Benua Baru Zealandia, Benua Ketujuh di Bumi

informasitips.com – Sebuah publikasi ilmiah terbaru yang diterbitkan di jurnal GSA Today menyatakan bahwa sebuah benua baru di Bumi telah ditemukan. Benua baru itu bernama Zealandia. Seperti namanya, benua itu terletak di New Zealand atau kita lebih mengenalnya dengan nama Selandia Baru. Publikasi ilmiah itu digawangi oleh Nick Mortimer dan 10 peneliti lainnya yang berasal dari berbagai institusi penelitian kebumian di New Zealand, New Caledonia, dan Australia.

Menurut hasil temuannya, Mortimer dkk menyatakan bahwa Zealandia merupakan daratan yang 94% bagiannya berada di bawah permukaan laut, dan daratan Selandia Baru merupakan bagian daratan Zealandia yang ada di atas permukaan laut. Hal itu berarti bisa dikatakan bahwa daratan New Zealand merupakan dataran tinggi dari benua Zealandia. Di publikasi ilmiahnya sendiri dinyatakan bahwa luas Zealandia mencapai 4,9 juta kilometer persegi atau dua pertiga dari luas Benua Australia.

Nama Zealandia sendiri sebenarnya bukanlah barang baru. Pada tahun 1995, seorang ahli geologi Amerika, Bruce Luyendyk, merupakan orang pertama yang mengusulkan nama itu untuk daratan di sebelah Barat-Daya Pasifik.

Dari hasil temuan itu, Zealandia berarti menjadi benua ketujuh yang ada di Bumi, selain benua Eurasia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, dan Australia. Dalam berbagai literatur, benua Asia dan Eropa biasanya dipisahkan, walaupun sebenarnya merupakan daratan yang menyatu. Di antara tujuh benua itu, Zealandia merupakan benua dengan luasan daratan terkecil dibandingkan dengan ketujuh benua lainnya.

Profesor Barry Kohn dari University of Melbourne mengatakan bahwa meski sebagian besar wilayah Zealandia berada di bawah permukaan laut, namun karakteristik bagian daratannya memenuhi semua persyaratan untuk disebut sebagai sebuah benua dan bukan bagian dari lautan. Dan, Nick Mortimer dan kawan-kawan dalam publikasinya di GSA Today telah memberikan bukti-bukti saintifiknya. Mereka menyatakan bahwa Zealandia bukanlah merupakan kumpulan daratan-daratan yang berada di bawah lautan, tetapi adalah daratan luas yang memang menyatu, oleh karena itu disebut sebagai benua.

Zealandia diduga merupakan pecahan dari Antartika yang berpisah sekitar 100 juta tahun dan juga merupakan bagian dari Australia yang terpisah 80 juta tahun yang lalu. Ketebalan lapisan keraknya berkiisar antara 10 hingga 30 km.

Benua Baru Zealandia

Jika New Zealand menyandang sebutan “Baru”, apakah sebutan itu mengindikasikan bahwa sebenarnya di waktu lampau telah ada daratan lama yang bernama Zealandia? Daratan yang 94% bagiannya kini berada di bawah permukaan laut.

Bagikan artikel:

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>