Informasi dan Tips – informasitips.com

Berbulan-bulan Tidak Haid setelah Melahirkan? (Menyusui-Kontrasepsi Alami)

informasitips.com – Anda yang baru dikaruniai bayi pertama mungkin tak paham, mengapa setelah melahirkan haid tak kunjung datang hingga berbulan-bulan. Ini hal yang wajar jika Anda menyusui si bayi.

Saat menyusui, hormon prolaktin meningkat. Hormon ini menghambat pelepasan hormon-hormon indung telur, seperti estrogen dan progesteron yang berkontribusi dalam pematangan sel telur hingga terjadinya ovulasi/pengeluaran sel telur tiap bulan.

Jika hormon-hormon tersebut ditekan, maka tidak akan terjadi ovulasi dan tidak pula menstruasi. Oleh karena hal ini, maka ASI berperan sebagai kontrasepsi alami. Efektifitasnya sebagai kontrasepsi tergantung dari frekuensi dan intensitas bayi menyusu.

Menyusui kontrasepsi alami

Wanita yang memberikan ASI eksklusif dan tidak haid/flek akan mendapatkan proteksi yang sama dengan konsumsi pil KB selama 6 bulan, artinya tidak akan hamil dalam waktu 6 bulan. Bahkan efektifitasnya sampai 98%, hebat bukan?

Baca juga: Metode Kontrasepsi (KB) dengan ASI Ekslusif

Tahukah Anda, bahwa ASI merupakan nutrisi yang sangat sempurna untuk bayi? Asi merupakan penyumbang imunitas yang mencegah infeksi paru dan saluran napas, juga infeksi telinga, yang cukup sering terjadi pada bayi baru lahir yang kondisinya masih rentan terhadap berbagai infeksi. Manfaat menyusui untuk Ibu adalah Ibu yang menyusui terhindar dari perdarahan setelah melahirkan, rahim juga pulih dengan cepat, dan satu hal lagi, menyusui membantu untuk menjaga jarak kehamilan karena potensinya sebagai alat kontrasepsi alami. Menjaga jarak kehamilan sangat baik untuk ibu, Karena selain mencegah perdarahan yang bisa terjadi pada trimester ketiga, juga mencegah anemia dan radang rahim/endometritis.

Ada 2 hormon yang berperan saat menyusui, yaitu prolaktin dan oksitosin. Prolaktin adalah hormon yang menstimulasi produksi ASI, sedangkan oksitosin adalah hormon yang membuat ASI bisa dikeluarkan dan dihisap.

Sekresi ASI dimulai pada hari ke-3 atau ke-4 setelah melahirkan. Oleh karena itu, ibu jangan patah semangat jika ASI-nya belum keluar saat hari-hari pertama menyusui. Teruslah menstimulasi pengeluaran ASI dengan isapan bayi. Semakin sering dihisap bayi, semakin banyak produksi ASI. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan gizi dan air yang cukup, karena ini juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI.

Bagaimana supaya proses memberi ASI tetap efektif sebagai kontrasepsi alami?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jika Anda memang menginginkan potensi ASI sebagai kontrasepsi:

  • Interval menyusui tidak boleh lebih dari 4 jam pada siang hari, atau 6 jam pada malam hari.
  • Pemberian ASI harus eksklusif, artinya bayi tidak boleh mendapatkan makanan lain/susu formula sebanyak lebih dari 5-10%.
  • Pemberian makanan tambahan pada bayi akan meningkatkan kemungkinan terjadinya ovulasi dan kehamilan, walaupun si ibu belum mendapat haid.
  • Memeras ASI dengan tangan atau pompa, akan mengurangi stimulasi endokrin, sehingga menyebabkan ovulasi dan meningkatkan kemungkinan kehamilan.
  • Pemberian ASI yang tidak sepenuhnya, akan menyebabkan ovulasi setelah 6 minggu melahirkan.
  • Setelah 6 bulan menyusui, kemungkinan terjadinya ovulasi dan kehamilan meningkat. Walaupun efektifitas ASI sebagai kontrasepsi masih tinggi, yaitu 94% setelah satu tahun menyusui.

Jadi, ASI adalah metode kontrasepsi yang tepat bila ibu menyusui eksklusif selama setidaknya 6 bulan.

Berikut ini ada diagram yang mungkin membantu Anda memahami konsepnya.

Diagram Menyusui kontrasepsi

Bagikan artikel:

Artikel Terkait

26 thoughts on “Berbulan-bulan Tidak Haid setelah Melahirkan? (Menyusui-Kontrasepsi Alami)

  1. vita

    dok,, setelah melahirkan 9 bulan yang lalu,, saya belum juga menstruasi,, apakah saya boleh langsung kb walaupun belum menstruasi???

  2. yeti

    Dok, stlah melahirkan haid saya lancar, bgitupun dua bulan setelah pasang IUD, tp sudah sbulan ini saya tdk haid,kira2 normal ga dok? Trus kira2 ada ga yang KB IUD tp dia hamil alias kebobolan? Atas jawabanya trimakasih..

  3. Tien

    .dok ,sudah 3 bulan ini setelah melahirkan saya belum haid juga .
    .saya juga belum KB dalam jenis apa pun .gmana ya dok ,apakah saya hamil lagi ?

  4. meti susanti

    dok..saya mau tanya setelah melahirkan saya pakai kb yg 3 bulan hanya sekali saja sampai bulan juni 2012..saya melahirkan bulan maret 2012 ,,setelah itu saya ganti memakai IUD pada akhir bulan juni tersebut dan sampai sekarang bulan agustus akhir saya belum dapat haid…biasanya saya teratur dapat haidnya

  5. nurmiati

    dok saya mau solusinya setelah saya melahirkan anak yg k-2 saya tak perna hai selama 8 bulan,saya juga mnkomsumsi pil kb,tlng dok bgmna solusinya.

  6. Erna

    saya juga belum dapat haid selama 6 bulan setelah melahirkan. dan saya pakai pil KB dibulan ke 3 setelah melahirkan. yang saya bingung sampai pil habis saya belum dapat haid juga ‘pernah dicoba tdk pakai pil kb selama 1 minggu juga tak kunjung datang, kenapa ya dok?

  7. arminda

    pagi, saya mau tanya. saya melahirkan udah tiga bulan. saya takut apa bisa hamil lagi

  8. widuri

    dok saya habis melahirkan,stlh 40 hari langsung kb suntik yng 3 bln. dpt 2x suntikan tapi selama kb saya malah keluar flek2 terus selama 6 bulan. selanjutnya saya berhenti suntik dan mau berpindah ke Pil KB. tapi saya menunggu mens , malah g datang2. sudah saya tes 3x hasilnya negatif. normal g ya dok

  9. tya

    Dok saya mau tnya ,, sya hbis mnlhirkan udh 3 bln kok blum mens jg ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̍̍̊α̇̇̇̊♧I !!

  10. dwi sinta

    Pagi, saya mau tanya. Setelah melahirkan saya langsung konsumsi pil KB yg menyusui. Saat ini anak saya berusia 16 bulan sampai sekarang tidak haid… Trus saya mesti gimana?

  11. deby wahyuni

    Dok sy mau tanya sy hbs melahirkan,sy memberi asi eklusiv smp 4bln,selama 4bln itu sy td haid,trs ank sy g’mau lg sm asi x akhir x dibantu formula,tp asi ttp kadang dr pagi sm siang cm 1 kali,malam ya gitu jg,tp ttp g’haid sy tespet hasil x negatif,trs gmn solusi x dok
    Apa tdk berbahaya jika tdk haid2 pdh asi udh g’begitu menyusui?

  12. dewi

    dok, setelah melahirkan,saya tidak haid selama 13 bulan. saya masih memberi Asi kepada anak saya. Apa penyebab saya tidak haid dan apakah itu berbahaua bagi saya n anak saya?

  13. Linda

    dok,,anak saya sudah 7bulan. dan dari setelah melahirkan saya belum pake kontrasepsi. apa benar dok kalau mau pasang kontrasepsi mesti haid dulu? karena sampai sekarang saya belum haid. dan kontrasepsi apa ya dok yang cocok buat yang menyusui?
    *saya bekerja dan saya menggunakan asi perahan, tetapi sekarang asi saya tidak sebanyak dulu. dan bayi saya sekarang campur pake sofur..
    mohon informasinya ya dok. terima kasih…

  14. uswah

    Dok,sy mau tanya sudh 1thn pasca melahirkan sy blm juga haid,sy masih menyusui n tdk pasang KB n sy tdk hamil,apa kah itu normal? Tks

  15. shanita

    Dok saya baru pertama melahirkan dan sekarang umur anak saya 9 bulan..tapi semenjak melahirkan setelah setelah habiz nipas sudah pernah mens selama 2 minggu dikit zi keluarnya dan setelah itu sampai sekarang belum pernah mens lagi itu bagaimana dok wajar apa tidak.makasih

  16. lia

    Dok,saya mau tanya?kenapa ya koq saya belum juga haid smp skrg?apakah ada pengaruhnya dengan pemberian ASI krn anak sy sudah berumur 1 thn 8 bln!

  17. informasitips.com

    Ya Moms, itu normal-normal saja.

    Saat ibu menyusui, hisapan si kecil akan menstimulasi otak untuk memerintahkan tubuh melepas hormon prolactin. Kalau Ibu terus-menerus menyusui si kecil, maka prolactin akan diproduksi dalam jumlah yang banyak. Prolactin yang diproduksi tubuh saat ibu menyusui itu akan menekan ovulasi, sehingga menstruasi tidak akan terjadi pada ibu yang intensif menyusui bayi.

  18. informasitips.com

    Itu kerap terjadi Moms, itu normal kok.

    Saat ibu menyusui, hisapan bayi akan menjadi stimulan bagi otak untuk memerintahkan tubuh melepas hormon prolactin. Kalau Ibu terus-menerus menyusui si kecil, maka prolactin akan diproduksi dalam jumlah yang banyak. Prolactin yang diproduksi akan menekan ovulasi, sehingga menstruasi tidak akan terjadi.

  19. informasitips.com

    Ya Moms, itu sangat berhubungan.

    Saat ibu memberikan ASI kepada si kecil, hisapan si kecil akan menstimulasi otak untuk memerintahkan tubuh melepas hormon prolactin. Kalau Ibu terus-menerus menyusui si kecil dalam jangka waktu yang lama, maka prolactin akan diproduksi dalam jumlah yang banyak. Prolactin yang diproduksi saat ibu menyusui itu akan menekan terjadinya ovulasi, sehingga menstruasi tidak akan terjadi pada ibu yang intensif menyusui bayi.

  20. informasitips.com

    Apakah ibu menyusui anak Ibu? Jika ya, maka itu wajar terjadi kok. Itu normal-normal saja. Saat ibu menyusui, hisapan si kecil akan menstimulasi otak untuk memerintahkan tubuh melepas hormon prolactin. Kalau Ibu terus-menerus menyusui si kecil, maka prolactin akan diproduksi dalam jumlah yang banyak. Prolactin yang diproduksi tubuh saat ibu menyusui itu akan menekan ovulasi, sehingga menstruasi tidak akan terjadi pada ibu yang intensif menyusui bayi.

  21. informasitips.com

    Yang Moms maksud dengan eksklusif itu bgmn Moms? Apakah hanya memberikan ASI selama 6 bulan pertama si kecil? Atau Moms tetap memberikan makanan lain selain ASI selama 6 bulan pertama si kecil?

    Jika hanya memberikan ASI selama 6 bulan pertamanya biasanya memang bisa menjadi KB alami bagi Ibu untuk mencegah kehamilan. Namun, keadaan tidak selalu seperti itu Moms, terkadang meski ibu sudah menyusui secara intensif tapi tetap bisa hamil juga.

    Saat ibu menyusui, tubuh akan mengeluarkan hormon prolactin, dan hormon itu akan mencegah terjadinya ovulasi, sehingga sel telur tidak siap untuk dibuahi, akibatnya kehamilan sulit terjadi. Nah, masalahnya setiap tubuh perempuan memiliki ambang batas (treshold) yang berbeda terhadap hormon prolaktin, ada yang hormonnya sedikit saja tapi sudah bisa mencegah ovulasi, namun ada juga yang membutuhkan hormon dengan level yang tinggi supaya bisa menekan ovulasi. Nah, mungkin tubuh Moms termasuk yang memiliki ambang batas tinggi terhadap prolaktin, sehingga meski intens menyusui tetap bisa hamil juga.

  22. informasitips.com

    Itu normal-normal saja kok Moms, tidak ada yang berbahaya bagi Moms dan si kecil.

    Saat ibu menyusui, hisapan si kecil akan menstimulasi otak untuk memerintahkan tubuh melepas hormon prolactin. Kalau Ibu terus-menerus menyusui si kecil, maka prolactin akan diproduksi dalam jumlah yang banyak. Prolactin yang diproduksi tubuh saat ibu menyusui itu akan menekan ovulasi, sehingga menstruasi tidak akan terjadi pada ibu yang intensif menyusui bayi.

  23. informasitips.com

    Saat ibu menyusui, tubuh akan mengeluarkan hormon prolactin, dan hormon itu akan mencegah terjadinya ovulasi, sehingga sel telur tidak siap untuk dibuahi, akibatnya kehamilan sulit terjadi. Nah, masalahnya setiap tubuh perempuan memiliki ambang batas (treshold) yang berbeda terhadap hormon prolaktin, ada yang hormonnya sedikit saja tapi sudah bisa mencegah ovulasi, namun ada juga yang membutuhkan hormon dengan level yang tinggi supaya bisa menekan ovulasi. Nah, mungkin tubuh Moms termasuk yang memiliki ambang batas rendah terhadap prolaktin, sehingga meski tidak intens menyusui tetap tidak haid juga.

    Kemungkinan lain adalah adanya ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh. Untuk memperbaikinya adalah dengan cara pola hidup sehat Moms, cukup tidur, cukup nutrisi, dan tidak stres.

  24. informasitips.com

    Tidak Moms. Perlu diketahui bahwa pada ibu menyusui itu, pada umumnya, mens-nya memang akan terhambat, karena hisapan si kecil akan menstimulasi otak untuk memerintahkan tubuh melepas hormon prolactin. Kalau Ibu terus-menerus menyusui si kecil, maka prolactin akan diproduksi dalam jumlah yang banyak. Prolactin yang diproduksi tubuh saat ibu menyusui itu akan menekan ovulasi, sehingga menstruasi tidak akan terjadi pada ibu yang intensif menyusui bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: