Informasi dan Tips – informasitips.com

Ingin Kurus? Perbanyaklah Tidur

informasitips.com – Siapa sangka kalau ternyata tidur bisa membantu Kita dalam menurunkan berat badan? Ya, beberapa penelitian telah menemukan fakta bahwa durasi tidur seseorang terkait dengan berat badan mereka. Tidak hanya itu, durasi tidur juga terkait dengan kualitas kesehatan seseorang, terutama sistem kekebalan tubuhnya. Tidur memang sangat penting bagi tubuh manusia, oleh karenanya kualitas tidur seseorang akan membawa banyak dampak bagi tubuhnya, termasuk dalam hal berat badan.

Pentingnya Tidur Cukup

Tidak dipungkiri lagi bahwa tidur sangat penting bagi kesehatan, termasuk kesehatan mental. Bersama dengan asupan nutrisi yang baik dan juga olahraga yang cukup, durasi tidur yang cukup merupakan komponen-komponen penting dari sehat atau tidaknya gaya hidup seseorang. Nah, terkait dengan berat badan, tidur merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan berat badan seseorang serta perilaku makan mereka. Oleh karena itu, kurangilah waktu bergadang dan perbanyaklah tidur.

Baca juga artikel Kenapa Kamu tidak boleh sering Begadang di Bahaya Begadang bagi Kesehatan

Sebuah review di tahun 2012 yang diterbitkan di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan adanya hubungan antara kurangnya durasi tidur dengan berat badan.

Studi yang dilakukan baik pada pria dan wanita menyatakan bahwa durasi tidur yang kurang dari 6 jam dalam semalam terkait dengan ketidakseimbangan energi dan potensi bertambahnya berat badan seseorang. Tahukah Kamu? Ternyata orang dewasa yang tidak cukup tidur akan lebih merasa lapar dan lebih berselera dengan makanan yang tinggi kalori dan tinggi lemak. Bagi wanita yang tidak cukup tidur akan mengonsumsi 400 kalori (per hari) lebih banyak dibandingkan dengan wanita yag cukup tidurnya. Sedangkan pria akan mengonsumsi 600 kalori (per hari) lebih banyak jika hanya tidur 4 jam saja dalam semalam, juga akan mengonsumsi 30 persen lemak lebih banyak pada saat makan malam, dibandingkan dnegan pria yang tidur selama 8 jam dalam semalam.

Hubungan antara Tidur dengan Overweight

Hubungan Tidur dan Berat Badan yang bertambah

sumber: financialexpress.com

Nah, sebenarnya apa yang menyebabkan sedikit tidur dapat meningkatkan berat badan seseorang? Hal tersebut terkait dengan hormon Ghrelin dan Leptin. Ghrelin merupakan hormon yang berfungsi dalam menstimulasi selera makan seseorang, sedankan leptin adalah hormon yang bertugas untuk mengirim signal ke otak bahwa Kita merasa kenyang. Ketika seseorang kurang tidur, maka kadar hormon ghrelin di dalam tubuh akan meningkat dan kadar leptin akan menurun. Hal itu akan menyebabkan serentetan kejadian yang tentunya dapat menggagalkan program diet seseorang. Belum lagi adanya peningkatan hormon kortisol akibat kurang tidur, sehingga tubuh akan lebih terstimulasi untuk menyimpan banyak lemak pada area perut. Ada juga yang mengatakan bahwa semakin malam seseorang tidur, maka akan semakin banyak mereka mengonsumsi makanan, terutama makanan kecil atau lebih dikenal dengan ngemil. Penyebab lain adalah tubuh yang lelah akibat kurang tidur akan menyebabkan seseorang malas berolahraga, proses pembakaran lemak pun tidak terjadi.

Tidak hanya berpengaruh negatif pada berat badan, namun jika seseorang kurang tidur akan menyebabkan menurunnya sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin, hal tersebut merupakan tanda awal dari diabetes. Jika masalah durasi tidur juga tidak tertangani, maka dapat merembet sampai tekanan darah tinggi (terutama pada wanita) sampai menurunnya kekebalan tubuh. Kalau sudah begitu, penyakit akan mudah sekali menjangkiti tubuh.

Waktu Tidur yang Direkomendasikan

Kalau sudah tahu pentingnya tidur bagi berat badan, lalu sebenarnya berapa banyak waktu tidur yang ideal agar tidak sampai mengalami overweight? Para ahli dari U.S. National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa agar tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

Bagaimana caranya agar tidur bisa membantu program diet? Baca tipsnya di artikel :

Tips Agar Tidur Bermanfaat Bagi Program Diet



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: