Informasi dan Tips – informasitips.com

Benarkah Coretan Anak Sebagai Awal kepintaran Mereka?

informasitips.com – “Dhedek jangan mencoret coret dinding, nanti kotor dindingnya…
Dhedek jangan mencoret coret Meja dan Kursi ya,,nanti Mejanya jadi jorok semua..

Seringkah Bunda berkata demikian kepada sang buah hati?
Sudah berapa kalikah larangan mencoret-coret itu dilanggar oleh sang buah hati?
Taukah Bunda apa yang sebenarnya dilakukan sang buah hati ini merupkan suatu awal dari kepintaran mereka?
Loh Kok Bisa?

Aktivitas yang satu ini, sudah pasti selalu membuat sang bunda jenggah, marah bahkan bisa uring-uringan sepanjang hari. Dan tidak sedikit para orang tua menganggap bahwa anak yang melakukan ini sebagai anak yang nakal dan tidak beraturan, yang bisanya hanya membuat rumah jadi kotor dan tidak indah. Apalagi kalo bukan aksi Mencoret coret. Aksi ini sering kali membuat anak menjadi bulan bulanan amarah Bunda. Tapi jangan keburu merasa kesal dulu bunda, karena aktifitas mereka ini sebenernya merupakan apresiasi mereka loh Bunda.

Mencoret melatih kreativitas dan kepintaran anak

Mencoret merupakan keterampilan tangan lewat goresan tak beraturan dengan menggunakan spidol atau pensil warna/ pun crayon/ alat tulis lain. Tidak sedikit orang tua yang keberatan jika sang buah hati mereka melakukan aktivitas yang satu ini, dengan alasan nanti dinding kotorlah, meja jadi joroklah atau tidak rapilah. Padahal, mencoret merupakan langkah awal persiapan menulis anak yang muncul pada usia sekitar 18 bulan sampai usia 3 tahun. Dengan Mencoret-coret, anak melatih otot jari dan tangan serta membiasakan diri berkosentrasi untuk situasi menulisnya kelak. Mencoret-coret merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan menjadi media bagi anak untuk mengembangkan kemampuan dan mengasah kreativitasnya.

Jadi, jangan pernah melarang sang buah hati untuk melakukan aktivitas yang satu ini ya Bunda. Cukup diarahkan saja agar anak bisa mencoret-coret di tempat yang benar dan semestinya.

Lalu bagaimanakah agar sang buah hati dapat menuangkan hasrat mencoretnya seoptimal mungkin sekaligus tidak mengotori diding, meja ataupun kursi? Berikut ini tips yang dapat dilakukan Bunda:
1. Sediakan sepotong kertas, rekatkan kertas tersebut pada meja atau lantai dengan menggunakan selotip.
2. Beri alat tulis berupa pensil yang tidak terlalu runcing atau bisa dengan crayon
3. Biarkan anak mencoret sesukanya
4. Lalu secara bertahap, arahkan sang buah hati untuk membuat garis lurus, bulat, miring, segitiga dan bentuk bentuk sederhana lain yang merupakan dasar untuk menulis huruf ataupun angka kelak.

Nah, sudah tau kan bunda apa yang nantinya bisa dilakukan Bunda Jika sang buah hati merengek untuk membuat coretan coretan… 



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *