, pusing, demam, nyeri dan kaku pada sendi, dan dampak-dampak yang berbahaya lainnya.

Satu tips lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum memasak telur adalah hindari mencampur telur langsung ke bahan-bahan masakan lainnya. Sebaiknya, pisahkan telur yang akan dimasak dari bahan-bahan lainnya ke dalam wadah tersendiri agar Anda bisa mengecek bagaimana kondisi telur tersebut sebelum diolah. Misalnya, saat Anda akan memasak kue, hindari langsung memecahkan telur untuk lansung dimasukkan ke dalam bahan-bahan kue lainnya. Sebaiknya, pecahkan telur ke dalam mangkok tersendiri agar bisa dilihat bagaimana kondisi telur tersebut. Bila kondisi telur masih bagus dan aman untuk dikonsumsi, baru selanjutnya Anda dapat mencampur telur tersebut ke dalam bahan-bahan kue lainnya.

(Sumber: www.fsis.usda.gov dan eatbydate.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

FOLLOW US: