Informasi dan Tips – informasitips.com

Bingung Puting Pada Bayi

Tanda dan cara mengatasi bayi bingung putingSetiap Ibu tentu ingin memberikan segala yang terbaik bagi bayinya. ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi karena ASI mengandung sel imunitas & anti infeksi, tidak menimbulkan alergi, dan aman dari kuman. ASI adalah makanan alamiah yang sempurna dengan kandungan gizi yang sesuai untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Proses menyusui adalah kegiatan yang sangat membahagiakan bagi seorang Ibu. Teknik menyusui yang benar akan memperpanjang masa Ibu menyusui bayi (bisa sampai 2 tahun loh..). Selain itu, proses menyusui dapat merangsang pertumbuhan tulang rahang dan gigi bayi. Namun adakalanya setelah melahirkan seorang Ibu tidak bisa langsung memberikan ASI kepada bayinya. ASI yang belum keluar setelah beberapa hari pasca melahirkan atau bayi yang belum dapat membenamkan mulut pada pay*d*ra Ibu & menghisap ASI, memaksa Ibu untuk memberikan susu formula melalui dot/putting artificial. Hal ini akan semakin menghambat proses menyusui selanjutnya, karena saat diperkenalkan dengan pay*d*ra Ibu, bayi akan mengalami bingung putting.

Tanda yang paling jelas dari bayi yang mengalami bingung puting adalah, bayi bingung putting akan cenderung memilih menyusu lewat dot dan menolak menyusu langsung dari pay*d*ra Ibunya, akibat terbiasa memperoleh susu dengan mudah lewat dot. Pada prinsipnya, teknik menyusu lewat dot sangat berbeda dengan menyusu langsung pada pay*d*ra Ibu. Pada botol dot, bayi hanya memasukkan mulut sampai ke ujung dot dan susu akan mengalir dengan sendirinya tanpa perlu hisapan yang kuat. Sedangkan jika menyusu langsung pada pay*d*ra Ibu, mulut bayi harus terbuka lebar agar mencapai areola (bukan hanya bagian puting) dan harus memompa lebih keras untuk mendapatkan ASI. Jika tidak ada rangsangan dari gerakan rahang, lidah & mulut, maka ASI tidak bisa keluar.

Menurut Cynthia Howard, MD, MPH, president dari Academy of Breast Feeding Medicine, yang membuat bayi enggan menyusu langsung dari pay*d*ra Ibu adalah sejak diperkenalkannya putting artificial. Lalu, bagaimana untuk menghindari bingung putting pada bayi ? Jawabannya terletak pada keyakinan dan kesabaran Ibu. Sejak bayi lahir, Ibu harus yakin untuk menyusui langsung bayinya meskipun ASI belum keluar. Karena hisapan bayi pada pay*d*ra Ibu akan merangsang keluarnya ASI. Jika benar-benar belum mampu menyusui langsung, Ibu harus ekstra sabar memberikan ASI yang diperah atau susu formula dengan menggunakan sendok atau dengan menggunakan cangkir mungil.

Bagaimana jika bayi sudah terlanjur bingung putting? Lagi-lagi kunci keberhasilannya tetap berasal dari kesabaran Ibu.
Pertama, ibu harus sabar & jangan menyerah bila bayi menangis menginginkan menyusu lewat dot, pemberian susu dapat dilakukan dengan menggunakan sendok atau cangkir mungil.


Kedua, perjarang penggunaan botol dot dalam memberikan susu ke bayi.


Ketiga, upayakan menyusui bayi saat bayi belum terlalu lapar, karena kondisi yang terlalu lapar membuat bayi sulit dilatih untuk mengisap ASI dari pay*d*ra Ibu.


Keempat, perbanyaklah kontak kulit pay*d*ra Ibu dengan mulut bayi agar bayi dapat merasakan sensasi kehangatan menyusu langsung yang tidak diperolehnya dari dot.


Kelima, coba susui bayi saat bayi tertidur, karena saat tertidur bayi mungkin lupa dengan dotnya.

Keberhasilan menyusui bayi merupakan kepuasan tersendiri bagi seorang Ibu. Oleh karena itu, teruslah berupaya untuk menyusui bayi karena menyusui adalah kesempatan yang sangat indah bagi seorang Ibu untuk lebih dekat lagi dengan buah hati tercinta.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih

OUR FRIEND